Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik

14 October 2018, pada 04:00
0
0
Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik

Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) merupakan salah satu objek wisata yang tengah naik daun di Sumatera Utara. Di sini kamu juga bisa mendapatkan spot foto cantik dengan latar pemandangan alam.

Jadi nggak heran kalau wisata ini menarik banyak pengunjung, terutama bagi mereka yang gemar berswafoto.

Tapi ternyata bukan hanya Bukit Indah Simarjarunjung saja yang bisa mendukung aktivitas narsisme-mu, lho. Ada pula beberapa lokasi wisata di Sumatera Utara yang nggak kalah instagenik.

Nggak percaya? Siap-siap, karena Qupas akan menunjukkan beberapa area wisata di Sumatera Utara yang punya spot foto sekaligus panorama alam keren. Yuk intip!

1. Bukit Indah Simarjarunjung (BIS)

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/rieniernof

Inilah objek wisata di Sumatera Utara yang memadukan konsep alam dan spot selfie kekinian. Bahkan kamu juga bisa bersantai atau hunting foto dengan angle Danau Toba dari ketinggian.

Kamu bisa mencoba area populer untuk selfie di sini, yakni spot berbentuk hati maupun daun waru. Selain itu, ada pula lokasi menarik hingga wahana menantang yang patut kamu coba di sini, seperti:

  • Spot berbentuk bunga matahari
  • Ayunan langit
  • Sepeda udara
  • Flying fox

Menariknya lagi, kamu nggak perlu membayar tiket masuk saat berkunjung ke wisata ini. Tapi ada biaya untuk parkir kendaraan senilai lima ribu rupiah (motor), sepuluh ribu rupiah (mobil) serta dua puluh ribu rupiah (bus).

Selain biaya parkir, budget tambahan juga perlu disediakan kalau kamu ingin berpose di beberapa spot foto yang dibangun oleh pihak pengelola. Tarif yang dikenakan pun nggak mahal, yakni lima ribu rupiah per lokasi pemotretan.

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/okputri_sijabat98

Hal ini pun kalau kamu mengabadikannya dengan handphone maupun kamera pribadi. Nggak yakin dengan hasil fotomu sendiri?

Tenang saja, ada fotografer di BIS yang siap memotretmu. Cukup sediakan biaya sebesar sepuluh ribu rupiah, kamu pun sudah bisa mendapat 4-8 foto terbaik.

Kalau tertarik menggunakan jasa para fotografer, kamu bisa menyerahkan memori eksternal pada mereka. Selanjutnya kamu tinggal menunggu antrean saja deh.

Tertarik untuk berkunjung? Datang saja ke Jalan Simarjarunjung, Desa Parik Sabungan, Kecamatan Dolok Perdamean, Kabupaten Simalungun.

Di alamat ini, kamu bisa menemukan lokasi BIS dengan mudah. Sebab selain sudah populer, akses untuk menuju ke lokasi wisata buatan ini pun snggak sulit dan jalannya lebar sehingga bisa dilewati kendaraan roda empat.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

2. Pulau Samosir

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/mistersuu

Keindahan Pulau Samosir memang nggak bisa diragukan lagi. Terutama karena panorama alam yang disuguhkan.

Bayangkan saja, kamu akan disuguhi dengan panorama pulau yang terbentang di tengah Danau Toba. Selain itu, udara sejuk pun bisa kamu rasakan karena area wisata ini terletak di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Kamu pun nggak hanya akan menemukan kecantikan alamnya saja. Wisata sejarah yang kental dengan unsur kebudayaan juga akan kamu nikmati di sini, misalnya seperti:

  • Menyaksikan pertunjukan Sigale-gale (di Tomok)
  • Berkeliling Museum Huta Bolon
  • Mengunjungi Makam Raja Sidabutar
  • Menyaksikan keunikan Batu Parsidangan

Seperti diketahui, Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba. Dari Bandara Polonia yang berlokasi di Medan, waktu tempuh untuk bisa sampai ke area wisata adalah sekitar 4-5 jam perjalanan darat.

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/thom_allagan

Sedangkan untuk bisa sampai ke titik lokasi wisata, kamu bisa memilih jalur darat maupun air. Kalau memilih akses perairan dari Danau Toba, ada 3 pelabuhan yang bisa kamu tuju, yakni:

  • Pelabuhan Ajibata ke Tomok: harga tiketnya sembilan puluh satu ribuan rupiah (termasuk mobil roda empat dan seluruh penumpang)
  • Pelabuhan Tigaras ke Simanindo: harga tiketnya sembilan puluh lima ribu rupiah (termasuk mobil roda empat dan seluruh penumpang)
  • Pelabuhan Muara ke Nainggolan (hanya beroperasi pada hari Senin, Kamis dan Sabtu): harga tiketnya sembilan puluh sembilan ribu rupiah (termasuk mobil roda empat dan seluruh penumpang)

Suka mabuk laut dan ingin lebih menikmati perjalanan? Kamu bisa menggunakan jalur darat melalui jembatan yang dibangun pada masa Belanda.

Dari jembatan ini, kamu bisa melewati Jalan Tele, jalur yang menghubungkan Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Tapi tetap hati-hati saat kamu memutuskan untuk mengemudikan kendaraan sendiri ya!

Pasalnya jalanan cukup licin dan berkelok. Meski begitu, dijamin kamu nggak akan menyesal saat berkunjung ke sini.

Apalagi kamu bisa menikmati pemandangan alam yang memukau. Kalau belum puas, di sini juga ada penginapan dengan tarif lima puluh ribu sampai 200 ribuan rupiah.

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

3. Pantai Sorake

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/inakoswara

Selain Bukit Indah Simarjarunjung, ada juga objek wisata menarik di Sumatera Utara. Pantai Sorake namanya.

Bukan sekedar wisata pantai biasa. Destinasi liburan ini juga sangat cocok untuk kamu yang gemar melakukan olahraga surfing.

Selain merupakan tempat favorit untuk berselancar, wisata air ini juga terbilang unik. Pasalnya di sini kamu akan menemukan banyak batu karang, bukan hamparan pasir yang ada di pantai pada umumnya.

Tertarik untuk berkunjung? Datang saja ke Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, dimana Pantai Sorake berada.

Kamu pun bisa menggunakan jalur laut dengan jarak tempuh kurang lebih 85 mil atau sekitar 136,8 kilometer. Bahkan kamu akan menikmati perjalanan laut selama 12 jam menggunakan kapal feri dari Kota Sibolga.

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/missdori_aloha

Tujuannya adalah Gunung Sitoli dan tarifnya mulai dari enam puluh sembilan ribu rupiah. Dari sini, kamu masih memerlukan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat untuk bisa sampai di Kota Teluk Dalam.

Kalau ingin sampai di lokasi wisata lebih cepat, kamu juga bisa menggunakan jalur udara. Berangkatnya dari Bandara Internasional Kualanamu (Medan) menuju ke Gunung Sitoli.

Untuk menggunakan jalur udara, kamu pun harus menyediakan budget mulai dari 700 ribuan rupiah. Meski harganya cukup tinggi, tapi hal ini sebanding dengan apa yang kamu dapatkan di Pantai Sorake.

Tertarik untuk berkunjung? Dijamin nggak akan menyesal deh.

Jam operasional: -

Baca juga: Air Terjun Dua Warna dan 5 Wisata Serupa di Sumatera Utara yang Instagenik

4. Tangkahan Bah Alip

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/olizmnk

Ingin berenang di kolam yang masih alami? Tangkahan Bah Ali yang lokasinya ada di Desa Parmonangan, Bandar Huluan, Simalungun ini.

Di sini, kamu bisa melihat kecantikan panorama alam yang dipadukan dengan kolam berisi air berwarna hijau tosca. Bahkan kamu juga bisa menyaksikan air terjun yang mengalir ke dalam danau.

Untuk bisa menuju ke lokasi wisata ini, waktu tempuhnya pun sekitar 4-6 jam dari Medan. Kamu pun bisa melalui jalur perdagangan.

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/uzinainggolan

Ikut jalan utamanya sampai tiba di simpang 3. Pilih jalur ke kiri hingga menemukan gang.

Dari sini, kamu pun bisa bertanya pada warga setempat kalau memang takut tersesat. Apalagi wisata ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

Jadi kapan nih berkunjung ke sini? Mumpung banyak spot foto cantik di sini.

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB

5. Danau Linting

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/ikhsanpjt

Danau Linting juga nggak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Apalagi wisata yang ada di Kecamatan STM Huli, Kabupaten Deli Serdang ini menawarkan panorama alam yang super cantik.

Air di danau ini berwarna biru. Selain itu, beberapa tanaman di sekitarnya tumbuh dengan subur yang semakin membuat area wisata ini terlihat natural.

Saat berkunjung ke sini, kamu bukan hanya bisa hunting foto saja. Aktivitas berenang pun bisa juga kamu lakukan, asalkan nggak sampai ke tengah danau.

Apalagi ada informasi yang menyebut kalau danau ini sangat dalam. Konon kedalamannya bisa lebih dari 100 meter.

Selain itu, ada pula mitos yang menyebut kalau anak laki-laki nggak dianjurkan untuk berenang di sini. Sebab masyarakat percaya kalau penunggu danau yang merupakan putri cantik akan membawa mereka ke dasar danau.

Ada pula kepercayaan yang menyebut kalau pengunjung nggak disarankan untuk bersikap sombong, berkata kasar dan kotor saat berada di sekitar danau.

Bukit Indah Simarjarunjung dan 4 Wisata di Sumatera Utara yang Instagenik
instagram.com/erick_tigan

Pasalnya hal ini akan membuat penunggu danau akan marah dan menghukum dengan menenggelamkan mereka yang berkikap kurang sopan. Jadi sebaiknya tetap jaga sikap saat berada di sini ya!

Terlepas dari mitos yang beredar, kamu masih bisa puas menikmati keindahan Danau Linting. Terlebih lagi jaraknya dari Kota Medan nggak terlalu jauh, yakni berjarak sekitar 70 kilometer.

Rute yang bisa kamu lalui untuk menuju ke sini pun mulai dari Kote Medan-Patumbak-Perkampungan Talun Kenas-Siguci-Kurajurung- Tiga Johar.

Dari sini, kamu pun akan menjumpai Desa Durian IV Mbelang, Gunung Manumpak dan Perkampungan Sibunga-Bunga. Nah, di tiga wilayah inilah kamu bisa menemukan lokasi Danau Linting.

Untuk bisa masuk ke sini, kamu pun hanya perlu membayar tiket sebesar lima ribu rupiah saja. Sangat terjangkau kan? Yuk wisata ke Danau Linting saja!

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Setelah membaca ulasan dari Qupas, ternyata bukan hanya Bukit Indah Simarjarunjung saja yang punya banyak spot foto cantik. Di Sumatera Utara, masih banyak kok area wisata yang panoramanya sangat memikat.

Menariknya lagi, tarif masuknya juga sangat terjangkau sehingga cocok untuk liburan hemat. Jadi kapan nih berkunjung ke wisata di Sumatera Utara?

0 Komentar