Bukan Cuma Kehamilan, Ini 5 Penyebab Munculnya Stretch Marks yang Jarang Disadari

28 November 2019, at 18:00
0
0
Bukan Cuma Kehamilan, Ini 5 Penyebab Munculnya Stretch Marks yang Jarang Disadari

Penyebab utama stretch mark adalah karena perenggangan kulit. Maka nggak heran kalau masalah ini sering muncul pada perut ibu hamil.

Tapi, guratan berwarna putih kemerahan yang biasanya muncul di bagian perut, bahu, paha, bokong, dan payudara ini nggak cuma terjadi pada ibu hamil. Remaja pun juga bisa mengalaminya.

Lalu kira-kira apa saja penyebab stretch mark yang tiba-tiba muncul di kulitmu? Cari tahu jawabannya di sini yuk!

1. Konsumsi Makanan Tinggi Kalori

makan makanan tinggi kalori
insider.com

Kamu suka mengonsumsi makanan tinggi kalori dan malas berolahraga? Kalau iya, jangan kaget bila sewaktu-waktu timbul stretch  mark di kulitmu.

Dikutip dari detik.com, menurut seorang dermatologist dan venerologist, Dr. Amaranila Lalita, makanan tinggi kalori akan diubah oleh tubuh menjadi subtrat hormon.

Kelebihan hormon inilah yang bisa memicu timbulnya guratan-guratan putih kemerahan atau dikenal dengan nama stretch mark. Maka dari itu, jangan bosan-bosan untuk mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga ya.

2. Rokok dan Alkohol

merokok penyebab stretch mark
timeincuk.net

Kebiasaan yang kurang sehat seperti mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok juga bisa jadi penyebab munculnya stretch mark di beberapa bagian tubuh.

Seperti yang diketahui, tembakau di dalamnya mengandung lebih dari 3.800 komponen kimia yang bisa merusak jaringan kulit. Selain itu, racun dari rokok juga menyebabkan kulit menua sebelum waktunya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Paling Ampuh, Nggak Perlu Keluar Banyak Uang

3. Hobi Memakai Pakaian Ketat

memakai jeans ketat
bustle.com

Hobi memakai pakaian ketat ternyata bisa membuat kulit jadi trauma, apalagi ketika kondisi kulit sangat kering. Terdengar sangat sepele, tapi hal ini juga jadi salah satu penyebab stretch mark muncul di bokong.

Kalau kamu masih suka memakai jenis jeans skinny, baiknya cari bawahan yang lebih longgar dan nyaman. Supaya tampilan stretch mark nggak bertambah parah.

4. Pertambahan Masa Otot

penyebab stretch mark di bahu
judymoon.com

Stretch mark bisa muncul karena adanya penambahan massa otot atau lemak yang begitu cepat. Baik karena olahraga yang intens ataupun penambahan berat badan yang drastis.

Ketika hal ini terjadi, kolagen di kulit akan sulit mempertahankan elastisitasnya. Semakin cepat pertambahan massa otot atau lemak, maka kulit akan mudah merenggang dan menimbulkan bekas yang disebut dengan stretch mark.

Karena itulah, stretch mark terkadang juga muncul di bagian bahu.

5. Pertumbuhan di Masa Puber

penyebab stretch mark pada remaja
abbraccimedspa.com

Mungkin banyak yang bertanya, apa sih penyebab stretch mark pada remaja? Sebenarnya jawabannya nggak jauh berbeda.

Di masa puber, biasanya terjadi pertumbuhan yang sangat signifikan. Misalnya seperti pertambahan tinggi yang cepat dan ada pula yang mengalami penambahan atau penurunan berat badan secara drastis.

Pertumbuhan di masa puber itulah yang bisa menyebabkan timbulnya stretch mark pada remaja.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Selulit dengan Stretch Mark

Nah, sekarang sudah tahu kan penyebab munculnya garis-gari putih kemerahan yang ada di tubuhmu? Meskipun nggak berbahaya, penampilan stretch mark memang terkadang membuat sebagian orang kehilangan rasa percaya diri.

Jadi, jangan pernah malas untuk menjaga kecantikan kulit dan rajin berolahraga ya!

0 Comment