Bukan Hanya Usia Matang, 5 Hal Ini Dimiliki oleh Orang yang Siap Menikah, Kamu Punya?

30 March 2019, at 01:00
0
0
Bukan Hanya Usia Matang, 5 Hal Ini Dimiliki oleh Orang yang Siap Menikah, Kamu Punya?

Pernikahan merupakan sesuatu yang megah dan sakral. Sebagai sebuah janji, kehidupan rumah tangga menjadi sesuatu yang seharusnya dijalani dengan penuh kesiapan.

Banyak orang yang memutuskan menikah karena usia atau tuntutan dari orang-orang sekitar. Padahal, hal ini bisa menjadi bumerang saat menjalankan kehidupan pernikahan.

Selain usia matang, hal-hal berikut ini harus dimiliki oleh orang yang ingin menikah. Jika sudah punya, berarti kamu sudah siap.

Baca Juga: Manusia Hanya Bisa Jatuh Cinta Secara Tulus 3 Kali, Sudah Mengalami?

1. Mencintai Diri Sendiri

mencintai diri sendiri
pexels.com/@olly

Salah satu tanda bahwa kamu sudah siap menikah adalah mencintai diri sendiri. Hal tersebut sangat penting untuk dimiliki sebelum berbagi kehidupan dengan orang lain.

Bisa mencintai diri sendiri berarti bisa menerima, menghargai, dan berbahagia. Kondisi inilah yang nantinya akan membantu mempermudah hubungan, seperti komunikasi, saling mengerti dan mendengarkan.

bisa mencintai diri sendiri
pexels.com/@chloekalaartist

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois, seperti yang sering dikatakan orang bahwa yang paling berhak mendapatkan cintamu adalah dirimu sendiri.

Dengan begitu, berarti kamu sudah bahagia dan siap untuk mencintai serta membagi kebahagiaan tersebut dengan orang lain.

2. Memiliki Toleransi Terhadap Pasangan

memiliki toleransi terhadap pasangan
pexels.com/@van-th-ng-619951

Toleransi merupakan hal yang penting dalam sebuah hubungan, baik itu dalam persahabatan, kekeluargaan, maupun asmara.

Setiap individu berbeda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dengan pasangan, kamu harus memiliki toleransi padanya untuk menerima hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu.

memiliki toleransi tinggi
pexels.com/@thomasleeward

Hal ini akan mempermudahmu dan pasangan dalam hal mencari solusi atau menyelesaikan masalah yang hadir diantara kalian berdua karena sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Bukan hanya kamu saja, dalam hubungan toleransi harus dimiliki oleh kedua belah pihak. Sehingga, dapat saling memahami dan memaklumi kekurangan masing-masing.

3. Bisa Membicarakan Masalah

bisa membicarakan masalah
pexels.com/@duardoiv

Bisa membicarakan masalah adalah tanda ketiga yang dimiliki oleh orang yang sudah siap menikah. Ini karena pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan tidak dapat diremehkan.

Masalah yang muncul dalam hubungan suami-istri akan lebih rumit dan melelahkan dibandingkan batu-batu sandungan saat masih pacaran.

Itulah mengapa seseorang disebut sudah siap menikah apabila memiliki kemampuan untuk membicarakan masalah.

bisa berdiskusi tentang masalah
pexels.com/@freestockpro

Hal ini menandakan kamu sudah memiliki mental yang kuat dan tidak egois. Segala sesuatu yang hadir dan berpotensi merusak rumah tangga harus dibicarakan bersama-sama untuk mendapatkan solusi yang paling tepat.

Jika kamu masih tidak bisa membicarakan masalah untuk mencari jalan keluar dengan kepala dingin dan emosi yang terkontrol, hal ini justru akan menambah masalah baru di pernikahanmu.

Baca Juga: Gak Melulu Tentang Pesat, 5 Persiapan Pernikahan yang Penting Ini Sering Diabaikan

4. Tidak Mencari yang Sempurna

tidak mencari yang sempurna
pexels.com/@pixabay

Salah satu tanda bahwa kamu sudah siap menikah adalah ketika tidak mencari yang sempurna dan mau menerima kekurangan seseorang.

Selain itu, kamu juga tidak menuntut pasangan untuk menjadi sosok yang selama ini kamu harapkan dan bayangkan.

bisa menerima seutuhnya
pexels.com/@freestocks

Tidak ada orang yang sempurna, namun dengan penerimaan yang hadir dalam diri masing-masing maka kamu dan pasangan bisa mengisi kekurangan satu sama lain.

Kamu sudah siap menikah apabila meskipun hubunganmu jauh dari kata sempurna, namun kamu dan pasangan merasakan nyaman yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata.

5. Mampu Mengatur Keuangan

mengatur keuangan
pexels.com/@moose-photos-170195

Tanda seseorang sudah siap menikah yang satu ini cenderung harus dimiliki oleh perempuan. Hal ini karena istrilah yang biasanya mengatur keuangan serta kebutuhan sehari-hari.

Hal ini sangat penting untuk dimiliki karena masalah keuangan bisa menjadi sesuatu yang sensitif dan menjadi faktor perusak rumah tangga.

mampu mengatur keuangan
pexels.com/@rawpixel

Apabila kamu sudah mampu mengatur keuangan dengan baik, maka tandanya kamu sudah siap untuk menuju jenjang selanjutnya yaitu pernikahan.

Itu dia Sobat Qupas 5 hal yang dimiliki oleh orang-orang yang sudah siap menikah. Kamu sudah punya yang mana?

Baca Juga: Pernah Mimpi Menikah? Ini Lho Artinya...

Jika memang belum memilikinya, ada baiknya jika kamu mempertimbangkan kembali keputusan untuk menikah karena hal tersebut memiliki risiko yang besar dan bersifat sakral.

Mulailah belajar untuk mencintai diri sendiri dan 4 hal lainnya agar siap menghadapi pernikahan.

0 Comment