Qupas Family

Bisa Tingkatkan Kesehatan Hingga Kecerdasan, Ini Manfaat Spa Bayi untuk Perkembangan Buah Hati

12 January 2020, at 08:00
Bisa Tingkatkan Kesehatan Hingga Kecerdasan, Ini Manfaat Spa Bayi untuk Perkembangan Buah Hati

Pada era modern ini, baby spa atau spa untuk bayi sudah menjadi hal yang lumrah dan nggak asing lagi. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengerti apa manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan tersebut.

Umumnya, spa bayi diawali dengan tahap pemijatan. Dilansir dari The American Massage Terapy Association, kegiatan tersebut dilakukan dengan cara memegang, menggerakkan, dan memberikan sedikit tekanan pada tubuh bayi.

Secara ilmiah, manfaat spa bayi ternyata ada banyak lho. Nggak hanya untuk kesehatan, hal tersebut juga berdampak pada perkembangan kecerdasan si kecil. Penarasan, kan? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Meningkatkan Bonding

manfaat spa bayi
lindseyelmore.com

Manfaat spa bayi yang pertama adalah dapat menjadi salah satu proses bonding antara orang tua dan bayi. Kegiatan tersebut dapat membantu orang tua memahami dan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan si kecil.

Journal of Korean Academy of Nursing: The Efferct of Infant Massge on Weight, Height, and Mother-infant Interaction memaparkan tentang penelitian yang melibatkan 52 bayi di Korea Selatan tersebut membuktikan bahwa interaksi ibu dan anak yang melakukan spa bayi lebih baik.

2. Mendukung Perkembangan Bayi

baby spa
totallythebomb.com

Melakukan spa bayi juga dapat mendukung perkembangannya. Bayi yang dipijat ternyata memiliki kecenderungan lebih matang baik dari segi orientasi, motorik, maupun perilaku.

Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk bayi prematur yang membutuhkan perhatian khusus. Pijatan yang lembut dapat membuanya lebih jarang rewel dan menangis.

3. Melancarkan Aliran Darah

spa bayi
thestar.com

Selain itu, manfaat spa bayi yang lainnya adalah melancarkan aliran darah. Pijatan lembut serta gerakan alami saat si kecil berada di dalam air dapat mengurangi stres dan membuat rileks.

Efeknya, peredaran darah buah hari akan menjadi lebih lancar sehingga kesehatan jantung pun terjaga. Selain itu, si kecil juga akan menjadi lebih ceria dan bersemangat lho!

Baca juga: Fakta Penggunaan Minyak Kayu Putih untuk Bayi, Aman Nggak Ya?

4. Memperbaiki Pola Tidur

manfaat baby spa
sporteluxe.com

Spa bayi juga bisa membantu memperbaiki pola tidur si kecil. Perawatan bayi yang satu ini dapat menstimulasi jaringan otot menjadi lebih lentur dan kuat sehingga terhindar dari kejang dan nyeri sendi. Maka dari itu, buah hati lebih mudah tidur pulas dan nggak rewel.

Selain itu, spa bayi juga bisa membuat anak lebih aktif bergerak, bersemangat, serta percaya diri, sehingga bisa menghabiskan waktu tidur dengan lebih berkualitas.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

manfaat spa untuk bayi
verywellfamily.com

Tahu nggak sih, spa bayi juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan lho. Buat Bunda yang bingung buah hatinya sulit sekali makan, ini bisa jadi solusi!

Perawatan spa bayi secara nggak langsung akan membuat sistem pencernaan si kecil menjadi lebih lencar sehingga ia jadi lebih doyan makan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat spa bayi yang perlu kamu ketahui. Coba yuk!