Bukan Cuma Wajah, Tanda Penuaan Ternyata Juga Muncul di 5 Bagian Tubuh Ini

03 April 2019, at 11:00
0
0
Bukan Cuma Wajah, Tanda Penuaan Ternyata Juga Muncul di 5 Bagian Tubuh Ini

Dulu, banyak banget yang menganggap kalau tanda penuaan cuma 'menyerang' mereka yang berumur 40an. Padahal sejatinya, garis halus, kerutan, dan flek hitam sudah mulai muncul sejak usia 20-an.

Dan tahukah kamu, tanda penuaan juga terlihat di 5 bagian tubuh lho. Tapi selama ini, para wanita cuma fokus untuk melakukan perawatan di area wajah aja.

Nah, biar perawatan yang kamu lakukan lebih tepat lagi, yuk kenali 5 bagian tubuh yang sering menunjukkan tanda-tanda penuaan berikut ini!

1. Leher

tanda penuaan di leher
artfulsurgery.com

Menurut seorang dermatologis yang berbasis di New York, Dr. Kally Papantoniou, leher adalah salah satu bagian tubuh yang bisa mengalami penuaan lebih cepat. Namun sayangnya, masih banyak yang mengabaikan perawatan di area ini.

Seiring bertambahnya usia, kulit di leher akan semakin lemah dan kehilangan volume. Nah, supaya hal ini nggak bertambah parah, baiknya selalu usapkan produk sunscreen andalanmu.

Dengan begitu, kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh paparan sinar matahari bisa dicegah dan kulit lehermu bakalan awet kencang.

2. Punggung Tangan

tanda penuaan di tangan
freepik.com

Dr. Kally Papantoniou mengungkapkan bahwa bagian tubuh yang pertama kali menunjukkan tanda penuaan sebenarnya adalah punggung tangan. Salah satu sebabnya karena perubahan hormon.

Perubahan hormon akan menyebabkan elastisitas kulit dan punggung tangan kehilangan volumenya. Selain itu, area ini termasuk yang paling sering terpapar sinar matahari.

Sehingga flek hitam dan keriput pasti bakal muncul lebih cepat. Nah, untuk mencegahnya, kamu juga harus rajin-rajin mengoleskan ulang tabir surya. Setidaknya tiap dua jam sekali.

3. Dahi

tanda penuaan di dahi
hey-beauty.net

Seperti leher, dahi adalah salah satu bagian yang paling mudah keriput. Salah satu sebabnya, bila wajahmu menunjukkan ekspresi tertentu, area ini secara otomatis akan ikut mengkerut.

Sebagai langkah perawatannya, kamu bisa gunakan skincare yang mengandung retinol untuk meningkatkan produksi kolagen. Produk ini juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Tapi kamu juga harus waspada, karena retinol yang beredar di pasaran tergolong cukup 'keras' untuk kulit. Jadi mending konsultasikan dulu ke dokter.

Baca juga: Mengenal Retinol, Bahan Skincare Anti Aging yang Sekarang Bisa Diminum

4. Mata

tanda penuaan di mata
instagram.com/innisfreeofficial

Kesibukan yang padat setiap harinya bisa membuat area mata terlihat lelah. Apalagi kulit di daerah ini cenderung lebih tipis dan mudah menjadi berkerut dan berkantung.

Nah untuk perawatannya, selain menggunakan produk eye cream terbaik atau eye patch, kamu bisa menghilangkan kerutan dan kantung mata dengan cara memberi pijatan.

Caranya, gunakan ibu jari dan jari manis untuk memijat daerah sekitar alis dan bawah mata selama beberapa menit. Ritual ini akan melancarkan peredaran darah dan membuat wajahmu terlihat lebih segar.

5. Bibir

tanda penuaan di bibir
instagram.com/studiotropik

Setelah dahi dan mata, Dr. Kally Papantoniou mengatakan bila area yang akan timbul kerutan selanjutnya adalah bibir. Selain karena paparan sinar matahari, kebiasaan sederhana seperti minum dari sedotan dan botol ternyata juga jadi penyebabnya lho.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa pakai lip balm yang mengandung SPF minimal 25 di siang hari. Sebagai perawatan tambahan, lip sleeping mask atau lip patch juga bisa jadi pilihan yang tepat.

Itu dia, 5 bagian tubuh selain wajah yang lebih cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Selain menghindari penyebabnya, pastikan kamu juga ranjin melakukan perawatan di area tersebut.

0 Comment