Bukan Cuman Durian, Ternyata Kelapa juga Nggak Boleh Dibawa ke Pesawat loh

03 December 2018, at 03:24
1
0
Bukan Cuman Durian, Ternyata Kelapa juga Nggak Boleh Dibawa ke Pesawat loh

Beberapa waktu yang lalu, mungkin masih ingat sebuah berita mengenai pesawat terbang domestik  dengan tujuan Bengkulu menuju Jakarta yang membawa durian hingga baunya tercium dalam kabin pesawat.

Hal itu membuat para penumpang merasa terganggu dan tidak nyaman dengan bau durian yang kian menyengat. Wah, berita tersebut lantas tersiar dan banyak diperbincangkan oleh para pengguna transportasi udara.

buah durian
topsimages.com

Durian termasuk dalam kategori barang-barang berbahaya yang memang dilarang masuk dalam penerbangan. Karena benda tersebut dapat mengganggu kenyaman baik para penumpang maupun kru dalam kabin.

Tapi, nggak selamanya durian dilarang loh. Penumpang diizinkan untuk membawa durian sebagai oleh-oleh dalam perjalanan, hanya saja pengemasan buah yang selalu musim setiap bulan Juli hingga Desember di daerah Jawa ini benar dan rapat.

Baca juga : 6 Hal yang Haram dilakukan Selama di Pesawat, Akibatnya bisa Fatal!

Dengan begitu, bau buah durian tidaklah tercium hingga membuat penumpang lainnya terganggu. Nah, tahukah kamu kalau ternyata bukan hanya buah durian saja yang dilarang masuk dalam penerbangan?

buah kelapa
pinterest.com

Pasti belum banyak yang tahu ya? kalau buah kelapa juga dilarang masuk dalam pesawat. Menurut International Air Transport Association, buah kelapa menjadi benda berbahaya yang tidak boleh diangkut atau dibawa dalam penerbangan.

Hal itu dikarenakan, daging buah kelapa mempunyai kandungan minyak yang tinggi. Sehingga membuat buah tersebut dianggap sangat mudah terbakar.

Kemudian larangan itu lah yang mendasari, mengapa buah kelapa dilarang menjadi bawaan tangan atau bagasi terdaftar. Tapi, larangan tersebut tidak berlaku untuk semua bagian kelapa yang sudah diolah atau diproses di pabrik.

penerbangan di india
tripsavvy.com

Jika di India, negara Bollywood tersebut malah membebaskan para penumpang pesawat membawa buah kelapa. Mengingat di negara tersebut, buah kelapa menjadi bahan makanan utama untuk persembahyangan.

Hanya boleh untuk penerbangan domestik dan buah kelapa tersebut harus sudah dibelah dua. Namun, sampai detik ini masih belum ada kejadian tentang kecelakaan atau kebakaran pesawat yang disebabkan oleh buah kelapa.

Semoga dengan adanya informasi seperti ini, sobat Qupas jadi semakin banyak tahu. Adanya sebuah larangan tentu untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Nah, patuhi setiap peraturan yang tertera demi kebaikan bersama ya.

0 Comment