Qupas Weekend

Bukan Sekadar Hiburan, 6 Drama Korea Ini Angkat Isu Tentang Kesehatan Mental

08 June 2020, at 09:00
1
Bukan Sekadar Hiburan, 6 Drama Korea Ini Angkat Isu Tentang Kesehatan Mental

Beberapa waktu terakhie, masalah kesehatan mental menjadi isu penting yang sering dibicarakan. Bukan hanya secara formal, tema tersebut juga sering diangkat dalam sebuah karya baik novel, film, maupaun drama.

Berikut ini beberapa drama Korea tentang kesehatan mental yang nggak boleh kamu lewatkan. Lumayan sebagai hiburan sekaligus menambah wawasan!

1. It’s Okay, That’s Love (2014)

Drama Korea Kesehatan Mental (Foto: asianwiki.com)
asianwiki.com

Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti Jo In Sung, Gong Hyo Jin, Lee Kwang Soo, D.O EXO, hingga Sung Dong Il membuat drama Korea “It’s Okay, That’s Love” banyak disenangi. Tetapi nggak cuma karena pemerannya, serial ini juga memiliki cerita yang unik dan menguras emosi.

“It’s Okay, That’s Love” mengajak penonton untuk mengenal dan mendalami masalah kejiwaan melalui tokoh psikiater dan para pasiennya. Ada banyak penyakit yang disebutkan seperti skizofrenia, sex phobia, depresi, anxiety disorder, delusi, trauma, dan lain sebagainya.

Drama Korea yang satu ini menunjukkan hubungan percintaan, persahabatan, dan kekeluargaan yang kental.

2. Hyde, Jekyll, Me (2015)

Drama Korea Tentang Penyakit (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

“Hyde, Jekyll, Me” merupakan drama Korea tentang kesehatan mental yang bercerita tentang seseorang berkepribadian ganda. Koo Seo Jin (Hyun Bin) adalah laki-laki kaya, tampan, dan cerdas yang memiliki sisi lain bernama Robin.

Meskipun ada dalam satu tubuh, namun dua karakter tersebut seolah berbeda. Uniknya, mereka jatuh cinta dan memperebutkan perempuan yang sama yaitu Jang Ha Na (Han Ji Min). Hm, kira-kira siapa yang akan dipilih ya?

3. Kill Me, Heal Me (2015)

Drama Korea Tentang Kesehatan Mental (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Hampir sama dengan “Hyde, Jekyll, Me”, “Kill Me, Heal Me” juga mengkat tema tentang dissociative personality disorder. Bedanya, tokoh di drama Korea yang satu ini memiliki lima kepribadian sekaligus.

Ialah Cha Do Hyun (Ji Sung), lelaki kaya pewaris perusahaan yang harus menyembunyikan kondisi mentalnya dari banyak orang. Suatu hari, salah satu kepribadian dalam dirinya tertarik pada seorang psikolog bernama Oh Rin Ji (Hwang Jung Eum). Kira-kira bagaimana kelanjutannya ya?

Baca juga: 6 Drama Korea Tentang Dokter Terbaik, Bisa Belajar Dunia Medis Nih

4. Fix You (2020)

Drama Korea Kesehatan Mental Terbaru (Foto: asianwiki.com)
asianwiki.com

“Fix You” atau “Soul Mechanic” merupakan drama Korea terbaru bertema kesehatan mental yang dibintangi oleh Jung So Min dan Shin Ha Kyun.

Karena masih ongoing, mending kamu langsung nonton sendiri aja deh supaya nggak penasaran gimana ceritanya!

5. Be Melodramatic (2019)

Drama Korea Tentang Penyakit Mental (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Bercerita tentang kehidupan sehari-hari tiga orang yaitu Lim Jin Joo (Chun Woo Hee), Hwang Han Joo (Han Ji Eun), dan Lee Eun Jung (Jeon Yeo Bin), drama Korea persahabatan ini asyik untuk diikuti.

Ketiganya merupakan perempuan 30 tahunan yang memiliki profesi yang berbeda dan salah satu diantaranya harus berjuang melawan masalah kesehatan mental.

6. The K2 (2016)

Drama Korea Masalah Kesehatan Mental (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Siapa yang sudah nonton drama Korea populer satu ini? Meksipun bergenre action, “The K2” ternyata juga mengankat isu tentang masalah kesehatan mental lho!

Hal tersebut ditunjukkan oleh tokoh Go An Na (Im Yoon Ah) yang mengidap gangguan kecemasan karena trauma diperlakukan jahat oleh ibu tirinya.

Dari sekian drama Korea tentang kesehatan mental di atas, mana nih yang sudah kamu tonton?