Bisa Sebabkan Kanker Otak Seperti yang Dialami Agung Hercules, Hindari 5 Makanan Ini

03 August 2019, at 09:00
0
0
Bisa Sebabkan Kanker Otak Seperti yang Dialami Agung Hercules, Hindari 5 Makanan Ini

Meninggalnya komedian sekaligus pedangdut Agung Hercules akibat kanker otak mengejutkan berbagai pihak. Pasalnya, pria berumur 51 tahun tersebut dikenal sebagai sosok yang sehat dan rajin berolahraga.

Kanker otak sendiri terdiri dari kanker otak primer yang penyebabnya datang dari otak dan kanker otak sekunder yang muncul dari bagian tubuh lain lalu menyebar ke otak. Dapat menyebabkan kecacatan hingga kematian, masalah kesehatan ini berdampak fatal.

Sayangnya, masih belum diketahui secara jelas apa saja yang bisa menjadi penyebab dari penyakit yang dapat menyerang siapa saja ini.

Baca Juga: Mengenal Glioblastoma, Kanker Otak yang Menjadi Penyebab Meninggalnya Agung Hercules

Meskipun demikian, ada baiknya kamu melakukan pencegahan dengan menghindari konsumsi beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan risiko kanker berikut ini.

1. Alkohol

alkohol
pexels.com/@prem-pal-singh-193018

Salah satu minuman yang sebaiknya kamu hindari adalah alkohol. Mengunsumsinya secara rutin dapat meningkatkan risiko timbulnya kanker, seperti kanker tenggorokan, kanker hati, kanker payudara, dan kanker usus besar yang juga dapat memengaruhi kanker otak.

Menurut National Cancer Institute, sebuah analisis yang melibatkan ratusan ribu peminum alkohol menyebutkan bahwa risiko munculnya kanker berbanding lurus dengan banyaknya alkohol yang dikonsumsi.

2. Makanan yang Dibakar

makanan yang dibakar
pexels.com/@minan1398

Tahukah kamu, makanan yang diolah dengan suhu tinggi atau dibakar dapat menjadi salah satu pemicu kanker. Hal tersebut disebabkan oleh munculnya zat karsinogenik yang disebut polycylic aromatic hydrocarbon dalam proses pembakaran.

Oleh sebab itu, usahakan untuk memasakan bahan makanan dengan suhu yang relatif rendah dan kurangi mengonsumsi makanan yang dibakar.

3. Daging Olahan

daging olahan
pexels.com/@pixabay

Daging olahan seperti sosis, kornet, bacon, dan lain sebagainya merupakan makanan instan yang sering menjadi pilihan banyak orang karena mudah diolah. Akan tetapi, hal tersebut ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan lho.

Dilansir dari Cancer Center, mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hati dapat meningkatkan risiko kanker kolon dan kanker kolorektal. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan nitrat yang merupakan bahan pengawet dari makanan tersebut.

Baca Juga: Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara Loh, Berikut 5 Gejalanya!

4. Makanan dan Minuman dengan Pemanis Buatan

makanan dan makanan dengan pemanis
pexels.com/@fancycrave

Makanan dan minuman dengan pemanis buatan nggak hanya bisa meningkatkan risiko diabetes, akan tetapi juga bisa menjadi pemicu kanker.

Laman Better Health menyebutkan bahwa beberapa pemanis buatan yang ditekankan adalah aspartame, sakarin, dan siklamat.

5. Makanan yang Terkontaminasi Pestisida

makanan yang terkontaminasi pestisida
pexels.com/@rawpixel

Terlalu sering mengonsmsi makanan yang terkontaminasi dengan zat kimia, termasuk pestisida, juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Oleh sebab itu, pastikan kembali sayuran dan buah-buahan yang kamu konsumsi dalam keadaan bersih dan sudah dicuci.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari karena dapat meningkatkan risiko kanker otak seperti yang menyebabkan meninggalnya Agung Hercules.

0 Comment