Bukan Karena Mau Dapat Uang, ini Penyebab Mata Kedutan

31 December 2018, at 07:00
1
0
Bukan Karena Mau Dapat Uang, ini Penyebab Mata Kedutan

Banyak orang yang mengatakan bahwa jika kamu mengalami kedutan, maka itu adalah pertanda bahwa kamu akan dapat uang.

Tetapi benarkah demikian? Dalam istilah kedokteran kedaan kedutan ini disebut “myokymia”.

Kondisi kelopak mata dan mata yang berkedut tersebut sudah umum dialami oleh kebanyakan orang. Tetapi masih banyak yang belum tahu apa penyebabnya.

So, ini dia 8 penyebab umum yang bisa membuatmu merasakan kedutan!

1. Stres

stres
pexels.com

Nampaknya stres memang banyak memiliki pengaruh terhadap kesehatan fisik. Kondisi psikologis ini bisa menyebabkan sakit kepala, depresi, dan lain sebagainya bahkan kedutan.

Hal ini karena tubuh setiap orang merespon stres dengan cara yang berbeda-beda, kedutan merupakan salah satu diantaranya.

2. Kelelahan

kelelahan
pexels.com

Kelelahan atau kekurangan tidur juga bisa menjadi alasan munculnya kedutan. Entah kekurangan tidur tersebut disebabkan oleh stres atau hal lain, akan tetapi itu akan berpengaruh pada kesehatan mata.

Sebaiknya kamu tidur yang cukup, ya.

3. Mata Tegang

mata tegang
pexels.com

Mata tegang bisa terjadi ketika kamu membutuhkan atau mengganti kaca mata. Masalah kesehatan ini bisa saja terjadi ketika indera penglihatan bekerja terlalu berat, termasuk masalah kedutan.

Tegangnya mata bisa saja terjadi karena penggunaan komputer, hp, tablet dan lain sebagainya yang berlebihan.

4. Kafein

kafein
pexels.com

Kamu suka minum kopi dan kamu sering kedutan? Pantas saja!

Ternyata terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat berpengaruh pada mata dan membuat kedutan, lho.

Baca Juga: Pernah Alami Mata Merah Tapi Tidak Sakit? Ternyata Karena...

5. Alkohol

alkohol
pexels.com

Selain tidak baik bagi lambung, ginjal, dan bagian tubuh lainnya. Ternyata alkohol juga tidak baik untuk mata. Mengonsumsi alkohol dapat memicu getaran-getaran pada mata dan kelopak mata yang merupakan kedutan.

6. Mata Kering

mata kering
pexels.com

Kedutan juga dapat menjadi indikasi bahwa matamu sedang kering dan butuh cairan lebih. Jika demikian, sebaiknya kamu segera memberikan tetes mata.

Mata kering bisa terjadi karena terlalu banyak berada di depan laptop atau hp. Selain itu stres juga  bisa memicu mata kering.

7. Ketidakseimbangan Nutrisi

ketidakseimbangan nutrisi
pexels.com

Beberapa penelitian menemukan bahwa jika kamu kekurangan nutrisi tertentu, seperti magnesium, maka dapat terjadin kejang urat di kelopak mata.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kekurangan nutrisi bisa menjadi salah satu penyebab mata kedutan.

8. Alergi

alergi
pexels.com

Ternyata alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab kedutan, lho.

Jadi jangan senang dulu jika kamu kedutan, bukan mendapatkan uang justru kamu harus mengeluarkan uang karena harus mengobati alergimu.

Nah, itu dia 8 penyebab mata berkedut yang harus kamu ketahui. Jangan melulu termakan mitos, ya! Sebab kedutan memiliki penyebab dan dapat diterangkan melalui medis kok.

Jika kedutan datang sesekali dan dalam waktu yang singkat saja, hal tersebut sangat normal. Akan tetapi jika terjadi terus-menerus, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter.

0 Comment