Bukan Cuma Bagus untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel Bagi Kecantikan yang Harus Kamu Tahu

10 June 2019, at 11:00
0
0
Bukan Cuma Bagus untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel Bagi Kecantikan yang Harus Kamu Tahu

Kamu mungkin sudah tahu, kalau nutrisi yang dikandung wortel sangat bagus untuk kesehatan mata. Tapi siapa sangka, sayuran berwarna oranye ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kecantikan lho.

Baik dikonsumsi ataupun dibuat sebagai masker, manfaat wortel untuk wajah dan kecantikan kulit lainnya ternyata sangat luar biasa.

Nah daripada penasaran, yuk langsung intip manfaat wortel untuk kecantikan berikut ini!

1. Menjaga kulit dari paparan sinar matahari

manfaat wortel untuk kecantikan
instagram.com/innisfreeofficial

Paparan sinar matahari yang kita terima setiap hari bisa mendatangkan masalah yang cukup mengganggu. Misalnya saja flek hitam, hiperpigmentasi, hingga penuaan dini.

Menurut seorang dermatologis, Dr. Purvisha Patel, mengonsumsi jus wortel secara rutin ternyata bisa membantu menjaga kulit dari efek buruk sinar matahari lho.

Sebab, kandungan karoten di dalamnya bisa berfungsi sebagai sun protector. Meski begitu jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di pagi hari ya.

2. Menghambat penuaan dini

manfaat jus wortel untuk kecantikan
instagram.com/laneige_kr

Kulit yang kendur dan timbulnya kerutan bisa diakibatkan oleh produksi kolagen yang semakin menurun. Wortel juga bisa mengatasi kondisi ini dan mengembalikan kecantikan kulit agar lebih elastis, kencang, serta sehat.

Hal ini karena wortel tinggi akan kandungan vitamin C yang mampu bekerja untuk menstimulasi produksi kolagen. Sehingga elastisitas kulit bisa terjaga dan terlihat awet muda.

3. Mencegah jerawat

cara membuat masker wortel
allthereaugust.com

Wortel mengandung betakaroten yang bisa mengontrol produksi sebum sekaligus mencegah dan mengobati jerawat. Caranya, buat bahan alami ini sebagai masker.

Langkahnya pun sangat mudah, kamu bisa menghaluskan wortel lalu apliaksikan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa membuat masker wortel dengan campuran kunyit bila mau.

Baca juga: 7 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Ini Dijamin Bikin Kamu Takjub

4. Merawat kulit kering

manfaat wortel untuk wajah
betterorganicskincare.com

Belum menemukan cara mengatasi wajah kering yang paling tepat? Manfaatkan wortel saja sebagai masker untuk melembabkan kulitmu.

Caranya, haluskan wortel dan mentimun lalu beri tambahan minyak almond. Setelah itu aplikasikan campuran bahan alami ini sebagai masker selama 15 menit.

Kamu bisa lakukan perawatan ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya bisa cepat terasa.

5. Menenangkan kemerahan dan bekas luka

manfaat wortel untuk kecantikan
savvytokyo.com

Betakaroten yang dimiliki wortel adalah antioksidan berbentuk retinoid yang mirip dengan vitamin A. Senyawa ini paling bagus untuk meremajakan, menenangkan, dan mencerahkan kulit.

Untuk menenangkan kemerahan akibat jerawat atau bekas luka lainnya, kamu bisa membuat masker dengan kombinasi wortel, madu, dan oatmeal.

Setelah campuran tersebut siap, balurkan ke area yang bermasalah selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

6. Menghilangkan kantung mata

manfaat wortel untuk kantung mata
societyaberdeen.co.uk

Kandungan vitamin A dalam bentuk retinoid pada wortel juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah.

Cukup parut wortel yang telah dikupas lalu aplikasikan langsung di area kantung mata sebagai masker. Tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Sekarang sudah tahu kan manfaat wortel bagi wajah dan kecantikan kulit lainnya. Kamu pun bisa memilih mau mengonsumsinya ataupun memakainya untuk perawatan sebagai masker.

0 Comment