Boleh Nggak Sih Orang Tua Membantu Anak Mengerjakan PR? Ini Lho Aturannya

08 November 2019, at 17:00
0
0
Boleh Nggak Sih Orang Tua Membantu Anak Mengerjakan PR? Ini Lho Aturannya

Sebagai orang tua yang memiliki anak usia sekolah, kamu pasti sering mendapatkan keluhan perihal tugas atau PR yang terlalu sulit untuk dikerjakan. Mendengar hal tersebut, apa yang harus dilakukan?

Sebagian besar orang tua mungkin akan memilih metode yang lebih cepat dan praktis yaitu mengerjakan PR tersebut tanpa memberikan penjelasan lebih detail kepada si kecil. Padahal, membantu anak mengerjakan PR juga ada aturannya lho!

membantu anak mengerjakan pr
inquirer.com

Menurut asisten pengajar psikologi pendidikan di University of Georgia, Michael M. Barger, Ph.D., anak justru akan menjadi nggak disiplin dan lebih mudah menyerang apabila orang tua terlalu banyak ikut campur dalam hal mengerjakan PR mereka.

Lantas, apa saja sih aturan yang harus dipenuhi saat ingin membantu anak mengerjakan PR tanpa memberikan dampak buruk pada perkembangannya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Membuat Suasana Nyaman

anak belajar
123rf.com

Hal pertama yang perlu orang tua lakukan adalah menciptakan suasana yang nyaman. Beberapa penelitian menyatakan bahwa hal tersebut merupakan cara terbaik untuk meningkatkan semangat buah hati dalam mengerjakan PR.

Kalau perlu, siapkan ruangan khusus agar anak bisa mengerjakan tugas atau PR dengan tenang tanpa ada gangguan.

2. Membuat Jadwal

membantu anak belajar
shutterstock.com

Terkait jadwal atau rutinitas khusus untuk mengerjakan PR, biarkan si kecil memilih sendiri waktunya agar ia nggak merasa mendapatkan paksaan.

Nggak hanya itu, kamu juga perlu membuat kesepatakan dengan buah hati bahwa saat mengerjakan PR nggak boleh ada gadget, Tv, dan lain sebagainya.

Apabila dilakukan secara konsisten, si kecil akan terbiasa dengan rutinitas tersebut dan orang tua menjadi lebih mudah membantunya.

3. Jangan Langsung Memberi Jawaban

anak mengerjakan pr
istockphoto.com

Tugas atau PR merupakan salah satu cara guru untuk menilai dan mengetahui seberapa banyak anak dapat memahami pelajaran di kelas. Oleh sebab itu, mengerjakan PR anak dengan langsung memberikan jawaban yang benar bukanlah hal yang bijak.

Cobalah untuk memberikan pertanyaan yang membuat si kecil berpikir dan berusaha untuk mencari tahu jawabannya. Atau, kamu bisa memberikan soal atau pertanyaan serupa.

Baca Juga: Cara Pintar Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar, Terapkan Yuk Bunda!

4. Memeriksa Bukan Mengoreksi

mengerjakan pr anak
gettyimages.com

Beberapa orang tua mungkin akan langsung mengoreksi pekerjaan anak dan meminta mereka membenarkannya apabila terdapat kesalahan.

Padahal, orang tua sebaiknya hanya memeriksa apakah ada soal yang terlewat dan belum terjawab. Jika nantinya ada keselahan pada jawaban anak, maka biarkan ia mengetahuinya dan memahami apa yang membuatnya salah.

5. Akui Bila Nggak Bisa

membantu anak
rawpixel.com

Materi pelajaran anak zaman sekarang mungkin lebih sulit daripada apa yang kamu pelajari saat sekolah dulu. Maka dari itu, jangan takut untuk mengakui pada si kecil bahwa kamu nggak bisa.

Ajak anak mengerjakan soal bersama-sama dan kamu juga bisa mempelajarinya. Hal tersebut secara nggak langsung akan mengajarkan pada anak bahwa ketidaktahuan adalah sesuatu yang wajar dan proses merupakan hal yang lebih penting daripada hasil.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa aturan membantu anak mengerjakan PR yang bisa kamu terapkan. Ingat, jangan pernah marah dan membentak anak saat ia melakukan kesalahan ya. Berikan penjelasan dengan tenang, sabar, dan menyenangkan!

0 Comment