Bincang Hangat Bersama Surabaya Beauty Blogger, Komunitas Kecantikan Pertama dari Kota Pahlawan

28 October 2019, at 05:00
0
1
Bincang Hangat Bersama Surabaya Beauty Blogger, Komunitas Kecantikan Pertama dari Kota Pahlawan

Nggak perlu dipertanyakan lagi, ketertarikan para wanita terhadap dunia makeup semakin hari memang semakin besar. Bersamaan dengan itu, komunitas kecantikan pun juga bermunculan.

Seperti contohnya, Surabaya Beauty Blogger (SBB). Komunitas kecantikan pertama di Kota Pahlawan tersebut kebetulan baru saja diundang di event Qupas Beauty, Kamis lalu.

Qupas Beauty pun sempat berbincang dengan Mindy Tedja, founder dari Surabaya Beauty Blogger. Hmm, kenalan lebih dekat yuk dengan komunitas kecantikan yang satu ini.

1. Awal terbentuknya Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Menurut penuturan Mindy, beberapa anggota Surabaya Beauty Blogger sebenarnya sudah mengenal sejak tahun 2012 lalu. Mereka yang sering bertemu dalam sebuah event kecantikan kemudian memutuskan untuk membuat grup kecil.

"Jadi awalnya Surabaya blogger itu grup line kecil gitu, membernya mungkin nggak sampai sepuluh di tahun 2012 awal gitu. Kita sebenernya beauty blogger sendiri-sendiri, di Surabaya dikit banget dulu" ungkap Mindy.

surabaya beauty blogger
dok. qupas

"Karena sering banget ketemu di event dan setiap kali ada event bareng brand orangnya itu-itu aja, akhirnya oke kita bikin komunitas aja" tambahnya.

Berangkat dari situ, Surabaya Beauty Blogger akhirnya resmi berdiri pada bulan September 2016. Di saat yang sama, SBB juga launching website resminya.

2. Tujuan terbentuknya Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Seperti komunitas lainnya, Surabaya Beauty Blogger tentu memiliki tujuan. Yang pertama tentu saja supaya bisa menghubungkan beauty blogger dan brand dengan mudah.

Selain itu, untuk mewadahi dan bisa mendekatkan orang-orang yang mempunyai hobi sama.

3. Anggota Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blooger
instagram.com/sbybeautyblogger

Saat ini, Surabaya Beauty Blogger mempunyai 34 member. Karena bersifat regional, para anggotanya pun harus berdomisili di Kota Pahlawan.

"Sebenarnya harus di Surabaya. Tapi kalau ada member yang pindah ke Kota lain seperti Jakarta misalnya, tetap jadi member. Tapi untuk member baru harus yang domisili Surabaya ya, karena kita memang regional" terang Mindy.

Baca juga: Intip Keseruan 80's Vibe: be Brave with Color!, Talk Show dan Makeup Class By Qupas Beauty

4. Struktur Organisasi Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Sebagai founder, Mindy mengelola komunitasnya secara profesional. Bahkan memiliki anggota yang terdiri dari berbagai divisi.

"Kita ada grup staf-nya. Kalau aku kan istilahnya foundernya, ini ada Caroline bagian sosial media, terus ada bagian desain grafis, bagian keuangan, dan ada divisi khusus lainnya" ungkap Mindy.

5. Agenda Rutin Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Tahun lalu, komunitas beauty blogger ini sempat mempunyai agenda rutin. Setiap bulannya mereka selalu mengadakan acara gathering untuk berkumpul dan sharing bersama anggotanya.

Tapi untuk sekarang ini, selain aktif di grup chat, anggota Surabaya Beauty Blogger lebih sering bertemu dalam event-event tertentu. Hal ini karena kesibukan masing-masing member yang datang dari berbagai profesi.

6. Eksistensi Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Di usianya yang sudah menginjak tiga tahun ini, Surabaya Beauty Blogger sudah bekerja sama dengan ratusan brand lokal maupun internasional.

"Banyak banget sih, ada Avoskin, Elsheskin, Emina, Wardah, Catrice, Revlon, Senka, Althea, Laneige", ungkap Mindy.

Menurut Mindy, bentuk kerja sama SBB dengan brand juga beragam. Yang terpenting, semua brand yang bekerja dengannya terpercaya dan sudah terdaftar di BPOM.

7. Kunci Sukses Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Setiap komunitas pastinya memiliki rahasia yang membuat anggotanya bisa terus berkembang bersama. Untuk Surabaya Beauty Blogger sendiri, kunci suksesnya adalah kekeluargaan.

"Kekeluargaan aja sih, semuanya diomongin. Misalnya aku sering curhat di grup juga kalau ada masalah. Aku nggak mau mendem, jadi langsung ngomongin terang-terangan ini ada masalah tolong diperbaikin" terang Mindy.

"Yang penting nggak nyerang satu orang, ngomong secara umum aja supaya nggak diulangi lagi" tambahnya.

Baca juga: Inspirasi Makeup Ala Beauty Vlogger untuk Pesta, Mudah Dicontek Lho!

8. Harapan Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Bagi Mindy, selaku founder Surabaya Beauty Blogger, kedepannya ia ingin komunitasnya semakin besar dan berkembang. Apalagi kalau mengingat popularitas blogger memang naik turun, dan saat ini terus bersaing dengan content creator seperti beauty vloger.

Selain itu, wanita yang diketahui hobi photo hunting ini juga berharap member Surabaya Beauty Blogger terus bertambah, semakin solid, dan brand-brand semakin mengenal mereka.

9. Syarat Bergabung dengan Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
dok. qupas

Demi bisa menyajikan beauty content yang berkualitas, Surabaya Beauty Blogger mempunyai beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon anggota. Diantaranya:

  • Calon anggota harus blogger yang memang fokus pada konten kecantikan
  • Minimal mempunyai blog yang usianya enam bulan
  • Setiap bulan minimal membuat dua beauty content
  • Nggak diperbolehkan endorse produk palsu ataupun tiruan

Setelah syarat tersebut dipenuhi, calon anggota bisa langsung apply ke email yang tertera di halaman Instagram Surabaya Beauty Blogger.

10. Banyak Manfaat Bergabung dengan Surabaya Beauty Blogger

surabaya beauty blogger
instagram.com/sbybeautyblogger

Selain Mindy Tedja, Qupas beauty juga sempat berbincang dengan salah satu anggota Surabaya Beauty Blogger, Caroline. Wanita cantik yang telah bergabung dengan SBB sejak tahun 2013 ini menceritakan tentang benefit yang ia dapatkan.

Salah satunya adalah, ia bisa hangout bareng dan kenal dengan orang-orang yang punya passion sama. Mereka juga bisa sharing segala sesuatu tentang makeup dan berbagai perkembangan di dunia kecantikan lainnya.

Nah, kalau tertarik untuk bergabung, kamu bisa lho kunjungi Instagram ataupun website Surabaya Beauty Blogger untuk mendapatkan update terbaru mereka.

Topics:

1 Comment
Vania Prima
28/10 - 09:41
keren banget