Bukan Karena Matre, Pernikahan Adat Ini Memiliki Aturan Mahar yang Mahal

22 January 2019, at 08:00
0
0
Bukan Karena Matre, Pernikahan Adat Ini Memiliki Aturan Mahar yang Mahal

Ungkapan bahwa menikah itu murah ternyata tidak berlaku di beberapa daerah. Orang-orang dengan ada-istiadat yang masih kental menganggap pernikhan adalah hal yang sangat sakral.

Oleh karena itu, harus dilaksanakan dengan teliti, megah, dan tentu saja mahal. Bukan karena matre dan lain sebagainya. Beberapa daerah ini telah menetapkan jumlah mahar dengan patokan yang tidak terduga.

Itulah mengapa, maharnya bisa saja murah namun bisa juga menjadi sangat mahal. Mau tahu berapa harga maharnya? Yuk intip 5 pernikahan adat dengan mahar termahal berikut ini.

1. Suku Bugis

pernikahan suku bugis uang panai
id.pinterest.com/bilqhis

Suku Bugis menggunakan istilah “uang panai” untuk mahar. Uang panai sebenarnya adalah dana belanja. Besarnya sendiri menyesuaikan dengan tingkat pendidikan calon istri.

Perempuan dengan pendidikan tinggi akan mendapatkan mahar termahal.

pernikahan suka bugis
thebridedept.com

Pernikahan adat suku Bugis sebenarnya menerapkan mahar sedemikian rupa untuk melihat seberapa serius pihak laki-laki. Perempuan dengan tingkat pendidikan S1 bisa mendapatkan sampai 100 juta rupiah sebagai uang panai.

Hal ini juga sebagai pengharapan agar pihak pria tidak mudah menceraikan istrinya. Apalagi mengingat betapa sulit persyaratan untuk menikahinya.

2. Aceh

pernikahan aceh
seputarpernikahan.com

Orang Aceh tidak mengenal mahar berupa uang. Bagi mereka, mahar biasanya disebut dengan “mayam”. Mayam sendiri berbentuk emas dengan ukuran tertentu. Satu mayam berukuran setara degan 3,3 gram emas.

mayam aceh
thenational.ae

Biasanya pihak laki-laki akan memberikan sebanyak 3 sampai 30 mayam kepada pihak perempuan. Apabila memberikan yang paling sedikit saja, maka pihak perempuan sudah mendapatkan sekitar 10 gram emas.

Bisa dibayangkan bagaimana jika lebih banyak daripada itu?

3. Sasak, Lombok

pernikahan adat sasak lombok
nurudin2010.wordpress.com

Masyarakat Sasak di Lombok, NTB, menerapkan mahar yang cukup sulit. Jumlahnya harus disesuaikan dengan jarak rumah, tingkat pendidikan, dan pekerjaan. Selain itu, ada skenario yang juga harus dimainkan oleh kedua belah pihak.

mahar sasak lombok
parade.com

Sebelum menikah,pihak pria harus menculik calon istrinya. Setelah itu, keluarga pria akan datang ke rumah calon mempelai wanita untuk mengatakan bahwa anak mereka ada di rumahnya.

Pada saat ini lah terjadi tawar-menawar mahar. Mahar tidak berupa uang atau emas, melainkan sapi, kerbau atau beras.

Baca Juga: Selain Sandal Jepit, 8 Mahar Ini Menjadi Bukti Bahwa Menikah Tidak Semahal Gengsi

4. Banjar

pernikahan adat banjar
seputarpernikahan.com

Orang banjar mengenal mahar dengan istilah “jujuran”. Berupa uang dan emas, hal ini sekaligus dapat menunjukkan kesungguhan calon suami. Jujuran menjadi prosesi wajib dan dibicarakan setelah lamaran.

jujuran banjar
idangpriadi.wordpress.com

Jumlah dari jujuran bisa sangat besar. Proses pemberian mahar ini hampir sama dengan seserahan. Nantinya, keluarga pihak laki-laki datang ke rumah pihak perempuan untuk memberikannya.

5. Padang Pariaman

padang pariaman
takaitu.com

Pada daerah ini, bukan pihak laki-laki yang harus memberikan mahar. Dikenal dengan nama “japuik”, mahar ini diberikan oleh pihak perempuan pada calon suaminya. Selain itu, mempelai pria juga dijemput oleh mempelai wanita.

japuik padang
bundogroupdotcom.wordpress.com

Saat proses menjemput ini lah japuik harus diberikan. Jenis mahar bisa berupa uang atau barang yang jumlah dan bentuknya sudah disepakati bersama. Semakin tinggi status adat calon suami maka jumlahnya akan semakin besar.

Bagaimana, ada daerahmu tidak? Sebaiknya mulai bersungguh-sungguh menabung mulai dari sekarang. Perhitungkan berapa mahar yang harus kamu berikan.

Pernikahan adat memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, tradisi tersebut memang lebih sakral dan memiliki makna yang mendalam, sehingga perlu dilestarikan.

Ingin membaca artikel tentang hubungan lainnya? Kamu bisa unduh aplikasi Qupas di Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga.

0 Comment