Bukan HIV/AIDS, Ini 8 Penyakit Paling Mematikan di Dunia

29 April 2019, at 07:00
1
0
Bukan HIV/AIDS, Ini 8 Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Mungkin sebagian besar orang di dunia menganggap bahwa masalah kesehatan atau penyakit yang paling mematikan dan banyak merengguta nyawa adalah HIV/AIDS.

Padahal, menurut data-data yang dilampirkan secara resmi oleh World Health Organizer (WHO) HIV/AIDS bahkan nggak masuk di angka 8 tertinggi lho.

Meskipun demikian, nggak berarti penyakit tersebut ringan ya. HIV/AIDS dapat membuat sistem kekebalan tubuh nggak bekerja sehingga penyakit apapun dapat dengan mudah menyerang.

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Bisa Menyerang Saat Pergantian Musim

Lantas apa saja 8 penyakit paling mematikan menurut organisasi kesehatan dunia tersebut?

1. Penyakit Jantung Iskemik

penyakit jantung
independent.co.uk

Penyakit jantung iskemik dapat juga disebut sebagai penyakit arteri koroner. Masalah kesehatan serius ini merupakan yang paling berbahaya dan paling umum menyerang.

Pada tahun 2015 terdapat 8,8 juta orang yang meninggal akibat penyakit tersebut, sedangkan pada tahun 2016 angkanya meningkat menjadi 9 juta.

2. Stroke

stroke
medicalnewstoday.com

Tahukah kamu, 11,1 perpen populasi di dunia ini mengalami penyakit stroke setiap tahunnya. Nggak cuma membunuh, tapi masalah kesehatan ini juga membuat penderitanya mengalami kecacatan dalam waktu yang lama.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sebanyak 93 persen orang merasakan gejala stroke namun hanya 38 persen saja yang memahami dan melakukan pencegahan.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

infeksi saluran pernapasan
honestdocs.id

Infeksi daluran pernapasan bawah adalah infeksi yang terjadi di paru-paru dan sistem pernapasan. Hal ini dapat disebabkan oleh flu, bronkitis, pneumonia, dan tuberkulosis.

Menurut WHO, masalah kesehatan ini menjadi pembunuh nomor 1 pada negara berkembang dan memiliki penghasilan rendah.

4. Diabetes Militus

diabetes
dailypost.ng

Siapa sih yang nggak tahu penyakit yang satu ini. Penderita diabetes militus membutuhkan suntikan insulin karena tubuhnya nggak mampu memproduksi hormon tersebut.

WHO menyebutkan bahwa penderita yang berasal dari negara berkembang dan berpenghasilan rendah memiliki risiko yang cukup besar pada kematian.

Baca Juga: Anak Muda Juga Bisa Terserang Diabetes, Hindari Gejalanya

5. Dehidrasi karena Diare

diare
matanaga.com

Sering dianggap sepele, ternyata dehidrasi karena diare merupakan penyebab kematian yang cukup serius lho.

Oleh sebab itu jangan pernah menyepelekan masalah kesehatan ini dan konsumsi air secara cukup agar terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan.

6. Alzheimer dan Demensia

demensia
mcgill.ca

Penyakit ini merupakan pembunuh manusia nomor 7 pada tahun 2015, akan tetapi angkanya terus meningkat setiap tahun.

Alzheimer dan demensia merupakan masalah kesehatan yang dapat merenggut nyawa dan ingatan penderita. Faktor keturunan sangat berpengaruh pada penyakit ini.

7. Tuberkulosis

tuberkulosis
pixelproposal.com

Penyakit tuberkulosis disebabkan oleh bakteri bernama mycobacterium tuberculosis. Sebanyak 35 persen penderita HIV meninggal karena masalah kesehatan ini.

Kamu bisa mencegah penyakit tuberkulosis dengan mendpatkan vaksinasi bacillus Calmette-Guerin.

8. Kanker Paru-Paru, Trakea, dan Bronkus

kanker pernapasan
food.detik.com

Kanker pernapasan yang meliputi paru-paru, trakea, dan bronkus juga merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Hal ini dapat disebabkan oleh gaya hidup nggak sehat seperti merokok dan lain sebagainya. Lingkungan yang banyak polusi juga dapat memicunya.

Nah, itu dia Sobat Qupas 8 penyakit paling mematikan di dunia WHO yang harus kamu ketahui agar dapat mencegahnya sejak dini.

0 Comment