Biar Nggak Ketipu, Begini 5 Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

16 October 2019, at 18:00
0
0
Biar Nggak Ketipu, Begini 5 Cara Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

Sampai detik ini, produk makeup atau skincare palsu masih sering dijumpai di pasaran. Terlebih lagi, kemudahan berbelanja secara online juga membuat kasus penipuan semakin marak.

Oleh sebab itu, sebagai konsumen kamu juga harus semakin pintar. Setidaknya mampu membedakan antara produk yang asli dan yang palsu.

Nah, biar nggak ketipu, ketahui yuk cara membedakan produk makeup asli dan palsu berikut ini!

1. Periksa Kemasannya

kemasan produk skincare
instagram.com/innisfreeusa

Meski tampilan produk palsu biasanya dibikin semirip mungkin dengan aslinya, tapi kamu masih bisa membedakannya kok bila memperhatikan kemasannya secara teliti.

Pertama, perhatikan bahan dari kemasan, warnanya, jenis huruf, hingga peletakan nama dan keterangan produk tersebut. Untuk membandingkannya, kunjungi situs web resmi dari brand kosmetik tersebut.

Kemudian lihat apakah barang yang ada di tanganmu sama seperti yang ada di web. Adanya ketidakcocokan sedikit saja bisa jadi indikasi kalau produk kosmetik itu palsu.

2. Teliti Label dan Keterangan Produk

keterangan produk makeup
instagram.com/maybelline

Bukan cuma penampilan kemasannya, keterangan produk yang tertera juga harus kamu teliti. Kosmetik yang asli umumnya akan menyertakan daftar bahan-bahan yang digunakan, nama lengkap produsen, distributor, importir, dan mungkin beberapa informasi tambahan lainnya.

Penting juga untuk memeriksa barcode dan nomor seri kosmetik yang kamu beli. Pada produk makeup palsu, sebanyak 2 atau 3 digit kode bar yang tertera mungkin nggak cocok dengan yang terdaftar secara resmi.

Selain itu, nomor seri pada produk palsu sering kali hilang. Jadi sebelum memakainya, pastikan kalau nomor seri pada produk sesuai dengan yang ada di kotak atau plastic pembungkusnya.

Baca juga: Tahu Nggak Sih, Ini Lho Arti Simbol-simbol yang Ada di Kemasan Produk Kecantikanmu

3. Periksa Aplikator

aplikator maskara
instagram.com/maybelline

Cara membedakan makeup asli dan palsu pada produk yang memiliki aplikator seperti maskara, eyeshadow palette, atau beragam jenis perona bibir juga lebih mudah lagi.

Kualitas kuas aplikator ataupun sikat maskara yang dimiliki produk palsu biasanya kurang memuaskan. Hal ini bisa ditandai dengan bulu brush yang terasa kasar dan mudah rontok misalnya.

4. Cek Tekstur dan Warna yang Dihasilkan

tekstur foundation cair
.instagram.com/innisfreeusa

Setelah meneliti kemasan dan aplikatornya, selanjutnya kamu harus meneliti tekstur juga warna yang dihasilkan. Produk makeup palsu pasti akan menghasilkan warna yang berbeda dari kosmetik aslinya.

Tapi perbedaannya mungkin nggak terlalu kentara, jadi kamu harus benar-benar jeli. Tekstur dan aromanya pun bakalan berbeda.

Tekstur produk makeup palsu biasanya nggak halus dan wanginya cenderung menyengat seperti bahan kimia kosmetik berbahaya.

5. Ketahui Harga Resminya

produk makeup make over
instagram.com/makeoverid

Harga kosmetik yang dijual di toko ataupun online biasanya memang lebih 'miring' dibandingkan dengan banderol yang dipatok oleh website ataupun store resmi dari suatu brand.

Tapi kamu jangan buru-buru tergiur dan langsung memborong karena harga murahnya, ketahui dulu harga asli yang dibanderol oleh brand tersebut.

Kalau harga di toko ataupun online kurang dari setengah harga aslinya, tentu saja produk tersebut perlu dipertanyakan keasliannya.

Baca juga: Biar Nggak Salah Beli, Perhatikan 5 Tips Membeli Foundation Secara Online Ini

Nah, itulah beberapa cara mengetahui kosmetik yang kamu beli apakah asli atau palsu. Jangan sampai tertipu ya! Baiknya selalu berhati-hati karena produk makeup palsu sangat berisiko mengancam kecantikan dan kesehatan kulitmu.

0 Comment