Bukan Karena Suka Mengintip, Ini Lho Fakta Mata Bintitan yang Harus Kamu Tahu

21 March 2019, at 08:00
1
1
Bukan Karena Suka Mengintip, Ini Lho Fakta Mata Bintitan yang Harus Kamu Tahu

Bintitan merupakan kondisi adanya sebuah bintil yang mirip jerawat atau bisul di kelopak mata. Biasanya hal ini terjadi di salah satu mata saja dan terasa mengganjal serta menyakitkan.

Penyakit yang disebut sebagai hordeolum dalam bahasa medis ini pada umumnya tidak berdampak secara serius pada penglihatan seseorang.

Bintitan tidak hanya bisa muncul di tepi bagian luar kelopak mata, melainkan juga bisa tumbuh di bagian dalam yang tentunya akan lebih menyakitkan.

Baca Juga: Mata Merah Tetapi Tidak Sakit? Ternyata Karena Ini

Banyak orang yang masih sering salah paham mengenai masalah kesehatan yang satu ini. Oleh sebab itu, berikut ini fakta-fakta mengenai bintitan yang harus kamu ketahui.

1. Penyebab Bintitan

morehealthy.ru

Kebanyakan orang pasti pernah melontarkan lelucon tentang penyebab bintitan, yaitu karena mengintip orang. Akan tetapi, yang menyebabkan bitil di kelopak mata sebenarnya adalah bakteri Staphylococcus.

Bakteri tersebut dapat hidup di kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit. Namun, risiko bintitan akan meningkat ketika menyentuh mata dengan tangan kotor.

pikfox.com

Beberapa infeksi akibat bakteri yang memicu bintitan yaitu yang terjadi pada akar bulu mata, kelejar minyak, dan kelenjar keringat.

Selain itu, bintitan juga dapat terjadi apabila terdapat peradangan pada kelopak mata atau blefaritis yang disebabkan oleh bakteri atau komplikasi penyakit kulit rosaseae.

Bintitan juga mungkin akan muncul ketika menggunakan kosmetik mata yang kadaluarsa, tidak membersihkan kosmetik menjelang tidur, dan menggunakan lensa kontak yang tidak steril.

2. Gejala Bintitan

expressen.se

Gejala bintitan mudah terdeteksi karena adanya benjolan merah kecil mirip jerawat atau bisul pada pinggir kelopak mata.

Pada umumnya, masalah kesehatan ini disertai dengan beberapa kondisi seperti mata berair, memerah, serta kelopak yang bengkak dan terasa nyeri.

bobo.grid.id

Masalah kesehatan ini biasanya tidak membutuhkan penanganan khusus dan dapat disembuhkan dengan perawatan rumah atau dengan sendirinya.

Meskipun demikian, semua penyakit selalu memiliki risiko yang lebih buruk sehingga tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter apabila gejala tersebut tidak menunjukkan perkembangan setelah beberapa hari.

Baca Juga: Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

3. Cara Mengobati Bintitan

cara mengobati bintitan
prelo.co.id

Bintitan merupakan masalah kesehatan yang bisa sembuh dengan sendirinya setelah benjolan kecil yang menyiksa tersebut pecah dan mengeluarkan nanah. Jangan memecahkannya dengan paksa karena bisa menyebarkan infeksi.

Penderita bintitan dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Menjaga kesehatan mata
  • Tidak memakai kontak mata atau kosmetik
  • Mengompres mata dengan air hangat
  • Atau mengonsumsi obat pereda rasa nyeri untuk mengurangi rasa tidak nyaman

rd.com

Jika sudah melakukan semua itu namun bintitan tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengeluarkan nanah agar tekanan berkurang dan mengidentifikasi adanya risiko penyakit lain.

Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik sebagai penunjang pengobatan, terutama apabila terdapat komplikasi seperti adanya infeksi pada jaringan di sekitar mata.

4. Pencegahan Bintitan

anniepannie.com

Sebenarnya mencegah mata bintitan tidaklah sulit. Namun membutuhkan keteliatian dan ketelatenan dalam melakukannya.

Hal ini karena beberapa orang biasanya tidak terlalu peduli dengan kebersihan tangan dan lain sebagainya yang mengenai mata. Padahal, mencuci tangan sebelum menyentuh mata sangat penting untuk dilakukan.

 

shutterstock.com

Selain itu, usahakan untuk tidak menggosok mata yang bisa menyebabkan iritasi, selalu pastikan bahwa lensa kontak atau kosmetik yang digunakan steril dan tidak kadaluarsa.

Nah, itu dia fakta-fakta tentang mata bintitan yang harus kamu ketahui. Bukan karena mengintip, namun masalah kesehatan mata tersebut ternyata disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi dengan berbagai faktor.

Mulai sekarang, selalu perhatikan kebersihan dan kesehatan mata karena indera tersebut merupakan jendela dunia.

1 Comment
Andhika Maheva Wicaksono
21/03 - 08:18
Kemarin sempat bintitan juga, yang penting jangan dikucek 😞