Bukan Hanya Sinar Matahari, Ini Penyebab Flek Hitam yang Jarang Kamu Sadari

24 March 2019, at 20:00
0
0
Bukan Hanya Sinar Matahari, Ini Penyebab Flek Hitam yang Jarang Kamu Sadari

Flek hitam termasuk masalah yang paling dikeluhkan para wanita karena mampu mengubah tampilan wajah yang  cerah jadi terlihat gelap dan kusam. Usut punya usut, penyebabnya pun beragam.

Salah satu yang paling umum adalah karena paparan sinar UV secara langsung. Tapi selain itu, masih banyak penyebab flek hitam di wajah yang masih jarang disadari lho.

Penasaran dengan penyebab bintik hitam yang terus berdatangan? Yuk simak uraiannya berikut ini!

1. Polusi

polusi penyebab flek hitam
stocksy.com

Bila kamu tinggal di kawasan perkotaan, polusi bisa jadi penyebab flek hitam di wajahmu. Polusi pada dasarnya bisa mengiritasi, menimbulkan infalamasi, dan merusak lapisan kulit.

Untuk melawan kerusakan karena efek lingkungan ini, sel akan memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan. Inilah yang akhirnya membentuk noda hitam di wajah.

2. Penggunaan kosmetik yang salah

kesalahan makeup penyebab flek hitam
instagram.com/lamicabeauty

Produk makeup yang dijual di pasaran memang difungsikan untuk mempercantik diri. Namun di satu sisi, beberapa kosmetik yang mengandung parfum dan pewarna tambahan juga berpotensi menimbulkan fotosensitivitas.

Fotosensitivitas adalah keadaan saat kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalnya, penggunaan blush atau produk highlighter yang salah bisa saja memicu timbulnya bintik hitam di area pipi ataupun hidung.

3. Bekas jerawat

bekas jerawat penyebab flek hitam
stylecraze.com

Tanpa disentuh pun, jerawat bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan hiperpigmentasi. Apalagi tipe cystic acne.

Peradangan hebat pada cystic acne akan merusak produksi kolagen dan lemak di bawah kulit. Hal ini yang akan membentuk bekas luka termasuk noda hitam di permukaan kulit.

4. Iritasi kulit

iritasi kulit penyebab flek hitam
stylecraze.com

Secara reflek, tanganmu pasti akan segera menggaruk muka yang gatal. Namun apabila kurang berhati-hati, tindakan ini bisa menyebabkan kulit jadi iritasi.

Akibatnya lapisan kulit bisa rusak dan sebagai mekanisme pertahanan, produksi melanin akan semakin meningkat. Akhirnya noda hitam di wajah akan terbentuk.

Parahnya, bila noda ini terpapar sinar matahari secara terus menerus, maka akan sangat susah untuk hilang.

Baca juga: Kiat Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami, Hanya Perlu Waktu Singkat

5. Kekurangan Vitamin E

kurang vitamin e penyebab flek hitam
drweil.com

Selama ini, vitamin E dikenal memiliki manfaat yang luar biasa banyak untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah pada kulit. Seperti memperbaiki bekas luka, mengusir tanda penuaan, hingga menghilangkan noda.

Nah, penyebab bintik hitam di wajahmu mungkin juga disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin E. Selain itu, vitamin B12 juga bisa memengaruhi hiperpigmentasi pada kulit.

6. Konsumsi obat tertentu

mengonsumsi pilk kb jadi penyebab flek hitam
lifecharity.org.uk

Beberapa obat-obatan ternyata juga bisa jadi penyebab timbulnya bintik hitam di wajah. Terutama yang mengandung difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin.

Selain itu, efek samping dari pil KB juga seringkali menimbulkan terbentuknya noda hitam di wajah. Karena kandungan di dalamnya akan memengaruhi hormon yang berhubungan langsung dengan hiperpigmentasi.

7. Pengaruh hormon

pengaruh hormon jadi penyebab flek hitam
parents.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hormon juga bisa ikut andil untuk menghadirkan flek hitam. Beberapa diantaranya adalah hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormon).

Munculnya noda hitam di wajah akibat pengaruh hormon biasanya dialami oleh ibu hamil yang menginjak trisemester ketiga.

8. Faktor genetik

faktor genetik jadi penyebab flek hitam
vogue.com

Penyebab bintik hitam di wajah kerap dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Dari sebuah penelitian, kemungkinannya bahkan berkisar antara 20-70 persen.

Jadi, bila sang ibu rentan terkena noda hitam, maka anaknya bisa jadi akan mengalami hal yang sama.

Nah, itulah beberapa penyebab flek hitam di wajah selain dari paparan sinar matahari langsung. Untuk itu, jangan malas untuk selalu menjaga kecantikan wajahmu atau segera cari cara menghilangkan noda hitam dari wajahmu.

0 Comment