Bukan Cuma Nyaman, Tidur Pakai Guling Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

02 May 2019, at 07:00
0
0
Bukan Cuma Nyaman, Tidur Pakai Guling Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan penting dilakukan. Selain mengembalikan energi yang terkuras setelah beraktivitas, hal ini juga baik untuk kesehatan.

Ada banyak faktor yang bisa membuat tidurmu menjadi nyaman, mulai dari suhu udara yang nggak terlalu panas dan dingin, baju dengan bahan yang pas, sampai penggunaan bantal dan guling.

Mungkin banyak orang yang lebih memilih bantal daripada benda dengan bentuk panjang tersebut. Padahal, guling memiliki banyak manfaat lho.

Baca Juga: Jenis Bantal dan Guling Serta Pengaruhnya Bagi Kesehatanmu

Nggak sekadar nyaman, berikut ini manfaat tidur menggunakan guling bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

meningkatkan kualitas tidur
pexels.com/@olly

Siapa sangka, guling menjadi salah satu faktor penting yang bisa membuat kualitas tidur meningkat karena menggunakannya saat tidur dapat membentuk posisi tubuh yang sesuai.

Nggak cuma itu, posisi tubuh saat memeluk guling juga bisa membuat rileks dan menghilangkan stres di kaki bagian bawah.

2. Mencegah Sakit Punggung

mencegah sakit punggung
amazon.fr

Selain meningkatkan kualitas tidur, manfaat tidur menggunakan guling lainnya adalah mencegah sakit punggung.

Menggunakan guling saat tidur dapat membantu posisi tulang belakang dalam keadaan tetap lurus. Kondisi ini bisa didapatkan apabila kamu menekuk lutut dan menyelipkan guling diantaranya.

mengatasi sakit punggung
cheercollection.com

Selain itu, tidur menggunakan guling ternyata juga efektif untuk meringankan tekanan pada tulang belakang dan pinggul.

Hal tersebut juga bisa memperbaiki dan memperlancar sirkulasi darah ke kaki sehingga nggak terjadi sakit punggung, ketegangan otot, sakit lutut, dan kaki pegal.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

meningkatkan sirkulasi darah
thetbbs.com

Sirkulasi darah yang meningkat juga merupakan salah satu dampak postitf dari penggunaan guling, lho. Hal ini disebabkan oleh beberapa bagian tertentu dari tubuh, termasuk kaki yang secara nggak langsung terangkat.

Alhasil, peredaran darah ke jantung akan menjadi lancar dan organ penting tersebut nggak perlu bekerja terlalu keras.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Kamu Rasakan Jika Tidur Tanpa Busana

4. Mengatasi Ngorok

mentasi ngorok
cellcode.us

Siapa yang sering ngorok saat tidur? Nggak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan guling untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa posisi tidur terlentang dapat meningkatkan kemungkinan mengorok seseorang. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk menggunakan guling agar bisa bertahan dengan posisi tidur menyamping.

5. Meredakan Ketegangan

meredakan ketegangan
parents.com

Menggunakan guling dengan cara diletakkan di bawah leher juga bisa meringankan ketegangan otot yang terjadi karena aktivitas padat.

Nggak cuma itu, menggunakan guling saat tidur juga ampuh untuk meredakan ketegangan untuk ibu hamil lho. Maka dari itu banyak dokter yang menyarankan perempuan hamil menggunakan guling.

Nah, itu dia Sobat Qupas manfaat tidur menggunakan guling yang harus kamu ketahui. Ternyata nggak cuma bikin nyaman saja!

0 Comment