Qupas Travel

Bukit Cinta Rawa Pening, Wisata di Semarang yang Semakin Bersolek

08 February 2020, at 04:00
Bukit Cinta Rawa Pening, Wisata di Semarang yang Semakin Bersolek

Rawa Pening bukanlah wisata baru di Semarang. Bahkan karena keindahannya, destinasi ini sudah dikenal luas oleh masyarakat di luar Kota Lumpia.

Nah, untuk melihat kecantikan Rawa Pening, Bukit Cinta adalah salah satu spot yang pantang untuk dilewatkan.

Meski bukan tempat wisata terbaru di Semarang, Bukit Cinta Rawa Pening kini semakin bersolek. Banyak spot-spot keren yang sudah dibenahi. Intip deh seperti apa Bukit Cinta sekarang!

1. Spot cantik untuk nikmati pemandangan Rawa Pening

Bukit Cinta Semarang (Foto: instagram.com/yaayul_)
instagram.com/yaayul_

Sudah jadi rahasia umum kalau pemandangan Rawa Pening sangat cantik. Apalagi selain wilayah perairannya yang luas, wisata di Semarang ini juga diapit perbukitan hijau, sehingga membuatnya semakin tampak asri.

Untuk menyaksikannya, kamu bisa mampir ke Bukit Cinta. Terlebih lagi selain panorama hamparan rawa seluas 2.670 hektar, di sini juga tersedia berbagai spot foto yang instagenik.

2. Berbagai wahana di Bukit Cinta

Bukit Cinta Rawa Pening (Foto: instagram.com/naja_duppont)
instagram.com/naja_duppont

Dulu, tempat wisata di Semarang ini memang tampak kurang terawat. Tapi beberapa tahun belakangan ini Bukit Cinta semakin dibenahi.

Mulai dari renovasi area gerbang, termasuk mempercantik tempat loket berupa instalasi ular naga yang ikonik, halaman depan, hingga taman. Bahkan ada beberapa penambahan spot-spot cantik, seperti gazebo, jembatan, hingga gardu pandang.

3. Jelajah rawa dengan perahu

Perahu di Bukit Cinta (Foto: instagram.com/danshuwae)
instagram.com/danshuwae

Bukit Cinta juga menyediakan perahu berkapasitas 6 orang buat kamu yang ingin berkeliling area rawa, lho. Biayanya cuma sekitar Rp30 ribu.

Dengan tarif tersebut, kamu akan diajak mengelilingi tengah rawa selama kurang lebih 30 menitan. Menggunakan perahu bermotor ini, kamu bisa melihat hamparan eceng gondok hingga tambak ikan.

Baca juga: Sensasi Naik Kereta Kuno Lewat Tepi Danau Rawa Pening, Cuma Ada di Ambarawa!

4. Mitos Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Banyubiru (Foto: instagram.com/grahan_)
instagram.com/grahan_

Banyak orang mungkin sudah nggak asing dengan legenda Baru Klinting. Dimana mata air muncul dari bekas cabutan lidi seorang anak jelmaan ular naga. Karena hal inilah banjir datang dan menenggelamkan desa, kemudian Rawa Pening terbentuk.

Nah, kalau Bukit Cinta beda lagi. Di wisata Semarang ini, terdapat mitos yang menyebut bahwa pasangan kekasih yang masih pacaran akan putus kalau datang ke sini.

Hmm, tapi mitos Bukit Cinta Semarang tersebut belum ada buktinya. Jadi nggak perlu terlalu khawatir deh kalau memang mau mampir ke wisata ini.

5. Cara ke Bukit Cinta Semarang

Pintu Masuk Bukit Cinta Rawa Pening (Foto: instagram.com/frandaaaaa_)
instagram.com/frandaaaaa_

Lokasi Bukit Cinta berada di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru. Letaknya nggak jauh dari pusat Kota Semarang, cuma butuh waktu sekitar 1 jam berkendara.

Untuk tiket masuknya, kamu perlu menyediakan budget senilai Rp6 ribu saat berkunjung di weekday. Khusus weekend, tarifnya adalah Rp7.500. Terjangkau, kan?

Well, Bukit Cinta memang worth it untuk dikunjungi. Apalagi wisata Semarang yang buka dari jam 08.00 sampai 18.00 WIB ini punya banyak spot foto cantik dan tiket masuknya murah meriah. Kuy liburan!