Bukan Cuma Gemesin, Pelihara 8 Hewan Ini Bisa Bikin Mentalmu Sehat

29 March 2019, at 00:00
0
0
Bukan Cuma Gemesin, Pelihara 8 Hewan Ini Bisa Bikin Mentalmu Sehat

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa punya hewan peliharaan bermanfaat bagi kesehatan, khusunya mental.

Bahkan, keberadaan hewan di rumah sakit yang dulu dilarang justru sekarang menjadi salah satu metode penyembuhan. Di luar negeri misalnya, hampir semua rumah sakit anak punya program dengan hewan.

Selain bikin gemes dan hilangkan kesepian, hewan-hewan berikut ini efektif dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Apa saja sih?

Baca Juga: Punya Hewan Peliharaan Ternyata Baik untuk Kesehatan, Begini Penjelasannya

1. Kucing

kucing
pexels.com/@pixabay

Kucing memang sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Bukan hanya lucu dan bikin gemes, tapi hewan ini juga bisa menurunkan kadar stres pada seseorang.

Rasa senang ketika bermain dengan kucing membuat kadar stres dan depresi seseorang menghilang secara perlahan.

Menurut penelitian dari University of Minnesota, memelihara kucing juga bisa menjauhkan seseorang dari serangan jantung.

2. Anjing

anjing
pexels.com/@rawpixel

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos, interaksi antara anjing dan anak-anak bermanfaat untuk menurunkan gejala kecemasan dan meningkatkan keterampilan.

Selain itu, memelihara anjing juga akan membuat pemilik banyak bergerak dan bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah serta menghindari penyakit jantung.

3. Kelinci

kelinci
pexels.com/@anastasiya-gepp-654466

Pada penelitian yang dilakukan yang dilakukan pada tahun 2016, sekelompok orang dewasa yang memiliki gangguan kesemasan diminta untuk memelihara kelinci dan mainan.

Hasilnya, mainan yang jelas merupakan benda mati nggak berpengaruh pada kadar stres mereka. Sedangkan mereka yang mengelus bulu-bulu lembut kelinci terbukti dapat mengurangi rasa cemas.

4. Kuda

kuda
pexels.com/@marcio-bordin-918858

Kuda memang terkesan terlalu besar untuk dijadikan peliharaan. Tapi orang Eropa sudah memanfaatkan hewan ini sebagai alat terapi sejak tahun 1860-an.

Merawat kuda ternyata bissa mengurangi gejala PTSD (post-traumatic stress disorder) pada anak-anak dan remaja. Apalagi kalau menungganginya. Tubuh juga bisa lebih sehat.

Baca Juga: Hati-Hati Depresi, Kegiatan Sepele Ini Bisa Jadi Penyebabnya

5. Jangkrik

jangkrik
trynotlaughs.us

Memelihara jangkrik memang kedengarannya aneh dan jarang dilakukan. Tapi ternyata, kalau kamu menjadikannya sebagai hewan peliharaan, tingkat stres dan depresimu bisa berkurang, lho.

Studi yang dimuat dalam jurnal Gerontology pada tahun 2016 menyatakan bahwa orang tua yang diberi 5 jangkrik dalam kandang selama delapan minggu tingkat depresinya menurun.

6. Ikan

ikan
pexels.com/@tomfisk

Kalau nggak suka hewan-hewan yang bisa lari kesana-kemari, coba deh pelihara ikan dalam akuarium.

Selain bagus dan dapat dimanfaatkan untuk hiasan ruangan, ikan ternyata juga bisa membantu memusatkan perhatian atau tingkat kefokusan seseorang.

Pada penderita alzhaimer, ikan warna-warni dalam akuarium juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

7. Marmot

marmot
pexels.com/@pixabay

Siapa sangka, marmot ternyata bisa membuat anak-anak yang kesulitan untuk bersosialisasi dan masalah kepercayaan diri, terutama pada penderita autisme.

Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian dari Maggie O’Haire of Purdue yang menyebutkan bahwa anak-anak dengan autis dapat tersenyum dan tertawa apabila ada marmot di kelas.

Gejala stres yang mereka alami juga cenderung lebih rendah daripada biasanya.

8. Burung

burung
pexels.com/@hans-martha-399489

Terakhir coba pelihara burung. Karena hewan jenis unggas ini juga bisa mengatasi gangguan mental dan menjadikan jiwa seseorang lebih sehat.

Hal ini karena suara kicauan burung dapat menjadi terapi dan menenangkan pikiran. Itulah mengapa banyak orang yang suka memancing hewan tersebut agar mengeluarkan bunyi-bunyian.

Itu dia 8 hewan peliharaan yang bisa membantu menyehatkan mental. Kamu tertarik untuk memelihara salah satunya Sobat Qupas?

0 Comment