Bukan Cuma Padat dan Tabur, Ini 10 Jenis Bedak yang Wajib Kamu Pahami Perbedaannya

10 April 2019, at 11:00
0
0
Bukan Cuma Padat dan Tabur, Ini 10 Jenis Bedak yang Wajib Kamu Pahami Perbedaannya

Di akhir tahapan berdandan, bedak biasanya akan dibubuhkan agar hasil makeup jadi lebih sempurna. Awalnya, hanya ada dua jenis bedak yang populer dipakai para wanita, yaitu padat dan tabur.

Tapi seiring dengan perkembangan di dunia kecantikan, jenis bedak yang baru terus bermunculan dengan fungsi yang hampir sama. Hingga terkadang hal ini membuat sebagian wanita bingung dengan perbedaannya.

Nah, biar nggak bingung lagi, kali ini Qupas akan membantumu untuk mengenal 10 jenis bedak sekaligus perbedaannya. Yuk simak langsung ulasannya!

1. Loose Powder

bedak tabur atau loose powder
instagram.com/ltpro_official

Loose powder adalah bedak yang punya tekstur bubuk halus dan datang dengan variasi warna yang cukup beragam, karena menyesuaikan dengan tone kulit penggunanya. Fungsinya sendiri untuk menambah coverage di wajah dan membuat riasan lebih tahan lama.

2. Compact Powder

bedak padat atau compact powder
instagram.com/wardahbeauty

Compact Powder adalah bedak yang dilengkapi dengan kandungan minyak dan pelembab yang formulasinya sudah dipadatkan. Lebih cocok untuk kulit kering.

Biasanya bedak padat dikemas secara praktis dengan cermin dan spons di dalamnya. Karena itulah produk coverage yang satu ini sangat cocok untuk touch up dan dibawa bepergian.

3. Two-way Cake Powder

two way cake powder
shopee.co.id

Mirip seperti compact powder, two-way cake powder adalah jenis bedak padat namun di dalamnya sudah dilengkapi dengan formula foundation.

Two-way cake powder bisa diandalkan saat kamu membutuhkan coverage yang tebal dalam waktu singkat, ketahannya pun cukup lama. Tapi, formulanya cukup berat jadi kurang baik bila dipakai untuk makeup sehari-hari.

4. Translucent Powder

translucent powder terbaik
instagram.com/makeoverid

Translucent powder adalah bedak yang hadir dengan warna transparan. Meskipun beberapa brand juga menawarkan beberapa variasi warna, tapi tetap saja hasil akhirnya nggak akan menambah coverage ataupun mengubah warna kulit.

Selain itu, translucent powder bisa hadir dengan tekstur bubuk ataupun padat. Kelebihan lainnya, bedak ini bisa menyamarkan pori-pori dan dilengkapi dengan formula oil control yang lebih baik.

5. Mineral Powder

mineral powder terbaik
innisfreeworld.com

Jenis bedak yang satu ini juga bisa hadir dalam bentuk padat ataupun tabur. Yang membedakan adalah kandungannya.

Mineral powder biasanya terbuat dari zinc oksida atau titanium oksida yang mampu meringkas tampilan pori tanpa membuat kulit kesulitan bernapas dan sangat aman untuk kulit sensitif.

Baca juga: Rekomendasi Translucent Powder Terbaik yang Bikin Wajahmu Tambah Flawless

6. Setting Powder

setting powder terbaik
glambeautyjay.com

Setting Powder adalah bedak yang ditugaskan untuk mengunci foundation agar tetap ditempat alias nggak gampang luntur. Formulanya juga bisa menyerap sebum agar finishing makeup jadi matte.

Hadir dalam bentuk tabur dan compact, pilihan warna setting powder biasanya ada banyak, termasuk translucent alias transparan.

7. Finishing Powder

finishing powder terbaik
pinimg.com

Sering dianggap sama dengan setting powder, finishing powder adalah bedak yang difungsikan untuk menghasilkan tampilan makeup yang lebih halus atau flawless.

Karena tugas utamanya memang untuk menyamarkan pori dan garis halus, tekstur finishing powder pun sangat halus. Dan biasanya hadir dalam bentuk bubuk tanpa warna (transparan).

8. Liquid Powder

bedak cair atau liquid powder
blogspot.com

Karena teksturnya cair, sekilas bedak ini akan terlihat seperti foundation. Tapi tentu saja formula liquid powder lebih ringan.

Bedak cair bisa menutup kekurangan di wajah seperti 'menghilangkan' flek hitam, mata panda, juga bekas jerawat tapi hasilnya tetap natural.

9. Shimmering Powder

shimmering powder terbaik
allure.com

Kalau jenis bedak yang satu ini datang dengan serbuk yang berkilauan atau glitter. Karena inilah shimmering powder bisa memberi efek wajah yang lebih bercahaya dan glamor.

Selain di wajah, shimmering powder juga bisa dibubuhkan pada leher dan lengan untuk menambah kesan eksotis saat menghadiri acara tertentu.

10. Meteorite Powder

meteorite powder
bubblymichelle.wordpress.com

Nah, yang terakhir ada meteorite powder yang cukup unik. Bentuknya berupa bulatan-bulatan kecil warna-warni seperti permen.

Meteorite powder diciptakan untuk memberi kesan wajah yang lebih merona dan berseri. Bisa juga dipakai untuk menggantikan peran blush on.

Itulah 10 jenis bedak yang wajib kamu ketahui perbedaannya. Gimana, nggak bingung lagi kan sekarang?

0 Comment