Bosan Mantai? 6 Air Terjun di Gianyar Ini Bikin Liburanmu ke Bali Jadi Makin Seru

18 October 2019, at 11:00
0
0
Bosan Mantai? 6 Air Terjun di Gianyar Ini Bikin Liburanmu ke Bali Jadi Makin Seru

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan saat ke Bali. Salah satunya dengan berkunjung ke wisata air terjunnya.

Air terjun di Bali sendiri tersebar di beberapa wilayah. Seperti di Kabupaten Gianyar. Wilayah yang berbatasan dengan Kota Denpasar di sebelah barat daya ini ternyata punya banyak destinasi wisata air terjun dengan pemandangan memukau.

Penasaran dimana saja lokasinya? Coba deh intip ulasan Qupas berikut ini!

1. Air Terjun Kanto Lampo

air terjun kanto lampo
instagram.com/josiahwg

Air terjun yang sekilas terlihat miring ini bukan cuma cantik ketika dipandang. Di sekitar Kanto Lampo ternyata ada wilayah yang disucikan untuk Mendak Toya Ning alias mencari air suci dari desa guna upacara Dewa Yadnya.

Konon, wisata di Gianyar ini juga menyimpan cerita sejarah. Dimana terdapat goa sepanjang kurang lebih 3 meter yang katanya dulu digunakan oleh pasukan Belanda sebagai tempat rahasia untuk berdikusi.

Air Terjun Kanto Lampo berjarak sekira 1 kilometer sebelah utara dari Taman Kota Gianyar. Dari tempat parkir, kamu masih perlu menuruni kurang lebih sebanyak 500 anak tangga.

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo : Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali

Tiket masuk Air Terjun Kanto Lampo : Rp15 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Air Terjun Tegenungan

air terjun tegenungan
instagram.com/ray_hands

Air terjun dengan ketinggian 15 meter ini debitnya sangat deras. Meski begitu, airnya super bersih dan bening. Entah dari bawah maupun atas, pemandangan air terjun ini menyejukkan mata.

Lokasi wisata di Gianyar ini nggak jauh dari pusat Kota Ubud. Kurang lebih 30 menit perjalanan, kamu bakal sampai di Air Terjun Tegenungan. Akses menuju lokasi sudah bisa dilalui mobil maupun motor. Hanya saja, untuk menjangkau air terjun dibutuhkan tenaga ekstra karena harus menuruni banyak anak tangga.

Lokasi Air Terjun Tegenungan : Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Tiket masuk Air Terjun Tegenungan : Rp20 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Air Terjun Goa Rang Reng

air terjun goa rang reng
instagram.com/iamkathleencollado

Air terjun di Gianyar ini cukup unik karena alirannya nggak mengucur deras seperti air terjun pada umumnya, melainkan menyebar melalui undakan bebatuan sehingga lebih landai dan nggak curam.

Namanya diambil dari Goa Rang Reng yang berada di bagian hulu sungai. Di wilayah tersebut juga biasanya digunakan masyarakat untuk melukat atau membersihkan diri dari hal-hal negatif. Hal inilah yang membuat area Air Terjun Goa Rang Reng disakralkan oleh umat Hindu.

Agar bisa sampai di lokasi, perjalanan sejauh 3 kilometer dari Kota Gianyar. Untuk bisa sampai di air terjun, kamu pun akan menuruni beberapa anak tangga.

Lokasi Air Terjun Goa Rang Reng : Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali

Tiket masuk Air Terjun Goa Rang Reng : Rp15 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Ini Dia Deretan Air Terjun di Bali Favoritnya Bule, Kamu Pernah Mampir?

4. Air Terjun Blangsinga

air terjun blangsinga
instagram.com/pia_alit

Air terjun ini berada di Desa Blansinga yang menyuguhkan konsep konsep one stop destination village. Di sini, kamu bisa bukan cuma bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Blangsinga, tapi juga belanja di oleh-oleh khas Pulau Dewata di Krisna Bali. Ada juga D'Tukad River Club, river club pertama di Bali yang bisa kamu kunjungi.

Untuk menuju ke wisata air terjun di Bali ini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Dari Denpasar, 200 meter sebelum Pasar Blahbatuh, kamu perlu belok kanan. Kurang lebih 1 kilometer, kamu bakal sampai di lokasi.

Lokasi Air Terjun Blangsinga : Jl. Raya Blangsinga, Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali

Tiket masuk Air Terjun Blangsinga : Rp20 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Air Terjun Manuaba

air terjun manuaba
instagram.com/edi.andhika

Berada di kawasan Tegallalang, alir terjun ini mengalir di antara tebing. Tepat di bawahnya terdapat kolam alami yang jernih.

Jarak wisata air terjun di Bali ini dari pusat Kota Gianyar sekira 10,7 kilometer. Estimasi waktu yang bakal kamu butuhkan agar bisa sampai di lokasi kurang lebih selama 26 menitan.

Akses menuju air terjun yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat ini nggak terlalu ekstrem. Cuma perlu waktu sekira 10 menitan untuk bisa sampai di lokasi dari area parkir.

Lokasi Air Terjun Manuaba : Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali

Tiket masuk Air Terjun Manuaba : Belum ada pungutan biaya (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Air Terjun Sumampan

air terjun sumampan
instagram.com/mustafa_magdy

Baru dibuka sekitar September 2018 lalu, wisata air terjun di Gianyar ini ternyata merupakan destinasi buatan lho. Sumber alirannya pun berasal dari pembuangan terowongan irigasi subak. Selain bisa menyaksikan air terjun setinggi 15 meter, di sini kamu juga bisa melihat ukiran batu berbentuk topeng yang dibuat oleh Nyoman Retana sejak September 2018 lalu.

Untuk menuju wisata air terjun ini, kamu bisa lewat tanah milik Wayan Cepeg, sang pengelola. Dari sini, kamu pun nggak perlu jalan terlalu jauh untuk bisa sampai di titik lokasi.

Lokasi Air Terjun Sumampan : Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Tiket masuk Air Terjun Sumampan : Dana seikhlasnya (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itu dia air terjun di Gianyar yang bisa kamu sambangi saat liburan ke Bali. Jadi, mana nih yang paling menarik perhatianmu?

0 Comment