Bukit Batu Idung, Alternatif Tempat Liburan di Lombok Disaat Gunung Rinjani Terbakar

25 June 2019, at 10:00
0
0
Bukit Batu Idung, Alternatif Tempat Liburan di Lombok Disaat Gunung Rinjani Terbakar

Gunung Rinjani kembali jadi sorotan. Setelah ada wacana untuk mengubahnya jadi gunung syariah, sekaran wisata ikonik di Lombok itu terbakar. Tepatnya terjadi sejak Minggu, 23 Juni 2019 pukul 17.00 WITA sampai Senin, 24 Juni 2019 pukul 17.00 WITA.

Sekitar 141,6 hektar kawasan hutan Gunung Rinjani terbakar yang mengakibatkan beberapa vegetasi seperti rumput, alang-alang, bunga edelweis, bangsal, dan pohon cemara gunung ludes dilalap si jago merah.

ilustrasi rinjani terbakar
news.stanford.edu

Dilansir dari Medcom, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) menyebut lokasi kebakaran berada di kawasan hutan Bukit Kondo, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Peristiwa ini mungkin akan menjadi salah satu penyebab kekhawatiran beberapa traveler atau pendaki yang sudah berencana ke Rinjani.

Tapi nggak perlu khawatir, soalnya masih ada alternatif wisata di Lombok yang bisa dikunjungi. Bukit Batu Idung namanya. Pesonanya nggak kalah menarik dari Gunung rinjani. Apa saja itu?

Baca juga: 6 Wisata di Lombok Ini Pantang Kamu Lewatkan, Ada Pantai Pink Lho!

1. Spot asyik untuk saksikan sunrise dan sunset

sunset bukit batu idung
instagram.com/heruwibw

Salah satu pesona destinasi di Lombok Barat ini adalah pemandangan matahari terbit dan tenggelamnya. Kamu bisa menyaksikan fenomena alam itu dari atas ketinggian.

Selain itu, pemandangan sekitar Kabupaten Lombok Barat sampai Kota Mataram bisa kamu saksikan. Hamparan sawah, garis pantai, rumah warga sekitar, maupun bangunan-bangunan lain bisa disaksikan dari atas bukit yang ada di ketinggian sekitar 250 mdpl ini.

2. Wisata favoritnya para petualang

bukit batu idung
instagram.com/endyiron

Bukit Batu Idung bisa dibilang favoritnya para petualang. Buat kamu yang punya rencana naik gunung, bisa gunakan wisata ini untuk latihan. Soalnya untuk mencapai puncaknya, kamu perlu mendaki beberapa anak tangga tradisional.

Meski begitu, bukan berarti tempat ini sulit dijangkau. Apalagi tanjakannya nggak terlalu tinggi. Cocok buat para petualang yang masih pemula.

Baca juga: Wisata di Lombok Ini Jadi Venue MotoGP 2021, Keren!

3. Asal-usul nama Bukit Batu Idung

bukit batu idung lombok
instagram.com/obito_ucihaa

Sesuai dengan namanya, di sini ada batu alam yang menepi di pinggir jurang dan bentuknya mirip dengan hidung manusia. Itulah kenapa namanya mirip dengan salah satu organ pernapasan.

Di sisi lain, tempat wisata di Lombok ini juga diselimuti oleh sebuah legenda. Konon menurut warga setempat, ada seorang penggembala yang mengawasi kerbau-kerbaunya di atas Batu Idung.

Jumlah kawanan kerbau tersebut bisa dilihat dari ketinggian. Bekas tempat duduk penggembala itu pun masih terlihat sampai sekarang meski sudah mulai terkikis.

4. Cara ke Bukit Batu Idung

batu idung lombok
instagram.com/dody_armaniesta

Secara administratif, lokasi Bukit Batu Idung ada di Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Untuk bisa sampai ke sana, kamu perlu waktu sekira 40 menit berkendara dari pusat Kota Mataram. Kalau datri Pelabuhan Lembar, jaraknya cuma sekitar 2 kilometer.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Bukit Batu Idung? Buat kamu yang sedang dilanda kegundahan karena Gunung Rinjani kebakaran, wisata di Lombok ini bisa jadi alternatif. Selain tiket masuknya murah meriah, yaitu sekitar Rp2.000,00, sejumlah fasilitas seperti toilet, warung, dan gazebo juga sudah tersedia.

0 Comment