Bibir kering merusak harimu? Wah, bisa gawat! Bibir kering memang terlihat seperti masalah yang sepele ya, tetapi ini bisa membuat mood dan rasa percaya dirimu memudar.

Apalagi biasanya kamu akan merasa tidak nyaman karena bisa saja lawan bicara kamu justru fokus pada bibirmu, bukan apa yang kamu katakan. Jadi gagal fokus, deh!

Masalah ini dapat disebabkan oleh teriknya sinar matahari atau kelembapan udara yang rendah.

Nah, buat kamu yang sering mengalami hal menyebalkan itu, 8 cara ini akan buat harimu indah kembali. Ucapkan bye-bye pada bibir kering, yuk!

1. Minum Air Putih

air putih
hellosehat.com

Dehidrasi juga merupakan penyebab bibir kering, lho. Kehilangan banyak cairan tubuh bisa membuat kelembapan pada bibir memudar, jadinya kering deh!

Maka dari itu kamu harus banyak minum air putih untuk mengembalikan kelembapan bibirmu.

minum air putih
primaradio.co.id

Minumlah air putih setelah bangun tidur karena dalam keadaan tidak sadar tersebut tubuh tidak mendapatkan masukan air yang menyebabkan bibir kering di pagi hari.

Kamu harus mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari atau setara dengan dua liter air.

2. Gunakan Lip Balm

gunakan lip balm
shutterstock.com

Kamu pasti tahu kan kalau yang satu ini? Yap, lip balm memang pada dasarnya dibuat untuk melembabkan bibir. Jadi, selalu siapkan benda mungkil ini di tasmu, ya!

Bibir kering dan pecah-pecah bisa menyerang kapan saja dan di mana saja, lip balm akan membantumu.

lip balm
lifestyleblink.com

Praktis sekali, kan? Selain bentuknya yang kecil dan mudah untuk digunakan, lip balm juga memiliki banyak varian warna dan rasa yang bisa kamu sesuaikan dengan bibirmu, lho!

Ada banyak sekali jenis dan brand yang mengeluarkan pelembab bibir ini, kamu bisa memilih yang cocok.

3. Oleskan Madu

madu
hellosehat.com

Sejak dahulu madu memang terkenal dengan khasiatnya yang melimpah. Madu juga dapat kamu gunakan sebagai pelembab bibir alias pengganti lip balm, nih.

Tinggal oleskan saja ke bibir, jadi deh!

mengoles madu ke bibir
veklik.blogspot.co.id

Madu mengandung anti bakteri dan dengan bentuknya yang kental bisa membantu melembabkan sekaligus membuat bibirmu merah alami.

Tetapi kamu harus menggunakan madu asli ya. Jangan yang sudah dicampur dengan gula.

4. Jangan Menjilat Bibir!

menjilat bibir
fimela.com

Saat kamu merasakan bibirmu kering, kamu pasti sering refleks menjilatnya. Mungkin kamu merasa hal ini akan mengurangi melembapkannya.

Tetapi kamu salah, nih! Menjilat bibir justru membuat bibir semakin kering, guys!

bibir kering
hellosehat.com

Air liur mengandung enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan. Jika terkena udara, air liur akan cepat menguap. Maka ketika kamu menjilat bibirmu, lapisan tipis bagian luar dari bibir akan menjadi kering.

Baca Juga: Hati-hati, 8 Makanan Kesukaanmu ini Ternyata Penyebab Bau Mulut, Iyuh!

5. Hindari Lipstick Matte

lipstick matte
glitzmedia.co

Kalau sudah tahu bibirmu mudah kering, sebaiknya kamu menghindari produk-produk lipstick matte, deh!

Lipstick matte menempel, tahan lama, dan sedang menjadi tren di kalangan anak muda jaman sekarang.

matte lipstik kering
styl.id

Tetapi, lipstick ini tidak mengandung pelembap di dalamnya, sehingga bisa membuat bibirmu jadi kering. Lipstik matte juga tidak akan terihat bagus pada bibir yang sedang bermasalah. Kekeringan dan pecah-pecah pada bibirmu akan sangat terlihat!

6. Jangan Menggigit Bibir!

menggigit bibir
infokyai.com

Sama seperti menjilat bibir, mengggit bibir juga merupakan kebiasaan buruk yang menyebabkan bibir bermasalah. Kegiatan ini tidak dianjurkan dalam keadaan bibir sehat maupun sedang kering atau pecah-pecah.

jangan menggigit bibir
harianpost.co.id

Bibir yang sehat jika digigit akan menimbulkan masalah. Sedangkan bibir yang kering atau pecah-pecah bila digigit akan semakin parah dan bisa terluka atau berdarah.

Wah! Sebaiknya hentikan kebiasaan ini ya!

7. Lakukan Scrub Bibir

scrub bibir
theshonet.com

Scrub bukan Cuma dilakukan di badan saja, lho! Kamu juga bisa melakukan scrub bibir.

Kamu harus melakukan hal ini secara teratur karena manfaatnya besar lho untuk kesehatan bibirmu! Sel-sel kulit mati pada bibir akan terangkat dan bibir pecah-pecah akan hilang.

scrub bibir alami
shutterstock.com

Melakukan ini juga bisa membuat bibirmu terlihat merah alami, guys!

Kamu bisa membuat sendiri scrub bibir sederhana di rumah, lho! Campurkan dua sendok gula pasir dengan satu sendok madu, lalu siap deh digunakan.

8. Makan Sayur dan Buah

makan sayuran
dagelanfamily.com

Sayur dan buah memang top, ya! Banyak sekali permasalahan pada tubuh yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Kamu juga bisa mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah dengan mengonsumsi dua hal itu.

makan buah-buahan
bibliotika.com

Makan lah buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C untuk bibir bermasalah. Misalnya, kamu bisa mengonsumsi jeruk, apel, brokoli, papaya, kembang kol dan kubis. Wah, enak!

Bagaimana? Masalah bibirmu sudah teratasi kan dengan 8 hal di atas. Jangan sampai gebetanmu lari gara-gara bibirmu kering dan pecah-pecah.

Jangan lupa untuk selalu mencegah hal-hal menyebalkan yang bisa mengganggu harimu, ya! Jangan menunggu sampai bibirmu bermasalah, cegah dengan melakukan hal-hal di atas secara rutin mulai sekarang!

0 Comment