Bukan Cuma Nikmat Disantap, Manfaat Cokelat untuk Wajah Ternyata Banyak Lho

11 October 2019, at 18:00
0
0
Bukan Cuma Nikmat Disantap, Manfaat Cokelat untuk Wajah Ternyata Banyak Lho

Jadi salah satu camilan favorit, ternyata cokelat juga menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Maka nggak heran kalau kamu bakalan bisa menemukannya dalam komposisi skincare.

Selain itu, beberapa rumah spa dan klinik kecantikan juga menyediakan perawatan dengan cokelat bubuk. Kamu pernah mencobanya?

Kalau belum, kamu bisa lho menggunakan bubuknya sebagai perawatan di rumah. Tapi sebelum itu, cari tahu dulu yuk manfaat cokelat untuk wajah berikut ini!

1. Mampu Mendetoksifikasi Wajah

masker coklat
femalefirst.co.uk

Bubuk cokelat bisa kamu ubah menjadi masker untuk mendetoksifikasi kulit. Hal ini karena cocoa butter dan antioksidan yang menjadi kadungan utamanya mampu membuang racun, menarik kotoran dari dalam pori, melindungi kulit dari polusi dan sinar matahari.

Cara membuat masker coklat bubuk untuk wajah pun sangat mudah. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan madu sampai terbentuk pasta.

Setelah itu, oleskan masker cokelat ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

2. Mencegah Penuaan Dini

wajah awet muda
stlfacialplasticsurgery.com

Menjelang usia 30 tahun, garis-garis halus hingga kerutan jadi salah satu momok menakutkan yang diwaspadai wanita. Supaya aman dari tanda-tanda penuaan dini, coba gunakan masker cokelat sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Sebab, bubuk cokelat mengandung flavonoid yang mampu meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya akan menangkal bahaya radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

Baca juga: Mengungkap Manfaat Kafein dalam Kopi untuk Kecantikan Kulit

3. Mengatasi Jerawat

wajah berjerawat
peekerhealth.com

Minyak berlebih bisa jadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat masker dari bubuk cokelat yang ditambahkan dengan kopi.

Masker coklat bubuk untuk jerawat yang telah jadi bisa langsung diaplikasikan ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Perawatan rumahan ini baiknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu supaya terbebas dari minyak berlebih dan bakteri penyebab jerawat.

4. Mempercepat Proses Regenerasi

scrub wajah alami
instagram.com/thebathbox

Selain sebagai masker, bubuk cokelat bisa kamu pakai sebagai scrub wajah alami. Dengan cara ini, kamu bisa membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit untuk menghilangkan tampilan kulit kusam.

Untuk membuat scrub, campurkan bubuk cokelat, oatmeal, dan susu. Kemudian aplikasikan pada wajah yang telah dibasahi dan iringi dengan pijatan lembut.

Lakukan ritual ini selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

5. Menutrisi Kulit Secara Mendalam

masker cokelat untuk wajah
nuriss.co.uk

Disamping flavonoid dan antioksidan, cokelat mengandung vitamin A, B1, C, D, E, mineral, kalsium, magnesium, dan zat besi. Nutrisi itu sangat diperlukan oleh wajah supaya tetap lembab dan cantik.

Karena itulah, menggunakan bubuk cokelat sebagai perawatan wajah di rumah bisa membantu melembabkan kulit, mencerahkan, dan membuatnya terasa lebih halus.

Itulah 5 manfaat cokelat untuk kecantikan kulit wajah yang perlu kamu ketahui. Wah, ternyata nggak cuma nikmat ketika di santap ya.

0 Comment