Bikin Gemuk dan 5 Mitos Pil KB yang Nggak Perlu Kamu Percaya Lagi

15 October 2019, at 10:00
0
0
Bikin Gemuk dan 5 Mitos Pil KB yang Nggak Perlu Kamu Percaya Lagi

Mengonsumsi pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang seringkali menjadi pilihan pasangan muda karena dianggap lebih mudah dan aman dibandingkan yang lainnya.

Meskipun cukup populer dan banyak digunakan, akan tetapi ternyata ada beberapa mitos tentang pil KB yang dipercayai oleh para wanita.

Berikut ini beberapa mitos pil KB yang sebaiknya nggak kamu percayai lagi. Yuk baca faktanya!

1. Pil KB Bikin Gemuk

berat badan naik
doktersehat.com

Salah satu mitos yang paling banyak dipercaya perihal pil KB adalah efek sampingnya yang membuat perempuan jadi lebih gemuk. Padahal, faktanya nggak ada penelitian yang membuktikan bahwa kenaikan berat badan tersebut disebabkan oleh metode kontrasepsi itu lho!

Akan tetapi apabila khawatir, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter karena terdapat dua jenis pil KB. Pil kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin serta pil progestin yang mengandung sintesis hormon progesteron saja. Keduanya tentu memiliki efek yang berbeda bagi tubuh.

Estrogen dan progestin dapat meningkatkan nafsu makan yang apabila nggak diimbangi dengan diet dan olahraga berpotensi menyebabkan penambahan berat badan.

2. Pil KB Bikin Wajah Jerawatan

jerawatan
hellosehat.com

Pil KB juga dikatakan bisa membuat wajah menjadi jerawatan. Faktanya, jenis kontrasepsi ini justru disarankan sebagai pengobatan jerawat oleh dokter.

Hal tersebut karena pil KB yang mengandung estrogen dan jenis progestin tertentu dapat menurunkan kadar androgen yang pada umumnya merupakan pemicu jerawat.

3. Pil KB Bikin Haid Nggak Teratur

jadwal menstruasi
doktersehat.com

Pil KB bikin hadi nggak teratur ternyata hanya mitos. Pasalnya, mengonsumsi jenis kontrasepsi tersebut justru bisa membuat siklus menstruasi lebih teratur.

Selain itu, penggunakan pil KB ternyata juga membantu mengurangi gejala PMS serta nyeri perut saat menstruasi.

Baca Juga: Awas, Perempuan-Perempuan Ini Nggak Boleh Minum Pil KB!

4. Pil KB Sebabkan Kanker

mitos pil kb
hellosehat.com

Mitos yang satu ini membuat sebagian perempuan ragu untuk menggunakan pil KB. Padahal, sebuah penelitian membuktikan bahwa pil KB justru dapat mengurangi risiko kanker ovarium, endometrial, dan kolorektas pada perempuan dengan risiko kanker tinggi karena keturunan.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan adanya sedikit peningkatan risiko kanker seperti payudara, serviks, dan hati, akan tetapi hal tersebut dipengaruhi oleh faktor hormonal lain.

5. Pil KB Bikin Nggak Subur

pil kb
honestdocs.id

Pada dasarnya, nggak ada keterkaitan antara kesuburan dengan penggunaan pil KB. Setelah berhenti mengonsumsinya, kesuburan bisa kembali normal.

Itulah mengapa sangat penting untuk mengonsumsi pil KB secara rutin agar program yang kamu jalankan bersama pasangan berhasil.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang pil KB yang ternyata hanya mitos. Jangan dipercaya lagi ya!

0 Comment