Bukan Hanya Mudik, Tradisi Lebaran dari Berbagai Negara Ini Juga Unik dan Asyik

05 June 2019, at 17:00
1
0
Bukan Hanya Mudik, Tradisi Lebaran dari Berbagai Negara Ini Juga Unik dan Asyik

Siapa sih orang Indonesia yang nggak mengenal istilah mudik saat Hari Raya Idul Fitri tiba? Bahkan, masyarakat yang nggak memeluk agama Islam pun turut melakukan tradisi tersebut.

Akan tetapi, ternyata nggak semua negara melakukan ritual yang sama untuk merayakan hari lebaran lho.

Berikut ini tradisi unik lebaran di 5 negara yang berbeda dari Indonesia. Kamu harus tahu!

Baca Juga: Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Berbagai Daerah Indonesia, Sudah Tahu?

1. Arab Saudi

arab saudi
blogunik.com

Arab Saudi merupakan sebuah negara yang kental dengan suasana muslim dan mayoritas masyarakatnya pun menganut agama Islam.

Berbeda dari Indonesia yang merayakan Idul Fitri dengan pulang ke kampung halaman dan berbagai jajanan khas. Masyarakat Arab Saudi justru merayakannya dengan berbagai pentas kesenian dan musik.

Pada momen lebaran, kamu nggak akan sulit menjumpai pertunjukan musik, teater, pembacaan puisi, bahkan parade-parade yang menhiasi jalanan bak perayaan sepak bola.

2. China

china
ghumi.id

China merupakan negara dengan populasi terbesar di dunia. Akan tetapi Islam bukanlah agama mayoritas di negara Tirai Bambu tersebut.

Meskipun demikian, masyarakat China ternyata memiliki tradisi unik untuk merayakan lebaran lho.

Pada hari tersebut, mereka akan mengunjungi makam leluhur dengan laki-laki mengenakan jas serta kopiah sedangkan perempuan mengenakan baju hangat dengan kepala setengah tertutup hijab.

Baca Juga: Lagi-lagi Heboh, China Bikin Pembangkit Listrik dengan Bentuk Unik

3. India

india
blogunik.com

Masyarakat India memiliki tradisi perayaan lebaran dengan mengunjungi kota Delhi. Ibu kota negara tersebut dianggap sebagai pusat perayaan Idul Fitri yang semarak.

Selain itu, ada juga hidangan yang nggak pernah terlewat dalam perayaan tersebut yaitu siwaiyaan, yaitu bihun kering manis yang dihidangkan dengan susu. Unik ya?

4. Australia

australia
blogunik.com

Meskipun bukan negara dengan mayoritas masyarakat muslim, namun Negeri Kanguru ini tetap menetapkan lebaran sebagai hari libur nasional.

Bahkan, pemerintah memperbolehkan masyarakat Islam untuk menggunakan jalan raya saat melakukan ibadan salat Ied.

Masyarakat muslim di Australia biasanya memiliki tradisi untuk melakukan Open House supaya bisa berbagi dengan yang lainnya dan merayakan bersama-sama.

5. Turki

turki
zawya.com

Masyarakat Turki memiliki festival gula sebagai bentuk perayaan Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut mirip dengan tradisi sungkeman di Indonesia.

Anak-anak kecil akan sungkem kepada orang tua dan setelah itu mendapatkan hadiah berupa cokelat atau permen.

Nah, seru-seru ya Sobat Qupas perayaannya. Jadi tahun ini kamu mudik ke mana?

0 Comment