Bukan Cuma Mengenyangkan, Ini 7 Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Cara Penggunaannya

29 April 2019, at 06:00
0
0
Bukan Cuma Mengenyangkan, Ini 7 Manfaat Kentang untuk Kecantikan dan Cara Penggunaannya

Penggunaan bahan makanan di industri kecantikan memang bukan hal baru lagi. Nah, salah satu yang punya manfaat luar biasa untuk kulit adalah kentang.

Sekarang ini, skincare dengan bahan utama kentang pun nggak sulit untuk dicari. Tapi, kamu juga bisa memanfaatkannya sendiri di rumah sebagai perawatan kecantikanmu lho.

Untuk itu, Qupas akan mengulas tentang 7 manfaat kentang bagi kecantikan dan cara penggunaannya. Seperti berikut ini!

1. Menghilangkan mata panda

manfaat kentang untuk menghilangkan mata panda
stylecraze.com

Manfaat kentang untuk kecantikan yang pertama adalah mampu menghilangkan mata panda sekaligus kerutan di sekitar mata. Cara penggunaannya pun sangat mudah.

Langsung tempelkan irisan kentang yang sudah didinginkan di atas mata dan diamkan selama 20 menit. Atau sebagai alternatif lain, kamu bisa memarutnya terlebih dahulu.

Setelah itu, celupkan kapas ke dalam parutan kentang dan tempelkan di area mata semalaman. Mata panda ataupun kantung mata, dijamin hilang deh.

2. Mencegah penuaan dini

manfaat kentang untuk mencegah penuaan dini
stylecraze.com

Kaya akan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan, kentang jadi salah satu bahan alami yang mampu menjaga kulit dari radikal bebas yang bisa memicu penuaan dini.

Cara penggunaan kentang untuk melawan penuaan dini adalah dengan memarutnya hingga halus lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Dengan penggunaan secara teratur, kulitmu akan terasa lebih kecang dan bebas dari kerutan.

3. Mencerahkan wajah

cara memutihkan wajah dengan kentang
tumblr.com

Vitamin C di dalam kentang juga bisa kamu gunakan sebagai agen pencerah kulit alami. Kombinasikan dengan lemon supaya hasilnya maksimal.

Cara memutihkan wajah dengan kentang pun sangat mudah. Tinggal campurkan parutan kentang dan lemon lalu oleskan secara merata sebagai masker. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Menghilangkan flek hitam

masker kentang untuk menghilangkan flek hitam
stylecraze.com

Skincare untuk menghilangkan flek hitam ada banyak sekali jenisnya di pasaran. Nah, kalau kamu mau lebih hemat, lenyapkan saja dark spot di wajahmu dengan parutan kentang.

Kali ini, kamu bisa menambahkannya dengan lemon dan madu. Setelah itu, aplikasikan di bagian yang bermasalah atau ke seluruh wajah.

Dengan penggunaan masker kentang ini secara teratur, flek hitam yang mengganggu penampilan dijamin hilang.

Baca juga: 8 Skincare Penghilang Flek Hitam Terbaik yang Hasilnya Bisa Dilihat Sejak Pemakaian Pertama

5. Mengontrol sebum dan mengecilkan pori-pori

manfaat kentang untuk mencegah penuaan dini
rrpark.com

Untuk mengontrol produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori, kamu bisa memanfaatkan kentang sebagai pengganti toner wajah.

Cara membuatnya, campurkan parutan kentang dan mentimun dengan takaran yang sama ke dalam botol spray. Setelah itu, tambahkan air dan toner kentang siap digunakan.

6. Memperbaiki rambut kering

manfaat kentang untuk rambut kering
stylecraze.com

Selain wajah, manfaat kentang untuk rambut juga nggak kalah menarik. Yang pertama adalah bisa memperbaiki rambut kering dengan membuatnya sebagai hair tonic.

Caranya, rebus kentang selama 20 menit. Setelah itu, pakai air rebusan ini untuk membasuh rambutmu. Lakukan ritual ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu supaya hasilnya maksimal.

7. Mengurangi rambut rontok

manfaat kentang untuk mengurangi rambut rontok
stylecraze.com

Selain shampo untuk rambut rontok, kentang juga bisa kamu pakai sebagai treatment tambahan supaya bisa terhindar dari kebotakan. Yakni dengan mengubahnya jadi masker.

Cara membuat masker kentang untuk rambut rontok adalah dengan mencampurkannya dengan lidah buaya dan madu. Oleskan pasta ini secara merata hingga ke akar rambut.

Baca juga: 10 Shampo yang Efektif untuk Mengatasi Rambut Rontok

Berikan pijatan lembut selama 15 menit, lalu bilas dengan shampo hingga bersih. Kamu bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali untuk dapatkan hasil yang signifikan.

Nah, itulah beberapa manfaat kentang untuk wajah juga rambut sekaligus cara penggunaannya. Gimana, siap mencobanya sendiri di rumah?

0 Comment