Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Bisa Bikin Wajah Jadi Kinclong

27 January 2019, at 11:00
0
0
Bukan Sekedar Bumbu Dapur, Kayu Manis Ternyata Bisa Bikin Wajah Jadi Kinclong

Cinnamon atau biasa disebut kayu manis termasuk rempah yang cukup sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menambah cita rasa masakan. Aroma wanginya yang khas memang bisa membuat makanan ataupun minuman jadi semakin mengoda.

Tapi tahukah kamu, bahan dapur yang satu ini punya sederet manfaat ajaib bagi kecantikan lho. Bahkan di India, kayu manis telah digunakan sejak lama untuk membuat wajah jadi kinclong.

Bila diamati, tak sulit juga untuk menemukan keberadaan cinnamon dalam komposisi produk kosmetik. Nah, kira-kira apa saja ya manfaat kayu manis bagi kecantikan? Yuk simak langsung!

1. Mengobati jerawat

kayu manis untuk mengobati jerawat
stylecraze.com

Punya jerawat membandel? Ini saatnya memasukkan kayu manis dalam ritual kecantikanmu.

Ya, kayu manis punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang ampuh untuk mengobati jerawat. Caranya, buatlah masker wajah dengan satu sendok makan bubuk cinnamon dan tiga sendok makan madu.

Baca juga: Benarkah Lendir Siput dan Bahan Unik Ini Ampuh Mengusir Jerawat? Yuk Cari Tahu di Sini!

Balurkan merata ke seluruh wajah dan tunggu hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Kombinasi dua bahan alami ini akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sekaligus menjaga kelembaban kulit.

2. Melawan tanda-tanda penuaan

kayu manis untuk melawan tanda penuaan
stylecraze.com

Kayu manis memiliki zat bernama cinnamaldehyde yang bertugas meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan seiring dengan pertambahan usia, kulit akan semakin kendur karena menurunnya kadar kolagen.

Karena itulah kamu bisa memanfaatkan kayu manis untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur, kerutan, garis halus, hingga flek hitam.

Gunakan campurkan kayu manis dengan sedikit air sebagai masker. Untuk hasil yang maskimal, biarkan ramuan ini menempel di wajah selama kurang lebih 6 jam.

3. Mencerahkan wajah

kayu manis untuk mencerahkan wajah
coffeebeanbeauty.com

Salah satu rahasia agar wajah terlihat kinclong adalah rajin melakukan eksfoliasi. Dan kamu patut mencoba scrub dengan bahan alami yang satu ini.

Kayu manis mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk secara lembut dan tak mengiritasi wajah. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Kombinasikan kayu manis dengan salah satu jenis minyak esensial, bisa almond oil, olive oil, dan sebagainya. Setelah itu oleskan pada wajah sembari diiringi pijatan secara perlahan.

Ritual ini akan menghilangkan kulit kusam dan membuat wajahmu halus cerah. Dijamin kinclong!

4. Membuat riasan terlihat glowing

kayu manis untuk membuat riasan glowing
thenevermindblog.com

Untuk mendapatkan glowing look, biasanya para beauty enthusiast membutuhkan bantuan highlighter. Tapi siapa sangka, kayu manis ternyata bisa menggantikan fungsi produk kosmetik satu ini.

Bila menginginkan riasan yang tampak bercahaya, cobalah untuk mengambil sedikit foundation atau alas bedak lainnya dan tambahkan bubuk kayu manis. Lalu aplikasikan secara merata ke wajah seperti biasanya.

Kamu akan melihat keajaibannya dan mendapatkan glowing makeup seperti yang diinginkan.

Baca juga: Pilihan Liquid Highlighter Ini Bikin Kamu Glowing dan Jadi Pusat Perhatian, Coba Yuk!

5. Melembabkan bibir

kayu manis untuk melembabkan bibir
stylecraze.com

Karena praktis, lip balm banyak dipilih untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Tapi cobalah sesekali menggunakan kayu manis untuk memperbaiki masalah ini.

Tak hanya bagus untuk melembabkan bibir, kamu akan dapatkan tampilan bibir yang lebih penuh. Cara membuat lip balm alami dengan kayu manis pun sangat mudah.

Tinggal mencampurkannya dengan minyak kelapa dan aplikasikan pada bibir yang bermasalah.

6. Mengatasi rambut rontok

kayu manis untuk mengatasi rambut rontok
qoctor.com.au

Rambut dianggap sebagai mahkota yang tentunya sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Oleh karena itu, maka tak heran bila banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengatasi kerontokan.

Tapi tahukah kamu, banyak bahan alami yang bisa mengatasi rambut rontok lho. Tentu saja salah satunya adalah kayu manis.

Tak perlu menguras dompet, buatlah masker rambut dari campuran kayu manis, madu, dan minyak zaitun. Oleskan secara merata hingga ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu bilas dengan shampo untuk rambut rontok hingga bersih.

7. Melangsingkan badan

teh kayu manis untuk melangsingkan badan
wallpaperscraft.com

Kalau kamu sedang dalam misi melangsingkan badan agar lebih ideal, coba deh maksimalkan usahamu dengan mengonsumsi kayu manis.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah dan rambut, campuran kayu manis dan madu bila ditambahkan ke dalam teh herbal diklaim mampu membantu menurunkan berat badan.

8. Menghilangkan bau mulut

kayu manis menghilangkan bau mulut
shape.com.sg

Selain segudang khasiatnya untuk wajah, rambut, dan melangsingkan badan, kayu manis bisa membantu enyahkan bau mulut.

Meski tak terlihat, tapi bau mulut bisa mempengaruhi penampilan karena memunculkan aroma kurang sedap yang sangat mengganggu. Kamu bisa mengunyah langsung satu batang kayu manis yang telah dibersihkan.

Atau mencampurkannya dengan air lalu gunakan sebagai obat kumur. Bau mulut pasti akan hilang.

Nah, sudah tahu kan khasiat ajaib kayu manis bagi kecantikan. Selain sebagai bumbu dapur, sekarang kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat penampilan semakin kinclong. Selamat mencoba!

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment