Biaya Produksinya Murah, 6 Film Barat Ini Justru Raih Keuntungan Fantastis

07 July 2019, at 19:00
0
0
Biaya Produksinya Murah, 6 Film Barat Ini Justru Raih Keuntungan Fantastis

Mungkin sudah banyak film barat yang mengeluarkan budget mahal untuk sebuah karya menakjubkan dan bakal meraup keuntungan besar. Tapi ada nggak sih film-film yang cuma butuh biaya murah untuk produksinya?

Ternyata ada lho, Sobat Qupas. Bahkan beberapa film barat ini justru meraih keuntungan berlipat-lipat. Mau tahu apa saja judulnya? Yuk intip ulasannya di bawah ini, sapa tahu ada yang belum kamu tonton.

Baca juga: Film Barat Terbaru Ini Diangkat dari Kisah Nyata, Bikin Mewek!

1. Get Out

get out 2017
wired.com

"Get Out" bisa dibilang adalah debut Jordan Peele sebagai sutradara yang sebelumnya dikenal menjadi aktor komedi. Film ini mengisahkan tentang Chris, seorang pria kulit hitam yang mengunjungi orangtua kekasih kulit putihnya saat libur akhir pekan. Meski keluarga sang kekasih terlihat normal, tapi ternyata ada rahasia mengerikan di balik dinding rumah mereka.

Perlu kamu tahu nih, biaya dari film misteri yang tayang pada thaun 2017 ini cuma 4,5 juta dolar Amerika Serikat, lho. Meski begitu, "Get Out" sukses meraih keuntungan sampai berlipat ganda, yaitu sekitar 255 juta dolar Amerika Serika di seluruh dunia.

Selain itu, film ini mendapat pujian dari kritikus. Tiga nominasi dan satu Oscar 2018 pun didapatkan "Get Out". Jordan Peele selaku sutradara berhasil meraih penghargaan sebagai Best Original Screenplay pada Oscar 2018 tersebut.

2. Split

split 2016
vox.com

"Split" adalah film thriller garapan sutradara ternama, M. Night Shyamalan yang cuma membutuhkan biaya produksi 9 juta dolar Amerika Serikat. Meski terbilang murah, tapi keuntungannya sampai 278,5 juta dolar Amerika Serikat dari seluruh dunia.

Film yang mendapatkan pujian kritikus ini mengisahkan tentang Chul-jong, seorang mantan atlet boling profesional yang bekerja sama dengan pria autis berbakat dan tukang taruhan untuk mengubah nasib mereka.

3. Annabelle

annabelle 2014
moviefreak.com

Film barat bergenre horror yang sudah tayang pada 1 Oktober 2014 lalu ini biaya produksinya cuma 6,5 juta dolar Amerika Serikat. Meski begitu, penghasilannya mencapai 84,2 juta dolar Amerika Serikat untuk domestik.
Sedangkan untuk seluruh dunia mencapai 257 juta dolar Amerika Serikat.

Film horor ini mengisahkan tentang pasangan suami istri, John dan Mia yang mulai mengalami banyak kejadian aneh dan mengerikan dan melibatkan sosok boneka kuno yang menakutkan.

Baca juga: Rekomendasi Film Horor Bertema Boneka yang Seram dan Bikin Susah Tidur

4. Juno

juno 2007
themindreels.com

Film indie yang hadir di sekitar tahun 2007 ini bukan cuma meraih pendapatan besar, tapi pujian banyak kritikus pun didapatkan. Biaya produksinya sendiri sekitar 7,5 juta dolar Amerika Serikat. Tapi pendapatan domestiknya mencapai 143,4 juta dolar Amerika Serikat. Sedangkan keuntungan dari seluruh dunia sampai 231,4 juta dolar Amerika Serikat.

Buat kamu yang belun nonton, film "Juno" mengisahkan tentang Juno MacGuff (Ellen Page), siswa SMA yang bimbang saat dirinya hamil. Akhirnya ia membiarkan bayinya lahir dan mencari orang tua angkat untuk buah hatinya.

Selain meraih keuntungan yang nggak sedikit, film ini juga berhasil meraih 1 piala Oscar 2008, yaitu untuk kategori Best Writing, Original Screenplay yang diberikan pada Diablo Cody.

5. Paranormal Activity

paranormal activity 2007
letterboxd.com

Berbekal cerita original dan dikemas dengan teknik pengambilan gambar ala CCTV, film horor yang disutradarai Oren Pelli ini sukses mengguncang industri Hollywood. Menariknya lagi, waktu produksinya cuma 7 hari dalam rumahnya sendiri.

Budget yang dikeluarkan pun nggak banyak, cuma 15 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp211 juta. Tapi, keuntungannya mencapai 193 juta dolar Amerika Serikat, lho.

Saking populernya, ada enam film yang masuk ke dalam seri Paranormal Activity. Total keuntungannya pun mencapai 458,8 juta dolar Amerika Serikat.

6. Saw

saw 2004
ecartelera.com

Film horror ikonis besutan James Wan ini sukses meraih masa jayanya saat dirilis pada tahun 2004 silam. "Saw" menghadirkan kisah ngeri sekaligus tokoh villain utama, Jigsaw yang juga mencuri perhatian karena aksinya sulit dicerna oleh akal.

Kisahnya yang epik ini ternyata cuma butuh dana sekitar 1,2 juta dolar Amerika Serikat, lho. Tapi keuntungan yang didapat mencapai 103,9 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp1,47 triliun.

Baca juga: Setelah Bertahun-tahun, 5 Film Keren Ini Antarkan Pemainnya Raih Penghargaan Paling Bergengsi

Kabarnya, franchise film ini juga bakal kembali dibangkitkan tahun 2020 mendatang. Lionsgate juga telah mengonfirmasi bahwa pihaknya menggandeng Darren Lyn Bousman (Saw IV) untuk dijadikan sutradara.

Nah, itulah keenam film barat yang biaya produksinya murah, tapi keuntungan yang didapat berkali-kali lipat. Kamu sudah nonton yang mana nih?

0 Comment