Bukan Hanya Mandul, 8 Masalah Ini Bikin Kamu Sulit Dapat Keturunan

19 January 2019, at 00:30
1
0
Bukan Hanya Mandul, 8 Masalah Ini Bikin Kamu Sulit Dapat Keturunan

Pasangan yang menikah pasti menginginkan kehadiran buah hati di antara mereka. Tidak jarang, ada suami istri yang sudah menikah dalam waktu yang lama, namun tidak kunjung dikarunia anak. Sudah banyak program kehamilan yang diikuti, namun hasilnya sama saja.

Kebanyakan orang akan menganggap bahwa pasangan ini mandul, entah suami atau istrinya. Akan tetapi, ternyata ada banyak pasangan yang dinyatakan subur oleh dokter namun juga mengalami serupa. Hal ini karena sulit mendapat keturunan disebabkan oleh banyak faktor.

Bukan hanya mandul, 8 masalah ini juga bisa membuat pasangan yang sudah menikah sulit mendapatkan keturunan. Yuk ketahui apa saja masalah tersebut agar kamu tidak salah persepsi tentang hal ini.

1. Stres

stres membuat sulit punya anak
pexels.com/@katlovessteve

Sudah lama menikah namun belum memiliki keturunan pasti merupakan tekanan tersendiri bagi yang mengalaminya. Selain keinginan untuk memiliki anak, pertanyaan-pertanyaan dari orang lain perihal tersebut juga bisa menjadi beban.

Secara tidak sadar, lama kelamaan pasangan yang memikirkan hal itu akan menjadi stres. Di sisi lain, bagian terpenting ketika pasangan sedang mengikuti program kehamilan adalah ketenangan dan kenyamanan.

Ketika stres, sistem adrenal akan mengambil alih tubuh sehingga tidak mendukung untuk hamil. Sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu dan melakukan hal-hal positif yang bisa membuat bahagia.

Kegiatan seperti olahraga, yoga, dan pergi ke spa bisa mengurangi stres. Selain itu, usahakan untuk tidak terpengaruh dengan lingkungan.

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

gaya hidup tidak sehat membuat sulit punya anak
pexels.com/@rebcenter-moscow-179322

Gaya hidup tidak sehat juga bisa memengaruhi usaha pasangan suami-istri dalam hal memiliki keturunan. Apabila usaha sudah maksimal tetapi hasil tetap nihil, mungkin saja gaya hidup tidak sehat yang menjadi penyebabnya.

Merokok misalnya, hal ini akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada seseorang. Selain itu, proses rahim menerima sel telur juga akan terganggu. Sedangkan pada pria, produksi sperma akan berkurang dan DNA menjadi rusak.

Hal-hal seperti mengonsumsi alkohol juga sebaiknya dihindari. Hal ini akan menghilangkan efek positif dari terapi kesuburan. Tidak hanya itu, sering minum alkohol juga akan mengurangi dan memperlambat sprema pada laki-laki.

3. Berat Badan

berat badan
pexels.com/@pixabay

Bagi perempuan, kesempatan untuk mendapatkan momongan bisa terhambat jika berat badan tidak ideal. Baik itu terlalu kurus maupun terlalu gendut, keduanya akan membuat seorang istri menjadi sulit hamil.

Penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang mengalami kelebihan berat badan dua kali lebih lambat mengalami kehamilan daripada yang memiliki berat badan normal.

Sedang orang-orang yang terlalu kurus memiliki lemak yang kurang. Padahal, lemak dibutuhkan dalam produksi hormon estrogen yang berpengaruh pada proses menstruasi.

Sebaiknya, cobalah untuk mengurangi atau menaikkan berat badan sesuai dengan kebutuhan. Bertanyalah kepada dokter berapa berat badan yang ideal untukmu.

4. Usia

usia membuat sulit punya anak
pexels.com/@pixabay

Semakin tua, maka perempuan akan semakin sulit mendapatkan keturunan. 35 tahun merupakan usia maksimal yang menjadi batas kesempatan kehamilan. Pada usia tersebut, kesuburan akan menurun secara drastis.

Tidak hanya itu, risiko yang harus ditanggung juga akan semakin besar jika hamil saat usia tua. Sementara bagi laki-laki, kesuburan akan menurun ketika mereka sudah menginjak usia 40 tahun ke atas.

Baca Juga: Benarkah Jarang Sikat Gigi bisa Bikin Susah Punya Keturunan?

5. Masalah Tiroid

masalah tiroid membuat sulit dapat anak
hellosehat.com

Siapa sangka, masalah tiroid memiliki hubungan dengan kehamilan. Hal ini karena terlalu banyak atau sedikit hormon tiroid dapat mengganggu siklus menstruasi. Hasilnya, kesuburan juga akan terganggu.

Pasangan suami-istri akan lebih sulit untuk menentukan masa subur. Padahal, hal tersebut merupakan kunci utama dalam usaha untuk mendapatkan keturunan. Jika perlu, tanyakan kepada dokter bagaimana cara mengatasi masalah tersebut agar mudah menghitung masa subur.

6. Endometriosis

endometriosis membuat sulit dapat anak
australianpharmacist.com.au

Mungkin belum banyak yang tahu tentang masalah endometriosis. Ini merupakan kondisi di mana jaringan yang seharusnya melapisi tumbuh dan menumpul di luar rahim. Sedangkan pada keadaan normal, jaringan dinding rahim seharusnya menebal ketika akan mengalami ovulasi.

Jika seseorang mengalami gangguan kesehatan ini, maka jaringan dinding yang tumbuh di luar rahim juga akan ikut luruh saat menstruasi. Bedanya, bagian yang luruh tersebut tidak dikeluarkan seperti haid pada umumnya.

Sebaliknya bagian tersebut mengendap di sekitar organ reproduksi dalam waktu yang lama. Endapan tersebut bisa menyebabkan peradangan dan memunculkan penyakit lain seperti kista dan lain sebagainya. 

7. Gangguan Ovulasi

gangguan ovulasi membuat sulit punya anak
hellosehat.com

Hal ini lah yang umunya menjadi penyabab seorang perempuan sulit hamil. Ganggguan ovulasi merupakan kondisi pelepasan sel telur secara berkala.

Sebagian kondisimembuat wanita tidak lagi melepasakan sel telur. Sebagian lagi hanya melepaskan sel telur dalam jangka waktu yang lebih lama daripada seharusnya.

Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh gangguan tiroid, sindrome ovarium polikistik (indung telur kesulitan memproduksi telur), atau kegagalan prematur (indung telur berhenti bereproduksi sebelum usia 40 tahun).

8. Tuba Falopi Rusak atau Tersumbat

tuba falopi rusak atau tersumbat membuat sulit dapat anak
shutterstock.com

Tuba falopi merupakan saluran indung telur. Apabila bagian ini rusak atau tersumbat, maka sperma akan sulit untuk membuahi sel telur. Hal ini juga bisa mempersulit gerak sel telur yang sudah dibuahi menuju rahim.

Kerusakan dan penyumbatan tuba falopi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Adanya penyakit radang panggul
  • Pernah mengalami operasi besar atau operasi pada panggun
  • Adanya tuberkulosis pada tulang

Ternyata, ada banyak faktor yang menyebabkan pasangan suami istri lama tidak mendapatkan keturunan, ya? Apabila kamu mengalaminya, segera periksa ke dokter untuk mengetahui masalah mana yang sedang dihadapi.

Untuk membaca lebih banyak artikel tentang kesehatan, kamu bisa unduh aplikasi Qupas. Sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store, lho!

0 Comment