Bukan Cuma 'Habibie & Ainun', 5 Film Biografi Indonesia Terbaik Ini Kisahnya Patut Diteladani

12 September 2019, at 20:00
0
0
Bukan Cuma 'Habibie & Ainun', 5 Film Biografi Indonesia Terbaik Ini Kisahnya Patut Diteladani

Selain buku, ada film tentang biografi atau disebut juga film biopik yang bercerita tentang kehidupan tokoh-tokoh `besar maupun orang dengan kisah yang sangat menginspirasi.

Indonesia pun terhitung cukup sering membuat film biografi. Tentu saja dengan cerita yang penuh pesan bermanfaat dan patut diteladani.

Dari sekian banyak film boigrafi terbaik yang pernah dibuat Indonesia, berikut ini Qupas sudah merangkum 6 diantaranya yang harus kamu tonton.

1. Habibie & Ainun (2012)

habibie & Ainun 2012
tigafilm.blogspot.com

Dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari, film bergenre romantis ini berkisah tentang kesetiaan dan cinta tulus mantan Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie pada Ainun yang telah menginspirasi banyak orang.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa melihat lika-liku perjuangan sang ahli pesawat terbang yang begitu berbakti pada bangsa dan negaranya. Kisahnya pun membuat setiap penontonnya terenyuh.

'Habibie & Ainun' bisa dibilang sebagai film biografi terbaik buatan Indonesia. Bahkan telah bertengger di posisi enam dalam deretan film Indonesia terlaris sepanjang masa karena berhasil mengumpulkan 4,5 juta penonton saat ditayangkan tahun 2012 lalu.

2. Soekarno (2013)

soekarno 2013
imdb.com

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang riwayat presiden pertama RI, Ir Soekarno, dalam memperjuangkan kebebasan rakyat dari para penjajah.

Diperankan oleh jajaran aktor ternama seperti Aryo Bayu, Lukman Sardi, Tika Bravani, dan Maudy Koesnaedy, film biografi Indonesia yang menginspirasi ini bahkan sempat diunggulkan untuk maju ke ajang Academy Awards di tahun 2015 lalu lho.

3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

merry riana: mimpi sejuta dolar 2014
pinterest.com

Menggandeng Chelsea Islan sebagai pemeran utamanya, film yang diadaptasi dari buku berjudul sama ini menceritakan kisah inspiratif sang motivator nomor satu di Asia, Merry Riana.

'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' memperlihatkan bagaimana drama yang harus dilalui Merry sejak kerusuhan tahun 98 silam hingga akhirnya sukses dan mendapatkan satu juta dolar pertamanya.

Baca juga: 6 Film Bertema Pekerjaan yang Bisa Bikin Kamu Lebih Semangat Meniti Karir

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

guru bangsa tjokroaminoto 2015
amiratthemovies.wordpress.com

Film biografi tokoh Indonesia ini juga diperankan oleh Reza Rahadian. Untuk ceritanya, berfokus pada kisah sang guru bangsa yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan, Tjokroaminoto.

'Guru Bangsa: Tjokroaminoto' menggambarkan bagaimana Tjokroaminoto rela mengesampingkan status kebangsawanannya demi berjuang untuk bangsa. Salah satunya dengan membangun organisasi Sarekat Islam .

5. Jenderal Soedirman (2015)

jenderal soedirman 2015
cloudfront.net

Selanjutnya ada film bertema kemerdekaan yang dibintangi oleh Adipati Dolken. Cerita di dalamnya menyoroti peristiwa Agresi Militer Belanda II atau lebih tepatnya perjuangan Jenderal Soedirman untuk bangsa Indonesia.

Saat itu, Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka. Mengetahui hal ini, Jenderal Soedirman yang dalam keadaan sakit berusaha menyusun rencana perang melawan Belanda.

Beliau kemudian memimpin perang secara gerilya di Pulau Jawa hingga Belanda mengaku kalah.

6. Kartini (2017)

kartini 2017
imdb.com

Kalau film biografi ini mengikuti kisah pahlawan wanita, yaitu R.A. Kartini. Lebih tepatnya lagi pada saat beliau masih muda.

Kamu bisa menyaksikan bagaimana perannya dalam menggerakkan usaha para pengrajin mebel di kota asalnya, Jepara. Juga perjuangan Kartini lainnya yang masih relevan dengan kemajuan wanita Indonesia saat ini.

Dari film tentang wanita inspiratif ini kamu juga bakalan semakin ingat kalau memperjuangkan kemerdekaan Indonesia nggak melulu dengan cara berperang, tapi juga bisa melalui gerakan emansipasi.

Baca juga: 7 Film Indonesia Bertema Wanita Inspiratif yang Pas Ditonton di Hari Kartini

Itulah sederet film biografi terbaik dari Indonesia yang penuh dengan kisah inspiratif dan patut diteladani. Kamu sudah pernah nonton apa belum?

0 Comment