Bukan Cuma Wisata Alamnya Saja, Museum di Boyolali Ini Juga Jadi Primadona Millennials

18 October 2019, at 15:00
0
0
Bukan Cuma Wisata Alamnya Saja, Museum di Boyolali Ini Juga Jadi Primadona Millennials

Boyolali bukan cuma dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil susu sapi terbesar dengan kualitas terbaik di Indonesia. Destinasi wisata di kabupaten ini juga cukup menarik hati para traveler.

Selain menampilkan alam yang memesona, ternyata Boyolali juga punya wisata museum dengan bangunan futuristik. Museum R Hamong Wardoyo namanya. Kamu sudah pernah mendengarnya?

museum r hamong wardoyo
instagram.com/dolanboyolali

Museum di Jawa Tengah ini worth it buat kamu kunjungi. Karena bukan cuma bakal menyajikan koleksi yang mengedukasi saja. Di sini pun kamu bisa mencari spot foto yang instagramable.

Nah, daripada makin penasaran sama museum futuristik di Boyolali ini, coba deh intip ulasan Qupas berikut ini!

1. Ikon baru di Boyolali

museum di boyolali
instagram.com/kunti_erma

Museum R Hamong Wardoyo bisa dibilang menjadi ikon baru di Boyolali. Meski baru dibangun pada tahun 2016 lalu, destinasi yang namanya diambil dari Bupati ke-10 yang memimpin Boyolali pada Tahun 1947 ini sudah mulai diminati traveler, baik yang berasal dari dalam maupun luar kota.

Bangunan museum ini terlihat futuristik dengan bentuk segi enam. Bagian atapnya berupa panel kaca tembus pandang. Gedung dua lantai ini pun menyerupai piramida.

Di dalam museum terdapat dua ruang utama berbentuk segi enam. Ada tangga penghubung lantai pertama dan dua berbentuk spiral mengitari ruang utama. Ornamen kayu yang seolah mendominasi ruangan museum semakin membuatnya makin artsy.

2. Wisata edukasi di Boyolali

museum r hamong wardoyo jawa tengah
instagram.com/ichwannachwi

Museum di Boyolali ini bukan cuma menarik dari sisi bentuk bangunannya. Di dalamnya juga terdapat koleksi yang bisa mengedukasi kita semua.

Mulai dari miniarut ikon Boyolali, patung, baju adat Boyolali, benda bersejarah, kereta kencana, foto-foto, hingga arca semua ada di dalam Museum R Hamong Wardoyo.

Sejumlah anak-anak sekolah beberapa kali mengunjungi wisata di Boyolali ini. Seperti dilansir dari Detik, salah satu sekolah dasar di kawasan tersebut menjadi pengunjung tepat pada hari Museum Indonesia yang jatuh tanggal 12 Oktober lalu.

3. Ada apa saja di Museum R Hamong Wardoyo?

museum r hamong wardoyo boyolali
instagram.com/_febrian

Lantai pertama terdiri dari tiga blok. Bagian tengah (ruang utama) ada beberappa koleksi yang bisa kamu lihat, seperti:

  • Kereta kencana yang dulu digunakan Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
  • Miniarut patung Arjuna Wijaya mengendarai 13 kuda
  • Patung Arjuna dan Sembadra
  • Puluhan uang koin kuno zaman penjajahan Belanda hingga Jepang
  • Sepasang keris
  • Tiga guci kuno penginggalan Kerajaan Hindu

Baca juga: Dulu Dikenal Mistis, Kini Kebun Raya Indrokilo Boyolali Siap Hipnotis Wisatawan

koleksi di museum r hamong wardoyo
instagram.com/rafelclaudio

Di blok kedua ada koleksi miniatur sapi ndekem. Sementara di blok ketiga bakal ada patung dan benda-benda yang berkaitan dengan Kyai Raden Pandan Arang. Di sepanjang tembok blok tersebut, ada sekumpulan foto-foto Bupati Boyolali kedua hingga sekarang.

Bagian lantai kedua, terdapat foto-foto keindahan Boyolali. Dan mungkin nantinya bakal dugunakan khusus untuk ruang pameran.

4. Lokasi dan tiket masuk Museum R Hamong Wardoyo

museum di jawa tengah
instagram.com/dennynugroho88

Tertarik berkunjung? Kamu bisa langsung menuju ke lokasi Museum R Hamong Wardoyo yang berada di Jalan Pandanaran No.19, Tegalmulyo, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali.

Untuk bisa masuk ke wisata museum yang buka mulai pukul 18.00 sampai 16.00 WIB ini kamu nggak perlu bayar tiket kok dan hanya mengisi buku tamu. Tapi mungkin nantinya info bisa berubah.

miniatus sejarah indonesia
instagram.com/rafelclaudio

Well, Museum R Hamong Wardoyo tampaknya bakal menjadi salah satu pendobrak pariwisata terkait sejarah Indonesia yang menarik buat para kaum milenial.

Bentuk bangunannya yang futuristik dan dari luar mirip dengan Museum Louvre di Paris, Perancis ini menjadi salah satu alasannya.

Jadi millennials, kapan nih kamu mampir ke wisata unik di Boyolali ini? Tapi ingat ya, meski tiket masuknya gratis, tetap jaga sopan santun dan jangan sampai merusak apapun di dalamnya. Oke?

0 Comment