Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian

17 October 2018, pada 01:55
0
0
Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian

Bukit Sikunir merupakan salah satu wisata yang patut kamu kunjungi saat berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo. Apalagi tempat ini destinasi liburan ini andalan untuk melihat kecantikan sunrise.

Jangankan melihat keelokan matahari terbit. Pemandangan dari atas ketinggian pun bisa kamu nikmati dari atas ketinggian.

Tapi rugi banget deh kalau kamu hanya berkunjung ke Bukit Sikunir saat berada di Wonosobo. Sebab masih ada beberapa wisata yang memungkinkanmu untuk melihat pemandangan cantik dari dataran tinggi.

Mulai dari area perkampungan hingga danau pun bisa kamu saksikan. Dijamin kamu akan terpukau.

Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/diana_jcb

Golden Sunrise Sikunir. Begitulah wisatawan menyebut wisata alam di Wonosobo satu ini karena pemandangan matahari terbit yang begitu memikat.

Bahkan di sinilah spot terbaik melihat sunrise se-Asia Tenggara. Sebab kamu bisa menyaksikan dan menikmati warna jingga keemasan matahari terbit yang juga menyinari gunung berselimut kabut.

Kalau memang ingin menyaksikan keindahan Golden Sunrise, sebaiknya datanglah di Bulan Juli-Oktober. Pasalnya di waktu ini, mendung dan kabut tebal akan jarang kamu temui.

Selain Golden Sunrise, kamu juga bisa melihat kecantikan gagahnya deretan gunung menjulang tinggi yang meliputi:

  • Gunung Sindoro
  • Gunung Kembang
  • Gunung Sumbing
  • Gunung Merbabu
  • Gunung Merapi
  • Gunung Ungaran

Jangankan sunrise dan gunung, pemandangan rumah penduduk hingga Telaga Cebong pun bisa kamu saksikan dari puncak Bukit Sikunir. Dijamin kamu akan dibuat kagum saat berada di sini.

Jadi jangan sampai melewatkan wisata ini. Apalagi kamu hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 50 menit dari pusat Kota Wonosono ke area Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/seanmcottrell

Dari Dataran Tinggi Dieng, ambil jalur ke arah Desa Sembungan yang berjarak sekitar 4 kilometer. Selama perjalanan, kamu pun akan menemui jalan yang menanjak dan berkelok.

Sesampainya di Desa Sembungan, perjuanganmu untuk menuju ke Bukit Sikunir masih terus berlanjut dengan melakukan pendakian. Sebelumnya, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di sekitar wisata Telaga Cebong.

Dari sini, pendakitan yang berjarak sekitar 1 kilometer menuju ke Puncak Sikunir akan kamu jalani. Normalnya, waktu yang akan kamu tempuh sekira 30 menit-1 jam perjalanan.

Meski akan membuatmu lelah, tapi semua itu akan tergantikan dengan pemandangan cantik dari atas Puncak Sikunir. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan ini saat liburan ke Wonosobo!

Alamat: Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang

2. Batu Ratapan Angin

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/azez_af

Saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, jangan lupa juga untuk berkunjung ke Batu Ratapan Angin. Apa sih yang akan kamu dapatkan di wisata ini?

Tentu saja panorama alam yang menawan bisa kamu saksikan saat berada di sini. Kecantikan Telaga Warna dan Pengilon yang punya perbedaan warna mencolok dijamin akan membuatmu terpikat.

Ditambah lagi dengan latar belakang area perbukitan dan pegunungan hijau semakin membuat area wisata ini kian memesona.

Selain lukisan alam, kamu juga bisa mendapatkan spot foto keren saat berada di Batu Ratapan Angin. Ada pula dua batu yang bertumpuk di atas bukit adalah ciri khas dari destinasi liburan di Wonosobo ini.

Menariknya lagi, saat turun dari Batu Ratapan Angin, ada wahana seru yang bisa kamu coba, yakni Flying Fox dan Jembatan Merah Putih.

Perlu kamu ketahui, Jembatan Merah Putih ini adalah penghubung dua bukit di dekat Batu Ratapan Angin. Kamu pun patut mencoba melewatinya karena wahana ini cukup populer dan menjadi salah satu spot foto favorit.

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/herutrii

Tertarik untuk berkunjung? Dari pusat Kota Wonosobo, kamu perlu mengarahkan kendaraanmu ke Dataran Tinggi Dieng.

Selanjutnya ambil arah ke Telaga Warna sampai di kawasan Dieng Plateau Theater. Di sini, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu sebelum melanjutkan perjalanan ke Batu Ratapan Angin.

Jarak yang akan kamu tempuh dari Dieng Plateau Theater menuju pos penjagaan Batu Ratapan Angin pun sekitar 50 meter. Pasca membayar tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah, perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan setapak berbatu.

Jadi kamu tetap harus berhati-hati selama perjalanan. Apalagi akses cukup menanjak dan berdebu.

Meski begitu, rasa lelah akan terbayar begitu kamu sampai di titik lokasi wisata. Jadi jangan ragu lagi untuk berkunjung ke wisata menantang satu ini.

Alamat: Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah per orang

3. Bukit Sidengkeng

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/fathurohman7

Selain Bukit Sikunir, masih ada lagi objek wisata di kawasan Dieng yang dijamin akan memikatmu. Terlebih lagi karena suguhan alam yang memanjakan indera penglihatan.

Bukit Sidengkeng namanya. Di sini, kamu juga bisa melihat kecantikan Telaga Warna dan Pengilon yang letaknya berdampingan.

Bahkan kecantikan dua telaga terebut bisa dilihat dengan jelas karena nggak terhalang oleh pemukiman warga. Tentu saja hal ini menjadi spot favorit bagi penikmat alam dan pecinta fotografi.

Apalagi saat kabut di kawasan tempat yang juga disebut sebagai Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng ini nggak terlalu tebal.

Bukit Sidengkeng bukan hanya menawarkan kecantikan Dataran Tinggi Dieng saja. Wisata ini juga masuk adalam Kawasan Konservasi Telaga Warna.

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/dharmaku

Pengumpulan dan pengembangbiakan tanaman Dataran Tinggi Dieng pun dilakukan di Bukit Sidengkeng ini. Menarik ya?

Jadi jangan ragu untuk berkunjung ke sini. Terlebih lagi jaraknya dari pusat Kota Wonosobo hanya sekitar 26,1 kilometer saja.

Untuk bisa sampai ke bukit Sidengkeng, kamu juga bisa mengambil arah ke Dieng sampai menemukan pertigaan.

Dari sini, ambil jalur ke arah Telaga Warna. Nggak terlalu jauh dari pertigaan, kamu pun akan menemukan gapura yang menunjukkan lokasi Bukit Sidengkeng berada.

Perjuanganmu pun masih terus berlanjut untuk mendaki selama 15 menit menuju ke Bukit Sidengkeng dari gapura. Tapi jangan khawatir, karena aksesnya nggak sulit.

Alamat: Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam 

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang

Baca juga: 7 Objek Wisata Wonosobo yang Membuatmu Lupa sedang Berada di Dunia karena Keindahannya

4. Gardu Pandang Tieng

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/cahaya_pamungkas

Gardu Pandang Tieng juga merupakan salah satu lokas strategis untuk melihat kecantikan sunrise di kawasan Dieng.

Bahkan Golden Sunrise Dieng pun bisa kamu saksikan di wisata ini. Begitu pula dengan area perbukitan berselimut kabut tipis yang juga turut memanjakan indera penglihatan.

Bahkan mulai dari Gunung Prau, Sindoro hingga Pakuwojo bisa kamu saksikan saat berada di Gardu Pandang Tieng.

Beragam fasilitas untuk menunjang kenyamananmu juga ada di wisata ini, seperti:

  • Warung kecil yang menjual makanan hingga minuman
  • Toilet
  • Area parkir kendaraan

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/ommbaksunset

Tertarik untuk berkunjung? Mumpung aksesnya juga sangat mudah.

Apalagi lokasi wisata ini berada di tepi Jalan Raya Wonosobo-Dieng. Dari pusat kota, jaraknya pun hanya sekitar 19,3 kilometer dan bisa ditempuh selama kurang lebih 40 menitan berkendara.

Tunggu apalagi? Yuk liburan ke Gardu Pandang Tieng kalau mampir ke Wonosobo!

Alamat: Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Tujuh ribu lima ratus rupiah (Senin-Jumat); Delapan ribu lima ratus rupiah (Sabtu-Minggu)

5. Bukit Cinta Lembah Seroja

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/amotadewe

Jangan hanya terpaku dengan kawasan Dieng saja saat liburan ke Wonosobo. Sebab ada destinasi menarik lain di wilayah ini, yakni Bukit Cinta Lembah Seroja.

Tentu saja panorama alam yang disuguhkan juga nggak kalah cantik. Lanskap Telaga Menjer berbentuk hati pun bisa kamu saksikan dari atas Bukit Cinta Lembah Seroja ini.

Bahkan di sini juga tersedia spot foto romantis berbentuk hati, lho. Cocok banget deh untuk kamu yang ingin liburan bersama pasangan.

Saat cuaca cerah, pemandangan Kota Wonosobo juga tampak jelas terlihat di atas bukit. Pesonanya pun kian memikat ketika matahari terbit maupun terbenam.

Bukit Sikunir dan 4 Wisata Lain di Wonosobo untuk Pecinta Ketinggian
instagram.com/athaparaga

Yakin nggak ingin berkunjung ke sini? Apalagi letak wisata ini juga cukup dekat dengan pusat Kota Wonosobo.

Kamu pun tinggal mengarahkan kendaraanmu melalui jalur Wonosobo-Garung. Kamu pun memerlukan wkatu kurang lebih selama 42 menit untuk bisa sampai ke lokasi wisata.

Sesampainya di Pasar Garung, arahkan kendaraanmu ke gapura yang terletak di pertigaan. Inilah jalur untuk memasuki area wisata Bukit Cinta Lembah Seroja.

Mudah kan? Makanya jangan sampai melewatkan Bukit Cinta Lembah Seroja saat liburan ke Wonosobo.

Alamat: Desa Maron Kecamatan Garung,Kabupaten Wonosobo

Jam operasional: -

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang

Sahabat Qupas, ternyata bukan hanya Bukit Sikunir kan yang menarik untuk kamu kunjungi saat liburan ke Wonosobo? Bahkan wisata tersebut memungkinkanmu untuk melihat panorama alam dari dataran tinggi.

Cocok banget bagi pecinta ketinggian dan fotografi. Jadi kapan nih liburan ke Wonosobo sambil menikmati wisata alamnya?

0 Komentar