Biaya Pernikahan di Gedung Mahal? Manfaatkan 5 Tempat Ini

04 September 2018, pada 04:07
0
0
 Biaya Pernikahan di Gedung Mahal? Manfaatkan 5 Tempat Ini

Biaya pernikahan di gedung kerap menjadi horor tersendiri bagi pasangan yang hendak mengadakan syukuran untuk momen berharga ini. Harganya kadang terlampau mahal dan belum lagi antrinya luar biasa. Nggak lucu kan kalau harus menunda niat baik karena masalah ini?

Buat kamu yang menginginkan konsep gedung murah namun tetap elegan. Tak ada salahnya mencoba beberapa alternatif berikut ini. Nggak kalah dengan gedung, tapi bisa menekan biaya pernikahan jadi lebih efisien:

Baca Juga: 5 Aplikasi Desain Undangan Pernikahan, Gratis dan Bisa Edit Sendiri

1. Pendapa/pendopo

pegipegi.com

Pendopo umumnya digunakan oleh warga sebagai tempat musyawarah. Bagunan ini merupakan gedung luas yang terletak di bagian muka bangunan. Banyaknya kegiatan yang dilakukan di pendopo membuat kamu harus bersabar jika ingin melakukan resepsi pernikahan di tempat ini.

isaanshori105.blogspot.com
Digunakan sebagai fasilitas umum, ternyata pendopo juga bisa digunakan sebagai tempat pernikahan. Tapi yang terpenting, harus ijin terlebih dahulu pada perangkat desa agar memiliki izin. Biaya sewa gedung pendopo biasanya berkisar sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah saja. Hemat kan?

2. Gedung olahraga

Di setiap kota pasti tersedia gedung yang digunakan sebagai pusat kegiatan olahraga. Pusat kegiatan olahraga indoor ini biasanya sangat luas. Tentu gedung seluas ini bisa digunakan sebagai venue pernikahan.

Keuntungan menyelenggarakan pesta di sini ada beberapa, yang paling menonjol adalah segi harga dan sirkulasi udara. Bisa meminimalisir penyewaaan standing AC karena atapnya tinggi, jika siang hari juga nggak perlu banyak-banyak lampu. Konsep pernikahan juga bisa disesuaikan, tema rustic bisa, ala adat jawa juga oke.

elshinta.com

Untuk menggunakan gedung olahraga sebagai tempat resepsi, kamu bisa mengontak pihak pemerintah setempat. Umumnya gedung seperti ini memiliki izin tertulis sebelum digunakan. Harga sewanya biasnaya berkisar sekitar 2-3 juta rupiah. 

3. Aula sekolah 

cateringivanna.blogspot.com

Beberapa sekolah biasanya memiliki halaman sekolah yang luas dan digunakan sebagai kegiatan bersama. Memang tak mudah untuk menggunakan gedung ini sebagai tempat resepsi pernikahan karena termasuk kegiatan di luar akademik. Tapi siapa tau kan? apalagi jika parkirannya luas, bisa juga memanfaatkan lapangan sekolah jika gedungnya masih terlampau kecil.

applestory.biz

Untuk memperoleh izin menggunakan gedung, kamu bisa mengontak kepala sekolah setempat dan tentunya harus dilakukan di hari libur agar tak mengganggu kegiatan akademik. Terbatasnya aula sekolah juga bisa menghemat pengeluaran karena mengharuskan kamu untuk membatasi para tamu undangan. 

Baca Juga: 10 Kata Cinta dari Tokoh Dunia yang Bisa Kamu Pajang Saat Pernikahan Nanti, Dijamin Romantis!

4. Balai desa / kelurahan

kediridaily.com

Setiap desa maupun kelurahan pasti memiliki kantor yang dilengkapi dengan balai desa/kelurahan di depannya. Setiap ada kegiatan yang melibatkan warga, tempat ini bisanya selalu ramai. Kapasitasnya pun sangat luas dan mampu menampung ratusan orang.

kkn2013kaliglagah.blogspot.com

Kamu bisa memanfaatkan balai desa ini untuk menghemat biaya pernikahanmu dari segi sewa gedung. Cukup dengan biaya sewa sekitar 500 hingga 1 juta rupiah, kapasitas gedung yang luas sudah bisa kamu dapatkan. Murah namun tetap sakral sebagai tempat resepsi pernikahan.

5. Lapangan desa / kelurahan

akumassa.com
Lapangan desa dan lapangan kelurahan umumnya memiliki area yang sangat luas. Setiap sore tempat ini biasanya digunakan oleh anak-anak untuk bermain sepakbola. Darisini bisa jadi inspirasi kamu jika diresepsi nanti mengundang tamu dalam jumlah yang banyak, misalnya hingga ribuan.
ordajas.blogspot.com
Kondisi lapangan yang cukup luas juga harus diatur agar tenda pernikahan disesuaikan dengan lapangan. Jangan sampai ada tamu yang kepanasan saat menghadiri pernikahanmu nanti. Biaya sewanya pun cukup murah, yakni hanya berkisar ratusan ribu.
 

Itu dia biaya pernikahan murah yang bisa kamu lakukan di gedung. Merayakan pernikahan tak harus identik dengan kemewahan, acara sederhana bisa menjadi bermakna jika prosesinya dilakukan dengan khidmat. 

0 Komentar