Bukan Sekadar Rumput Liar, Ini 5 Manfaat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan

04 June 2019, at 07:00
1
0
Bukan Sekadar Rumput Liar, Ini 5 Manfaat Tanaman Putri Malu untuk Kesehatan

Mungkin kamu mengenal tanaman putri malu sebagai rumput liar yang daun-daunnya akan menutup apabila mendapatkan sentuhan.

Tetapi, tanaman putri malu ternyata nggak sekadar rumput liar seperti yang kamu yakini selama ini lho. Meskipun tumbuh di semak-semak, namun tanaman tersebut ternyata mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ini 5 masalah kesehatan yang dapat diatasi oleh tanaman liar putri malu yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Tumbuh di Semak-Semak, Ternyata Begini Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan

1. Menghentikan Pendarahan dan Infeksi

pendarahan
pxhere.com

Manfaat putri malu yang pertama adalah dapat menghentikan pendarahan dan infeksi pada tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa tanin dan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Zat-zat tersebut nggak hanya mampu menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi tetapi juga membantu proses pembentukan kulit baru yang lebih sehat.

2. Mengatasi Insomnia

insomnia
pexels.com/@feelartfeelant

Sobat Qupas memiliki masalah sulit tidur? Mungkin kamu perlu mencoba merebus daun putri malu dengan air secukupnya dan meminumnya sebelum tidur.

Kandungan melatonin di dalam tanaman putri malu ternyata mampu memberikan efek penenang sehingga tubuh menjadi lebih nyaman dan bisa tidur nyenyak karena efek kantuk yang diberikan secara alami.

3. Menyembuhkan Luka

menyembuhkan luka
dailypost.ng

Selain menghentikan pendarahan, ekstrak dari tanaman putri malu ternyata juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal tersebut karena kandungan fenol di dalamnya yang bisa membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas ternama di Indonesia telah membuktikan bahwa tanaman putri malu dapat menyembuhkan luka pada penderita diabetes. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh ekstrak kloroform yang terkandung di akarnya.

4. Mengatasi Wasir

mengatasi wasir
honestdocs.id

Tumbuhan unik ini juga bermanfaat untuk mengatasi wasir atau ambeien, lho. Pasalnya, putri malu memiliki sifat antiseptik sehingga dapat mengurangi pembengkakan atau mengecilkan ukuran wasir.

Kamu perlu mengoleskan pasta yang terbuat dari tanaman tersebut untuk mengurangi pendarahan, rasa sakit, bahkan rasa gatal, di sekitar daerah yang sakit.

Baca Juga: Nggak Mau Terkena Ambeien? Jangan Lakukan Hal-hal Berikut Ini

5. Menyembuhkan Batuk

mengobati batuk
1health.id

Saat batuk nggak kunjung sembuh, kamu bisa mencoba salah satu khasiat putri malu dengan mengonsumsi air rebusan tanaman tersebut.

Kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan unik tersebut dipercaya ampuh untuk mengobati batuk berdahak. Nggak hanya itu, air rebusan putri malu juga bisa menyembuhkan penyakit pernapasan seperti flu dan lain sebagainya.

6. Mengobati Hepatitis

mengobati hepatitis
honestdocs.id

Tahukah kamu, ternyata tanaman putri malu juga bisa menjadi obat herbal untuk penderita hepatitis, lho. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan berbagai zat di dalamnya seperti mimosin, tanin, dan asam pipekolinat.

Mengonsumsi air rebusan putri malu juga bisa mengatasi gejala peradangan yang disebabkan oleh virus hepatitis.

7. Melindungi Hati

melindungi hati
velohealthturkey.com

Tumbuhan putri malu ternyata juga bisa melindungi organ hati dari berbagai racun dan penyakit berbahaya. Kondisi tersebut dapat terjadi karena terdapat kandungan etanol, tanin, dan zat baik lainnya yang mampu melindungi hati dari serangan bakteri maupun virus jahat.

Setelah mengetahui manfaatnya, kamu masih berpikir putri malu adalah tanaman liar biasa? Mulai sekarang, kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, Sobat Qupas.

0 Comment