Qupas Healthy

Bukan Sekadar Penyedap Rasa, Ini Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

31 January 2020, at 08:00
Bukan Sekadar Penyedap Rasa, Ini Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk menambahkan warna atau memperkaya rasa pada makanan.

Nggak hanya sekadar bumbu dapur, kunyit juga sering digunakan sebagai bahan dasar jamu tradisional lho. Pasalnya, rempah-rempah tersebut dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat kunyit untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Meredakan Peradangan

Kunyit (Foto: successiblelife.com)
successiblelife.com

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama adalah meredakan peradangan. Zat aktif kurkumin di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan memiliki efek antiradang poten.

Kurkumin tersebut dipercaya dapat memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi lainnya. Nggak hanya itu, mengonsumsi kunyit juga bisa menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison di kelenjar adrenal sehingga peradangan berkurang.

2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat Kunyit (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Dilansir dari Everydayhealth, curcumin dalam kunyit mampu menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antiinflamasi dan antioksidan di dalamnya.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa kunyit 400 kali lebih kuat dibandingkan dengan beberapa obat diabetes lho! Meskipun demikian, kamu tetap harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui efek sampingnya ya!

3. Menyembuhkan Nyeri Sendi

Kunyit untuk Kesehatan (Foto: watchfit.com)
watchfit.com

Mengonsumsi kunyit juga dianggap bisa menyembuhkan nyeri sendi. Penyakit peradangan kronis seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis bisa membaik apabila penderita mengonsumsi curcumin dengan dosis yang tepat.

Meskipun demikian, masih harus dilakukan penelitian terkait seberapa dosis yang tepat dan apakah pengobatan ini aman dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Baca juga: 8 Bumbu Dapur yang Dipercaya Bikin Panjang Umur

4. Mencegah Penyakit Jantung

​​​​​​​Manfaat Kunyit untuk Kesehatan (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Penelitian juga menunjukkan bahwa curcumin dalam kunyit mampu meningkatkan fungsi endothelial atau kesehatan lapisan membran dalam jantung dan pembuluh darah.

Penurunan fungsi lapisan membran yang disebabkan oleh penuaan dan lain sebagainya dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau jantung dan diabetes tipe 2.

5. Mencegah Kanker

Kunyit Mencegah Kanker (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Kunyit bermanfaat juga untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis kanker lho. Pasalnya, senyawa inflamasi dalam curcumin dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker dalam tubuh.

Nggak hanya itu, curcumin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga melindunginya dari berbagai penyakit yang merusak sel akibat radikal bebas.

6. Mengatasi Depresi

​​​​​​​Kunyit Mengatasi Depresi (Foto: pinterest.co.uk)
pinterest.co.uk

Tahu nggak sih, mengonsumsi kunyit juga disebut-sebut dapat mengatasi depresi lho. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa curcumin terbukti sama efektifnya dengan obat antidepresan seperti Prozac.

Pengujian lab menunjukkan bahwa kunyit dapat memengaruhi keseimbangan neurotransmitter di otak. Curcumin memiliki efek antidepresan dan ansiolitik yang mampu memodulasi kadar seretonin dan dopamin yang memperbaiki suasana hati.

Baca juga: Manfaat Ajaib Bawang Putih, dari Mengobati Sakit Gigi Hingga Mencegah Kanker

7. Mencegah Alzheimer

​​​​​​​Kunyit Mencegah Alzheimer (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Kunyit juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan otak dan melawan penyakit seperti demensia dan alzheimer.

Mengonsumsi curcumin dengan dosis yang tepat dapat membersihkan penumpukan plak pada otak yang dapat menyebabkan peradangan atau kerusakan oksidatif penyebab gangguan otak alzheimer.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat kunyit untuk kesehatan. Sobat Qupas bisa mencobanya nih!