Bikin Takjub, Mahasiswi Ini Selesaikan Skripsi 1.150 Halaman Hanya dalam Waktu 1,5 Bulan

23 April 2019, at 17:00
0
0
Bikin Takjub, Mahasiswi Ini Selesaikan Skripsi 1.150 Halaman Hanya dalam Waktu 1,5 Bulan

Dunia maya dihebohkan dengan beredarnya foto cetakan skripsi yang tebalnya mencapai 1.150 halaman. Bagaimana nggak, menyusun skripsi bukanlah hal yang mudah.

Itulah mengapa banyak orang yang takjub dan memuji Lisa Stefany yang merupakan alumnus Universitas Surabaya (Ubaya) karena telah berhasil menyelesaikan skripsi yang begitu tebal hanya dalam waktu 45 hari atau 1,5 bulan.

Meskipun terlihat mudah, nyatanya Lisa juga mengalami kesulitan yang meliputi pembagian waktu dan lain sebagainya.

lisa stefanny skripsi 1.150 halaman
instagram.com/lisastefanny_

Namun, pada akhirnya skripsi yang berjudul “Studi Eksploratori Artist Brand Building Makeup Artist, Fashion Designer, dan Photograper di Surabaya” tersebut dapat diselesaikan dengan maksimal karena dikerjakan dengan senang.

Nggak seperti Lisa, justru ada banyak mahasiswa yang merasa stres bahkan depresi karena memikirkan skripsi yang nggak selesai-selesai.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini tips mengerjakan skripsi agar kamu nggak terlalu pusing dan bisa selesai tepat waktu.

Baca Juga: Pengantar Skripsi yang Pantang Dipakai Kalau Nggak Mau Menyesal Seumur Hidup

1. Pilih Pembahasan yang Kamu Sukai

pilih pembahasan yang kamu sukai
pexels.com/@abby-chung-371167

Usahakan untuk memilih tema penelitian yang kamu sukai dan kuasai. Jangan sampai gara-gara gengsi atau idealitas yang tinggi kamu jadi kesusahan sendiri mengerjakan skripsi.

Pilihlah apa yang kamu suka sehingga kamu bersemangat untuk mengerjakannya dan nggak ada waktu untuk menunda-nunda.

2. Buatlah Target

buatlah target
pexels.com/@mike-468229

Membuat target atau deadline pengerjaan merupakan salah satu persiapan yang penting dalam mengerjakan skripsi.

Mungkin sebagian orang atau kamu menganggapnya nggak memiliki efek apapun, padahal dengan membuat deadline kamu bisa tahu target apa saja yang belum tercapai dan berapa sisa waktumu.

3. Luangkan Waktu 3-5 Jam Setiap Hari

luangkan waktu 3-5 jam per hari
pexels.com/@startup-stock-photos

Mengerjakan skripsi memang nggak mudah, apalagi kalau sudah terkontaminasi dengan rasa malas yang sulit untuk dihilangkan.

Oleh sebab itu, luangkanlah waktumu selama 3 sampai 5 jam setiap hari secara rutin untuk mengerjakan. Lakukanlah hal ini meskipun hanya untuk memeriksa salah ejaan yang ada pada pekerjaanmu.

4. Kenali Dosen Pembimbing dengan Baik

kenali dosen pembimbing dengan baik
pexels.com/@pixabay

Dosen pembimbing merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi kelancaran skripsimu. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenalinya dengan baik.

Cobalah untuk mengetahui apa yang ia suka dan sebaliknya agar kamu bisa menghindari hal-hal yang dibenci. Selain itu, kamu juga perlu memeriksa skripsi-skripsi milik senior dengan dosen pembimbing sama agar tahu karakteristik orang tersebut.

Baca Juga: Mengharukan, Ayah Gantikan Anaknya Wisuda karena Meninggal Beberapa Hari Sebelumnya

5. Rajin Berkonsultasi ke Dosen Pembimbing

rajin konsultasi
pexels.com/@startup-stock-photos

Nggak cuma perlu mengenalinya dengan baik, kamu juga harus dekat dengan sering berkonsultasi dengan dosen pembimbing.

Dengan demikian, dosen pembimbing akan merasakan kesungguhanmu dan kamu juga akan mendapatkan lebih banyak pencerahan darinya.

6. Berkumpulah dengan Teman-Teman yang Punya Tujuan Sama

berkumpul dengan teman setujuan
pexels.com/@hillaryfox

Siapa sih yang nggak terpengaruh oleh teman-teman sekelilingnya? Kamu pasti secara nggak langsung juga akan melakukan hal-hal yang hampir sama dengan mereka.

Oleh sebab itu, usahakan teman-temanmu memiliki tujuan yang sama yaitu lulus tepat waktu. Sehingga kalian bisa berjuang bersama dan saling membantu.

7. Berdiskusi atau Minta Bantuan Teman

berdiskusi dengan teman
pexels.com/@wildlittlethingsphoto

Di dunia perkuliahan, sahabat terbaik biasanya berasal dari jurusan yang sama. Oleh sebab itu, kamu bisa berdiskusi dengannya tentang skripsi kalian masing-masing.

Saling bertukar pikiran akan membuat keresahanmu saat mengerjakan skripsi sedikit berkurang dan siapa tahu sahabat bisa membantumu dalam penelitian tersebut kan?

8. Hindari Melakukan Kegiatan yang Menyita Waktu

fokus skripsi
pexels.com/@rquiros

Meskipun kamu merupakan orang yang sangat aktif dalam organisasi atau kegiatan kampus yang lain, usahakan untuk nggak melakukannya sementara waktu.

Fokuslah terlebih dahulu dengan skripsimu, maka kamu akan memiliki banyak waktu luang setelah itu.

Nah, itu dia Sobat Qupas tips mengerjakan skripsi agar selesai dengan baik dan tepat waktu. Kalau Lisa bisa, kamu juga pasti bisa kok. Tetap semangat!

0 Comment