Bolehkah Membiarkan Bayi Menangis Hingga Tertidur? Ini Lho Jawabannya

14 September 2019, at 10:00
0
0
Bolehkah Membiarkan Bayi Menangis Hingga Tertidur? Ini Lho Jawabannya

Menangis merupakan cara paling umum bagi bayi untuk berkomunikasi dengan orang tuanya. Lapar, mengantuk, merasa kesakitan, dan lain sebagainya dapat ditaindai dengan hal tersebut.

Buah hati juga biasanya akan menangis saat merasa nggak nyaman atau terbangun dari tidurnya. Di saat seperti itu, sebagai orang tua kamu harus lebih tanggap agar tangisannya nggak semakin parah dan menjadi-jadi.

Sebaiknya, ibu menjadi lebih peka dan secepat mungkin menangkan si kecil. Pasalnya, membiarkan bayi menangis hingga tertidur dengan sendirinya ternyata sangat nggak disarankan lho.

bayi
tinystep.in

Hal tersebut ternyata memiliki pengaruh pada tumbung kembang buah hati. Membiarkan bayi menangis hingga lelah dan tertidur akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan fisik dan mentalnya.

Padahal, selama ini mungkin cara menidurkan bayi dengan cara yang lebih dikenal dengan istilah “baby cry our” banyak dilakukan karena dirasa aman dan nggak merepotkan.

Namun nyatanya, apabila hal tersebut dilakukan secara terus-menerus maka si kecil bisa mengalami trauma tersendiri lho.

anak menangis
chinchipehoy.com

Dilansir dari Babycenter.com, psikolog sekaligus dokter anak yang bernama William Sears mengungkapkan bahwa menidurkan bayi dengan cara membiarkannya menangis sampai lelah akan menyebabkan trauma psikologis pada si buah hati.

Baca Juga: Mengejutkan! Penelitian Membuktikan Bahwa Bayi Bisa Pura-pura Menangis Lho

Kondisi tersebut diungkapkan William pada bukunya yang berjudul The No-Cry Sleep Solution: Gentle Ways to Help Your Baby Sleep Through the Night.

bayi tidur
litlestuff.com

Selain itu, membiarkan bayi menangis terutama pada malam hari juga diklaim dalam menyebabkan masalah pada sistem pencernaan dan menyebabkan kerusakan sinapsis di otak. Wah, cukup menyeramkan ya!

Oleh sebab itu, Sobat Qupas sebaiknya langsung betindak cepat saat bayi memberikan sinyal berupa tangisan. Entah karena lapar, kesakitan, atau terbangun dari tidurnya.

Agar si kecil dapat tidur dengan nyaman, pastikan bahwa buah hati nggak kedinginan atau kegerahan dan membuatnya kenyang sebelum ia terlelap.

0 Comment