Buat Pecinta Buku, Ini 5 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Otak yang Harus Kamu Tahu!

11 July 2019, at 00:00
0
0
Buat Pecinta Buku, Ini 5 Manfaat Membaca Bagi Kesehatan Otak yang Harus Kamu Tahu!

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang nggak terhindarkan dan melekat pada kehidupan sehari-hari. Setidaknya seseorang harus membaca beberapa petunjuk jalan, nama sebuah toko, atau judul film sekali pun mereka sangat jarang membaca buku.

Beberapa orang menganggap bahwa membaca buku merupakan hal yang membosankan. Padahal, hal tersebut punya banyak manfaat bagi kehidupan lho.

Membaca buku, khususnya novel, ternyata nggak hanya menambah wawasanmu saja. Melainkan juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan otak seperti berikut ini.

Baca Juga: Nggak Nyangka, Menulis Buku Harian Ternyata Berikan Sejuta Manfaat Ini

1. Meningkatkan Konektivitas Otak

meningkatkan konektivitas otak
pexels.com/@thatguycraig000

Beruntunglah kamu yang suka membaca karena kegiatan yang bagimu menyenangkan tersebut ternyata dapat meningkatkan konektivitas otak.

Sebuah riset yang dilakukan di Emory University’s Center for Neuropolicy mengungkapkan bahwa membaca membuat hubungan antara korteks temporal kiri yang terkait dengan penerimaan bahasa mengalami peningkatan.

2. Meningkatkan Aktivitas Sensorik

meningkatkan aktivitas sensorik
pexels.com/@daria

Diungkapkan oleh penelitian yang sama, membaca nggak hanya meningkatkan konektivitas di korteks temporal. Melainkan juga meningkatkan aktivitas di sulkus sentral otak yang mempengaruhi aktivitas motorik sensorik primer.

Saat membaca, kamu nggak sekadar berimajinasi akan tetapi hal tersebut benar-benar berpengaruh terhadap proses biologis karena aktifnya neuron di otak.

3. Menghilangkan Stres

menghilangkan stres
pexels.com/@belart84

Bagi sebagian orang, sekadar melihat tumpukan buku tebal merupakan sesuatu yang mengerikan dan membuat stres.

Namun, sebuah penelitian di Inggris justru mengungkapkan bahwa membaca lebih efektif menurunkan stres daripada kegiatan lain lho.

bahagia
pexels.com/@rb-retratos

Studi tersebut menghasilkan nilai yang cukup signifikan, yaitu penurunan stres sebasar 67% pada orang-orang yang membaca.

Meskipun demikian masih belum jelas apakah hal tersebut juga memiliki pengaruh yang sama bagi orang yang nggak hobi atau bahkan benci melakukan kegiatan tersebut.

Baca Juga: 6 Kegiatan Nggak Terduga yang Bisa Mencerdaskan Otak

4. Membantu Berpikir Terstruktur

berpikir terstruktur
pexels.com/@startup-stock-photos

Diakui atau nggak, membaca novel dapat membuat seseorang secara nggak sadar terbiasa berpikir secara berurutan atau terstruktur lho.

Memproses sebuah narasi panjang yang dibaca secara linier atau dalam artian nggak lompat-lompat dari bab satu ke bab lainnya, dapat meningkatkan kemampuan otak untuk memori jangka panjang.

5. Meningkatkan Kapasitas Memori

meningkatkan kapasitas memori
pexels.com/@vincenzo-malagoli-177730

Telah dilakukan sebuah penelitian yang oleh Haskins Laboratories for the Science of The Spoken and Written Word.

Ditemukan bahwa aktivitas yang melibatkan kalimat-kalimat panjang tersebut memberikan banyak waktu untuk berpikir, memproses, serta membayangkan sebuah narasi yang dapat meningkatkan kapasitas memori.

Membaca buku melibatkan beberapa fungsi otak sekaligus, termasuk proses visual, pendengaran, kesadaran fonemik, dan pemahaman.

6. Meningkatkan Empati

membangun empati
pexels.com/@alessio-cesario-975080

Saat membaca novel dan masuk ke dalam cerita, secara nggak langsung kamu akan berusaha untuk memahami dan menyelami karakter di dalamnya.

Hal tersebut dapat memperkuat kemampuanmu untuk memahami perasaan orang lain atau meningkatkan empatimu.

Baca Juga: Perempuan Harus Tahu, Memandangi Laki-Laki Tampan Baik untuk Otak Lho!

Jadi gimana Sobat Qupas, setelah mengetahui manfaat membaca buku bagi kesehatan otak di atas kamu berniat menggemari kegiatan tersebut nggak?

Lumayan lho kamu bisa terhibur, belajar, sekaligus meningkatkan kemampuan otak dalam waktu bersamaan hanya dengan membaca.

0 Comment