Bukan Cuma Menyegarkan, Ini Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

22 May 2019, at 07:00
0
0
Bukan Cuma Menyegarkan, Ini Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

Cincau merupakan salah satu bahan minuman segar yang dijadikan menu favorit oleh sebagian banyak orang saat berbuka puasa.

Teksturnya yang lembut dan kenyal seperti agar-agar membuatnya mudah dikonsumsi. Cincau yang terbuat dari daun cincau juga sangat menyegarkan sangat dijadikan sebagai minuman.

Nggak cuma enak, ternyata cincau hijau memiliki manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini.

Baca Juga: Sering Jadi Bahan Pemanis Takjil, Begini Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Pencernaan

menyehatkan pencernaan
behealthy3.com

Manfaat cincau yang pertama adalah dapat menyehatkan pencernaan. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kandungan alkaloid serta vitamin B dan C di dalamnya mampu mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut dan diare.

Selain itu, cincau ternyata juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk melawan sembelit atau melancarkan pencernaan.

2. Antimalaria

antimalaria
wired.com

Siapa sangka, cincau ternyata memiliki sifat antimalaria lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cincau hijau dapat dimanfaat sebagai obat malaria karena memiliki kandungan alkaloid di dalamnya.

3. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

menjaga keseimbangan gula darah
gettyimages.com

Manfaat cincau hijau yang selanjutnya adalah dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan bisbenzilsokuinolin dan klorofil di dalamnya.

Oleh sebab itu pasien diabetes aman mengonsumsinya selama nggak disajikan dengan gula atau sirup. Mengonsumsi air rebusan daun cincau juga dipercaya dapat mengurangi kadar gula dalam darah lho.

4. Mengontrol Berat Badan

mengontrol berat badan
hellosehat.com

Minuman berbahan cincau hijau dipercaya mampu mengontrol berat badan namun tetap menyediakan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

Kondisi tersebut karena cincau hijau mengandung serat yang tinggi dan gula alami di dalamnya.

Baca Juga: Anak Muda Juga Bisa Terserang Hipertensi, Ini Penyebabnya!

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

mengatasi hipertensi
doktersehat.com

Daun cincau hijau mengandung senyawa S-S tentandrin yang dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Senyawa tersebut dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Oleh sebab itu, mengonsumsi cincau hijau atau daunnya akan efektif untuk menormalkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

6. Mencegah Osteoporosis

mencegah osteoporosis
pexels.com/@rawpixel

Rajin mengonsumsi cincau hijau juga bisa mencegah osteoporosis, lho. Hal tersebut dapat terjadi karena daun cincau mengandung kalsium, magnesium, serta fosfor yang cukup tinggi.

Mengonsumsinya secara rutin akan bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel tulang yang keropos dan mencegah masalah yang lebih serius.

7. Mengatasi Tumor

mengatasi tumor
instagram.com/rinii21c

Mengonsumsi cincau hijau juga dapat masalah kesehatan serius seperti tumor. Senyawa isokandroderin dan S-S tetandrin pada daun cincau disebut mampu mematikan sel-sel tumor.

Hal ini karena senyawa-senyawa tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

8. Mengobati Keracunan Seafood

mengobati keracunan seafood
pexels.com/@naimbic

Kamu juga bisa memanfaatkan daun cincau hijau sebagai obat ketika keracunan seafood. Hal ini karena senyawa antioksidan di dalamnya mampu memerangi racun dalam tubuh.

Remaslah 5 sampai 10 lembar daun cincau hingga menghasilkan sari berupa air berwarna hijau. Kamu bisa meminumnya dengan tambahan gula jawa.

Sederet manfaat di atas dapat Sobat Qupas dapatkan dari mengonsumsi cincau hijau. Apalagi kalau kamu menambahkan buah-buahan sehat lainnya.

0 Comment