Bukan Karena Malas Keramas, Ini Lho 5 Penyebab Ketombe Semakin Parah

27 August 2019, at 18:00
0
0
Bukan Karena Malas Keramas, Ini Lho 5 Penyebab Ketombe Semakin Parah

Salah satu masalah rambut yang sering membuat orang frustasi adalah ketombe. Karena tampilannya yang berupa serpihan putih terkadang bisa berjatuhan ke bahu dan sering menimbulkan rasa gatal.

Selama ini, banyak yang mengira jarang keramas jadi sebab musabab munculnya ketombe. Nggak sepenuhnya salah memang, tapi ada beberapa hal yang tanpa disadari juga bisa memicu ketombe untuk datang.

Nah, sebelum buru-buru mengatasinya, coba intip dulu yuk apa sih yang menjadi penyebab ketombe membandel, seperti berikut ini.

1. Stres

penyebab ketombe gatal
hearstapps.com

Kamu mungkin sudah tahu, stres bisa mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Tapi lebih dari itu, kondisi ini ternyata juga memicu timbulnya ketombe lho.

Bahkan stres juga menyebabkan rasa gatal yang diakibatkan oleh ketombe semakin menjadi. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan relaksasi.

Misalnya dengan melakukan yoga, jalan santai, atau meditasi.

2. Kekurangan nutrisi

penyebab ketombe membandel
seoulmamas.com

Ketombemu gatal dan susah hilang? Coba benahi pola makanmu. Karena salah satu penyebab ketombe yang jarang disadari adalah kurangnya lemak tak jenuh, zinc, vitamin B, protein, dan zat besi.

Kekurangan lemak tak jenuh akan membuat kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak dan menyebabkan ketombe semakin parah.

Untuk itu, konsumsi alpukat, kacang-kacangan, oatmeal, telur, dan pisang sangat disarankan bagi yang bermasalah dengan ketombe membandel.

Baca juga: Sangat Sepele, Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Merusak Rambut

3. Cuaca

penyebab ketombe kering
beautycrew.com.au

Cuaca dingin sering menjadi penyebab bibir kering. Dan ternyata, kondisi ini juga kerap membuat rambut jadi muncul ketombe dan berkerak lho.

Kala cuaca sedang dingin, kamu bisa memanfaatkan essential oil ataupun masker untuk menutrisi dan menjaga kelembaban rambut supaya terhindar dari ketombe ataupun rambut kering dan bercabang.

4. Jamur

penyebab ketombe
hearstapps.com

Dalam beberapa kasus, Seborrheic Dermatitis sering disangka sebagai ketombe. Masalah yang umumnya muncul akibat faktor genetik ini dipicu oleh produksi jamur Malassezia furfur yang berlebihan di kulit kepala.

Untuk menanganinya, kamu bisa membatasi konsumsi produk olahan susu dan camilan asin. Sebagai alternatif lain, memakai produk perawatan rambut yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulphide, ketoconazole, dan piroctone olamine juga disarankan.

5. Produk perawatan rambut

produk perawatan rambut
instagram.com/thebodyshop

Berbagai produk hair treatment seperti shampo, kondisioner, masker, ataupun serum memang ditujukan untuk merawat kecantikan rambut.

Tapi beberapa kandungan di dalamnya yang nggak cocok dengan kulit kepalamu justru bisa memicu munculnya ketombe. Baiknya lebih selektif lagi ketika memilih produk yang ingin kamu pakai dan perhatikan komposisinya secara seksama.

Nah, itulah beberapa penyebab ketombe yang jarang disadari. Ternyata bukan cuma malas keramas saja, tapi berbagai hal sepele hingga produk perawatan rambut juga bisa memicu masalah ini.

0 Comment