Qupas Healthy

Bukan Sekadar Penyedap Masakan, Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

20 December 2019, at 03:00
Bukan Sekadar Penyedap Masakan, Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam mungkin sudah dikenal luar sebagai salah satu bahan penyedap masakan. Akan tetapi, nggak banyak yang tahu bahwa bahan alami yang satu ini punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Bahkan, daun salam sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional lho. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Melindungi Kesehatan Jantung

melindungi kesehatan jantung
mensagenscomamor.com

Manfaat daun salam yang pertama adalah melindungi kesehatan jantung. Senyawa organik yang disebut sebagai asam caffeic di dalamnya lah yang menyebabkan kondisi tersebut.

Asam caffeic dikatakan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL pada sistem kardiovaskular sehingga mengurangi risiko masalah kesehatan jantung.

2. Mengandung Anti Kanker

daun salam
pinterest.com

Dilansir dari Nutrition Research, antioksidan dalam daun salam termasuk fitonutrien, katekin, linalool, dan pathenolide, dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun salam efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker lambung. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki berkhasiat chemo-protectibe yang diklaim dapat menghalau berbagai tipe kanker.

3. Mengurangi Kecemasan dan Stres

kecemasan
istockphoto.com

Tahu nggak sih, daun salam ternyata mengandung senyawa linalool yang dapat membantu menurunkan hormon stres dalam tubuh lho.

Menghirup uap daun salam sebagai aromaterapi diklaim mampu membuat tubuh lebih rileks sehingga kecemasan dan stres pun berkurang.

Baca Juga: Ajaib! Makanan dan Minuman Ini Bisa Mengatasi Kecemasan Secara Alami

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

kadar gula darah
thehealthsite.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun salam dapat meningkatkan fungsi reseptor insulin dan mengatur kadar gula darah. Hal tersebut tentu saja membuat bahan alami yang satu ini menjadi angin segar bagi penderita diabetes.

Meskipun demikian, khasiat daun salam tersebut bukan tanpa risiko. Konsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan hipoglikemia sehingga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tahu takaran yang aman.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat daun salam
shutterstock.com

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya yaitu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A, B6, B12, C, dan D di dalamnya berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Sehingga, mengonsumsi air rebusan daun salam dengan takaran yang tepat dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar kamu nggak mudah sakit.

6. Melegakan Pernapasan

bernapas
shutterstock.com

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Buletin Biologi dan Farmasi menyebutkan bahwa daun salam memiliki sifat antibakteri yang dapat melegakan pernapasan.

Mengoleskan esktrak atsiri daun salam sebagai salep atau menghirup uap daun tersebut memberikan efek yang sama seperti aromaterapi yang mampu meringankan berbagai masalah pernapasan dan bahkan menghilangkan dahak.

Efek Samping Daun Salam yang Perlu Diperhatikan

sakit perut
shutterstock.com

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun daun salam juga punya beberapa efek samping yang perlu diperhatikan seperti berikut ini.

  • Gangguan pada tenggorokan dan saluran pencernaan apabila dikonsumsi secara utuh
  • Menyebabkan hipoglikemia akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan apabila dikonsumsi secara berlebihan
  • Diduga mengganggu fungsi obat anestesi saat pembedahan karena dapat memperlambat kerja sistem saraf dan otak

Baca Juga: 8 Bumbu Dapur yang Dipercaya Bikin Panjang Umur

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat daun salam beserta risiko penggunaannya yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar mendapatkan porsi yang pas, sehingga khasiat yang didapatkan bisa maksimal ya!