Bukan Menikah, Tapi 5 Hal Inilah Harus Tercapai Sebelum 30 Tahun

23 August 2018, at 02:27
1
0
Bukan Menikah, Tapi 5 Hal Inilah Harus Tercapai Sebelum 30 Tahun

Menjelang usia 30 tahun, banyak orang yang masih mengalami krisis kepercayaan diri. Mulai dari belum mapan hingga mengalami berbagai kegagalan dalam mencapai tujuan hidupnya. Di usia ini, juga puncak kehidupanmu berproses. Kamu bisa berkarya sebebasnya dan mengekspresikan hidupmu seseuai keinganan.

Tolok ukur kesuksesan masing-masing orang memang berbeda. Tapi kamu tak perlu melihat sepeberapa sukses orang melihatmu. Jalanilah hidupmu sesuai dengan tujuanmu agar kamu tak menjalani penyelesan di masa tua nantinya. Pastikan sebelum usia 30 tahun kamu sudah mencapai lima hal ini!

Baca Juga:10 Kata Motivasi yang Bikin kamu Semangat Setelah Patah Hati

1. Berdamai dengan diri sendiri 

30 tahun
pixabay.com

Di usia yang sekarang kamu pasti sudah merasakan ragam manis pahitnya hidup. Mulai dari keluarga, pendidikan, karir hingga kehidupan pribadimu. Tak semua kenangan hidup kamu berjalan mulus, ada titik dimana kamu merasa harus menyerah dalam hidup.

30 tahun
pixabay.com

Memang tak mudah untuk menggapai semuai yang kita inginkan. kamu harus bisa berdamai dengan dirimu sendiri agar hidupmu terus bangkit. Kamu boleh sesekali mengenang pahitnya masa lalu, namun jadikan semua itu sebagai motivasi agar hidupmu lebih baik lagi.

2. Berdiri di atas kaki sendiri secara finansial dan psikologis 

30 tahun
pexels.com

Kamu pasti paham jika kini kamu tak lagi bisa seenaknya meminta uang kepada orang tua. Jika dahulu kamu dengan eanknyabisa bebas meminta uang, maka kini kamu harus berusaha untuk mencukupi kebutuhan finansial sendiri, bagiamanapun caranya selama dalam koridor yang positif.

30 tahun
pixabay.com

Dari segi psikologis, kamu sadar bahwa kini pemikiranmu sudah gak labil lagi. Kamu bisa memutuskan apa yang terbaik dalam hidupmu, hingga akhirnya kamu tak mengulang penyesalan di masa lalu. Menerima saran boleh kamu lakukan selama hal tersebut tak bertentangan dengan nurani. 

3. Bukan tentang banyak teman, tapi kamu punya teman yang benar-benar berkualitas

30 tahun
pixabay.com

Jika ada pepatah yang mengatakan jika carilah teman sebanyak-banyaknya, maka kali ini kamu harus lebih selektif dalam berteman. Lingkup pertemananmu kali ini harus berkualitas, pastikan kamu memiliki teman maupun sahabat yang bisa menerima semua yang ada pada dirimu.

30 tahun
pixabay.com

Teman banyak tak berlaku lagi di usiamu yang sekarang, karena kini kesuksesanmu ditentukan oleh seberapa mandiri perjuangan yang kamu lakukan. Kamu pasti sadar jika seiring waktu berlalu, hanya teman yang tuluslah yang akan bersamamu. 

Baca Juga: Jomblo Terus? Coba 4 Cara Jadi Lebih Menarik Ini Dalam Hitungan Hari!

4. Kamu sudah pernah merasakan traveling mandiri

30 tahun
pexels.com

Menjelang usia 30 tahun kamu belum pernah merasakan jalan-jalan sendiri? Lakukan sekarng juga. Solo traveling akan membuka wawasanmu tentang dunia. Kamu bisa melihat adanya ragam budaya, perbedaan sikap setiap orang dan pastinya pengalaman baru yang bisa kamu temui di belahan dunia lainnya.

30 tahun
pexels.com

Solo traveling berbeda dengan jalan bersama teman. Kamu akan merasakan titik dimana kamu tak punya siapapun untuk bersandar. Kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri aagar tetap bertahan dalam hal sulit sekalipun.

5. Lebih peduli terhadap kesehatan

30 tahun
shutterstock.com

Usiamu bukan lagi usia remaja yang masih memiliki sistem imun yang tinggi. Seiring bertambahnya usia, kesehatanmu perlahan menurun. Jika dahulu kamu bisa sebebasnya menyantap makanan, maka saat ini kamu harus lebih selektif lagi dalam mengonsumsi makanan.

30 tahun
shutterstock.com

Minimalisir konsumsi alkohol, kafein dan makanan cepat saji. Gaya hidup seperti ini akan berdampak buruk di masa tuamu nanti. Mulai sekarang, rajinlah mengonsumsi makanan yang sehat yang kelak untuk kebaikan hidupmu sendiri. Tentu kamu gak mau kan masa tuamu dibayangi dengan berbagai penyakit?

Itulah lima lal yang seharusnya sudah kamu capai sebelum 30 tahun. Jika semua sudah kamu capai, hidupmu telah sukses. Jika belum, maka lakukanlah sekarang juga. Hidup hanya berjalan sekali, buat karya yang akan membuatmu dikenang jika sudah tak lagi di dunia ini. 

0 Comment