Bukan Sekadar Camilan, Begini Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

10 November 2019, at 10:00
0
0
Bukan Sekadar Camilan, Begini Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Kacang tanah merupakan salah satu makanan yang seringkali dijadikan sebagai camilan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah berhasil membuat makanan ini banyak disukai.

Meskipun demikian, nggak banyak orang yang tahu bahwa kacang tanah memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan protein dan lemaknya bahkan diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho!

Dilansir dari boldsky.com, seseorang yang mengonsumsi kacang tanah secara rutin dengan porsi tepat akan memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Mengatasi Stres dan Depresi

stres
hellosehat.com

Siapa sangka, mengonsumsi kacang tanah secara rutin dapat memantu mengatasi stres dan depresi. Kandungan trytophan di dalamnya lah yang mengakibatkan hal tersebut.

Selain itu, kacang tanah juga bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia, nyaman, dan tenang sehingga baik bagi kamu yang mengidap gangguan kecemasan.

2. Mencegah Kanker

kacang tanah
tthemamacoach.ca

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak ditakuti. Untuk mencegah risiko terjadinya kanker, kamu bisa melakukan pola hidup sehat. olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Selain itu, konsumsi kacang tanah juga dapat membantu mencegah dan membunuh sel kanker karena mengandung asam p-coumatic lho!

3. Mengurangi Risiko Batu Empedu

manfaat kacang tanah
123rf.com

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung dalam kacang tanah bermanfaat untuk menurunkan risiko batu empedu.

Selain itu, makanan gurih ini juga dapat mencegah risiko berbagai infeksi yang dapat terjadi pada kantung empedu, hati, maupun organ dalam tubuh lainnya.

Baca Juga: Anak Muda Juga Berisiko Terserang Batu Ginjal, Apa Saja Penyebabnya?

4. Mengurangi Gula Darah

gula darah
hellosehat.com

Kacang tanah sepertinya merupakan salah satu makanan yang pas menjadi camilan bagi kamu penderita diabetes militus atau yang memiliki gula darah tinggi.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kacang tanah bermanfaat menurunkan gula darah karena mengandung mangan yang bisa menyerap kelebihan kalsium dan glukosa dalam tubuh.

5. Mengurangi Kolesterol

kolesterol
smartdetoxplus.net

Selain mengurangi gula darah, mengonsumsi kacang tanah ternyata juga bisa membantu menstrabilkan kolesterol tubuh lho! Kondisi tersebut dapat terjadi karena mono asam lemak tidak jenuh yang ada di dalamnya.

Dengan kadar kolesterol yang stabil, maka risiko serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya juga akan berkurang.

6. Mencegah Penuaan Dini

penuaan dini
lethow.com

Meskipun seringkali dianggap sebagai penyebab jerawat, namun nyatanya kacang bermanfaat untuk mencegah penuaan diri lho! Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya vitamin E dan B di dalamnya.

Vitain E pada kacang tanah mampu menghambat gejala-gejala penuaan seperti kulit kusam dan keriput, sedangkan vitamin B dipercaya bisa membuat kulit lebih cerah dan awet muda.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat kacang tanah yang harus kamu ketahui. Nggak perlu ragu lagi deh menjadikanya sebagai menu camilan andalanmu!

0 Comment