Bukan Bisa Menambah Tinggi, Ini Lho Manfaat Cegukan untuk Bayi

24 November 2019, at 17:00
0
0
Bukan Bisa Menambah Tinggi, Ini Lho Manfaat Cegukan untuk Bayi

Cegukan merupakan hal yang umum terjadi pada siapa saja, bahkan bayi sekali pun. Meskipun terkesan biasa saja, namun hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang mengganggu aktivitas lho.

Bayangkan saja apabila kamu cegukan saat sedang ada rapat penting atau harus melakukan presentasi di depan banyak orang, menyebalkan dan merepotkan kan?

Namun, pernahkah kamu mendengar dari orang tua atau siapa saja bahwa cegukan dapat membantumu menjadi lebih tinggi? Hal tersebut mungkin merupakan salah satu mitos yang paling sering dipercaya oleh anak kecil.

bayi cegukan
parenting.firstcry.com

Baru-baru ini, sebuah penelitian ternyata menyatakan bahwa cegukan sangat baik untuk perkembangan bayi. Bukan karena hal tersebut akan membantunya untuk bertambah tinggi, namun karena bisa mengembangkan koneksi antara pikiran dan tubuh.

Baca Juga: Bayi Suka Main Ludah? Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Penelitian terbaru yang diterbitakan dalam jurnal Clinical Neurophysiologi menyebutkan bahwa manfaat tersebut akan dialami oleh bayi yang baru lahir.

cegukan pada bayi
chw.org

Studi tersebut telah menemukan bahwa cegukan memulai tiga gelombang otak besar yang membantu bayi mengembangkan koneksi neurologis antara otak dan tubuh.

Dengan kata lain, kontraksiotot besar di diafragma ketika si kecil cegukan menghasilkan gelombang otak yang membantu bayi untuk mempelajari cara tubuh bekerja.

Dilansir dari laman Bustle.com, cegukan pada bayi juga dapat membantu mengendalikan atau mengatur pernapasan. Sensasi kejang yang terjadi tepat di bawah dada saat bayi cegukan lah yang menyebabkan hal tersebut.

manfaat cegukan untuk bayi
doktersehat.com

Wah, nggak nyangka! Ternyata cegukan memang punya manfaat bagi tubuh terutama apabila terjadi pada bayi.

Pada umumnya, bayi yang baru lahir akan cegukan selama 15 menit sehari. Hal tersebut normal dialami sehingga Sobat Qupas nggak perlu terlalu khawatir ya!

0 Comment