Biar Tetap Higienis, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memindahkan Skincare ke Share in Jar

31 October 2019, at 18:00
0
0
Biar Tetap Higienis, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memindahkan Skincare ke Share in Jar

Supaya kualitas skincare tetap terjaga, paling baik memang mempertahankan isinya di kemasan aslinya. Tapi karena beberapa sebab, seperti traveling misalnya, kamu jadi ingin memindahkannya ke dalam wadah atau container yang kecil supaya lebih praktis dan nggak makan tempat.

Tapi, memindahkan skincare ke wadah yang lebih kecil atau dikenal juga dengan share in jar nggak boleh sembarangan lho. Karena kalau salah, isi di dalamnya bisa-bisa malah terkontaminasi dan menimbulkan masalah bagi wajah.

Nah, sebelum memindahkan produk kecantikan ke dalam share in jar, perhatikan dulu 5 hal berikut ini supaya isinya tetap higienis.

1. Siapkan share in jar yang steril

wadah skincare mini
sellingshelf.com

Sebelum memindahkan isi produk, tentunya kamu akan menyiapkan jar atau botol berukuran mini. Pastikan wadah atau container yang akan dipakai steril dan bebas dari kuman ataupun kotoran lainnya.

Caranya adalah dengan mencuci kemasan menggunakan sabun. Kemudian bilas dengan air panas dan jemur hingga benar-benar kering. Setelah steril, kamu bisa memindahkan skincare ke share in jar tersebut.

2. Hindari menyentuh isi produk

mencolek isi skincare
instagram.com/laneige_kr

Meski tanganmu sudah bersih, jangan pernah berpikir untuk memindahkan isi skincare dengan tangan kosong. Untuk produk bertekstur krim, kamu bisa menggunakan bantuan spatula atau sendok yang telah disterilkan dengan cara direndam air panas.

Sedangkan untuk produk bertekstur cair seperti serum wajah, essence, dan toner, kamu bisa memindahkannya ke wadah baru dengan menggunakan pipet atau suntikan.

3. Jangan membiarkan produk terbuka lama

skincare dalam keadaan terbuka
instagram.com/glowrecipe

Memindahkan skincare ke share in jar tentunya harus hati-hati dan butuh waktu. Tapi, usahakan untuk mempersingkat kontak isi produk dengan udara ya.

Sebab, produk yang dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama bisa terpapar bakteri ataupun kotoran lainnya yang membuat kandungan skincare jadi nggak higienis lagi.

Baca juga: Tahu Nggak Sih, Ini Lho Arti Simbol-simbol yang Ada di Kemasan Produk Kecantikanmu

4. Perhatikan volume produk yang dipindah

memindahkan isi skincare
instagram.com/glowrecipe

Kapasitas share in jar ataupun container skincare untuk traveling biasanya sangat kecil. Maka dari itu, baiknya kamu memindahkan isi produk secukupnya saja.

Ini untuk menghindari supaya kemasan barumu nggak terlalu penuh dan tumpah.

5. Catat tanggal kadaluarsanya

mencatat tanggal kadaluarsa skincare
instagram.com/nacific_official

Sama seperti saat membeli kosmetik preloved, ketika memindahkan skincare kamu juga harus memerhatikan masa pakai dan tanggal kadaluarsanya. Apalagi, beberapa produk ada yang hanya bisa dipakai dalam waktu tiga bulan setelah kemasannya dibuka.

Nah, supaya lebih aman, tulis juga tanggal kadaluarsa dan masa pakai skincare-mu di kemasan barunya ya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu perhatikan ketika ingin memindahkan isi skincare atau kosmetik ke jar berukuran mini. Dengan begitu, wajahmu bakal terhindar dari berbagai risiko yang kurang diinginkan bukan?

0 Comment