BJBR Probolinggo dan 4 Wisata di Sekitarnya yang Membuatmu Terpana

10 October 2018, at 09:21
1
0
BJBR Probolinggo dan 4 Wisata di Sekitarnya yang Membuatmu Terpana

BJBR Probolinggo belakangan memang tengah menarik perhatian para wisatawan. Selain menawarkan pemandangan hutan bakau yang cantik, tempat wisata yang masih tergolong baru ini juga punya spot foto keren.

Meski begitu, jangan hanya terpaku pada objek wisata ini saja saat berkunjung ke Probolinggo. Pasalnya masih ada banyak destinasi liburan yang nggak kalah menarik.

Tentunya cocok banget untuk kamu yang hobi selfie. Bahkan ada pula lokasi wisata dengan kolam alami, lho.

Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. BJBR Probolinggo

bjbr probolinggo
instagram.com/anuakbar_

Bee Jay Bakau Resort atau BJBR merupakan area wisata seluas 5 hektar yang letaknya di pesisir pantai. Tempat ini pun memang salah satu destinasi favorit, termasuk turis yang berasal dari luar Probolinggo.

Tapi sebelum menjadi wisata hits di Probolinggo seperti sekarang, BJBR dulunya adalah tempat yang terbilang kumuh. Berkat 3 pemuda brilian, akhirnya lokasi ini terlihat jauh lebih baik.

Saat berkunjung ke sini, kamu pun bisa menikmati semilir angin yang dijamin akan membuatmu betah. Selain itu, di BJBR juga ada beberapa spot foto menarik yang meliputi:

  • Tulisan Warna Warni "BJBR"
  • Gembok Cinta
  • Patung Kuda
  • Miniatur Kapal Pinisi
  • Bola Dunia
  • Jembatan Kayu

Keunggulan lain dari BJBR adalah adanya fasilitas yang terjamin, seperti parkir yang luas, toilet, musala dan cafe. Bahkan di sini juga ada penginapan dengan tarif 750 ribu rupiah per malamnya.

spot foto di bjbr probolinggo
instagram.com/crasivayamoniq

Kalau kamu hanya ingin liburan singkat, budget yang perlu kalian siapkan nggak sampai ratusan ribu kok. Tapi ada 3 jenis tiket yang harus kalian bayar, yakni:

  • Tiket masuk gerbang pelabuhan senilai tiga ribu rupiah
  • Tiket masuk BJBR senilai sepuluh ribu rupiah
  • Tiket parkir kendaraan senilai dua ribu rupiah

Jadi total biaya yang akan kalian keluarkan setidaknya adalah lima belas ribu rupiah di hari Senin-Jumat. Sedangkan saat weekend, kemungkinan kalian harus menyediakan budget sebesar tiga puluh ribu rupiah.

Lokasinya ada di sebelah utara Alun-Alun Kota Probolinggo, tepatnya di Pesisir Pantai Mayangan. Kalian pun hanya membutuhkan waktu kurang lebih selama 10 menit untuk bisa sampai di BJBR.

Kalian pun nggak perlu khawatir tersesat karena aksesnya sangat mudah. Tapi kalau ragu, kalian bisa menanyakannya pada warga sekitar dengan menyebutkan nama "Pelabuhan Mayangan" lantaran mereka kurang mengenal sebutan BJBR.

Tertarik untuk berkunjung? Mumpung objek wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00-22.00 WIB, lho.

2. Pantai Duta Probolinggo

spot foto pantai duta
instagram.com/laknilak_

Ingin menikmati senja terbaik saat berada di Probolinggo? Pantai Duta adalah salah satu jawabannya.

Di sini, kalian nggak hanya bisa menikmati panorama pantai yang khas dengan hamparan pasir dan air laut. Area hutan mangrove hingga deretan pohon pinus pun bisa kalian lihat di Pantai Duta.

Selain itu, ada banyak spot foto di Pantai Duta yang bisa kalian gunakan untuk selfie. Mulai dari jembatan kayu hingga ayunan di pinggir pantai, kedua tempat ini adalah area favorit untuk berpose.

pantai duta probolinggo
instagram.com/ekagee

Menarik kan? Apalagi kalian hanya perlu menyediakan budget untuk parkir kendaraan saja, yakni lima ribu rupiah (motor) dan sepuluh ribu rupiah (mobil).

Tertarik untuk berkunjung? Datang saja ke Dusun Gilin, Randutatah, Paiton, dimana Pantai Duta ini berada.

Untuk sekarang, akses menuju pantai mungkin belum begitu bagus karena masih dalam proses perbaikan. Tapi setelah memasuki area wisata, dijamin kalian nggak akan menyesal untuk datang.

Jadi tunggu apalagi? Yuk datang ke Pantai Duta, mumpung buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

3. Ranu Agung

ranu agung
instagram.com/benychristanto

Selain BJBR Probolinggo, Ranu Agung juga nggak kalah menarik untuk kalian kunjungi. Apalagi suasana alami akan kalian dapatkan saat berada di sini.

Air yang jernih dan tebing menjulang tinggi di bagian tepi danau semakin membuat Ranu Agung tampak memukau. Bahkan kalian juga bisa melihat gagahnya Gunung Lemongan saat berada di wisata ini.

Menariknya lagi, kalian juga bisa berkeliling danau dengan menaiki perahu getek yang tarifnya hanya sepuluh ribu rupiah. Di sinilah spot foto terbaik juga akan kalian peroleh.

ranu agung probolinggo
instagram.com/rudy_poetranto

Lokasi wisata ini sendiri terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris. Kalau berangkat dari Kota Probolinggo, rute yang bisa kalian pilih adalah Kecamatan Krucil-Kecamatan Tiris-Desa Ranu Agung-lokasi tujuan.

Selama perjalanan, kalian pun harus berhati-hati karena akses cukup sulit. Bahkan kalian juga akan melewati jalan menanjak dan hutan belantara.

Jadi sebaiknya pastikan kondisi kendaraan tetap prima. Selain itu, persiapkan juga bekal seperti minuman, makanan dan lainnya karena kalian nggak akan menemukan warung.

Meski akses cukup sulit, dijamin nggak akan menyesal deh saat berkunjung ke sini. Terlebih lagi dengan tiket masuk senilai tiga ribu rupiah saja, kalian sudah bisa puas menikmati keindahan Ranu Agung.

Baca juga: 6 Wisata Probolinggo dengan Nuansa Alam Memukau

4. Danau Ronggojalu

danau ronggojalu
instagram.com/vilazahro

Danau Ronggojalu nggak kalah menarik juga untuk kamu kunjungi saat berada di Probolinggo. Terlebih lagi kalian bukan hanya bisa menikmati panorama alam yang memanjakan mata di sini.

Ada aktivitas seru yang bisa kalian lakukan di sini, yakni berenang di kolam alami. Bahkan dengan adanya air yang jernih, kalian juga bisa menyelam.

Jangan berenang. Spot foto keren yang terletak di sekitar Danau Ronggojalu pun dijamin akan membuat kalian ketagihan selfie.

menyelam di danau ronggojalu
instagram.com/davidaryo

Menariknya lagi, lokasi danau ini juga nggak terlalu jauh dari pusat Kota Probolinggo. Waktu tempuhnya pun kurang lebih hanya selama 30 menit berkendara.

Dari Kota Probolinggo, ambil arah ke Kecamatan Leces, lalu menuju ke Desa Tegalsiwalan agar kalian bisa sampai di lokasi wisata. Mudah kan?

Kalian pun hanya perlu menyediakan budget senilai lima ribu rupiah saja untuk bisa masuk ke area wisata. Tapi ingat, setiap harinya Danau Ronggojalu buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB saja.

5. Ranu Segaran

ranu segaran
instagram.com/gebaskaras

Ranu Segaran juga merupakan objek wisata yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Sebelum menjadi danau, area ini dulunya adalah bekas kawah nonaktif.

Kini tempat ini sudah cukup cukup populer di kalangan wisatawan, utamanya saat liburan. Apalagi selain bisa menikmati pemandangan cantik, kalian juga bisa naik perahu bebek dengan harga sewa senilai sepuluh ribu rupiah.

Selain itu, kalian juga bisa berendam di Pemandian Air Panas Tiris yang lokasinya nggak jauh dari Ranu Segaran. Menarik kan?

Terlebih lagi harga tiket masuknya sangat terjangkau. Kalian pun hanya perlu menyediakan budget senilai dua ribu rupiah untuk tiket masuk Ranu Segaran sekaligus Pemandiaan Air Panas Tiris.

ranu segaran probolinggo
instagram.com/bendottetapsemangat

Tertarik untuk berkunjung? Datang saja ke sini, mumpung letaknya nggak jauh dari pusat Kota Probolinggo dengan estimasi waktu kurang lebih selama 30 menit berkendara.

Tepatnya di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Ranu Segaran akan kalian temui. Pintu gerbang pun ada di bersebelahan dengan koramil.

Yuk berkunjung ke sini! Mumpung jam operasionalnya cukup panjang, yakni dari Setiap hari dari pukul 08.00-20.00 WIB.

Setelah membaca ulasan Qupas, kalian sudah tahu kan kalau bukan BJBR Probolinggo yang menarik untuk dikunjungi? Ternyata masih ada destinasi liburan keren lain di Kota Mangga ini.

Selain bisa mendapatkan spot foto keren, harga tiketnya pun super terjangkau. Dijamin nggak menyesal deh saat datang liburan ke Probolinggo.

0 Comment