Bumi Kitiran, Wisata Batu ala Belanda yang Pesonanya Bikin Gagal Move On

22 August 2019, at 11:00
0
0
Bumi Kitiran, Wisata Batu ala Belanda yang Pesonanya Bikin Gagal Move On

Pernah dengar soal Bumi Kitiran? Buat yang belum, nggak aneh kok. Soalnya memang tempat wisata di Batu ini masih sangat baru. Tepatnya sekitar tanggal 17 Agustus 2019 mulai beroperasi.

Sesuai dengan namanya, destinasi di Batu ini memang dihiasi banyak kitiran atau baling-baling dari plastik. Meski terkesan imitasi, tapi objek wisata ini tetap menarik buat dikunjungi.

Bukan cuma karena ada makna di balik pembangunannya, tapi tempat ini punya banyak daya tarik tersendiri. Penasaran apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini yuk!

1. Wisata edukasi di Batu

bumi kitiran bumiaji
instagram.com/de_kriwel

Tahu nggak sih, ternyata lahan yang 'ditanami' kitiran ini bekas kebun jeruk lho. Yap! Lahan seluas 6.000 meter persegi tersebut milik Aji yang sekaligus juga owner Bumi Kitiran.

Meski harus merelakan banyak kebun jeruk, tapi di balik itu semua ada tujuan khusus. Yaitu mengedukasi anak-anak Indonesia atau pengunjung lain soal mainan asli Nusantara. Kabar baiknya lagi, nanti juga bakal dibangun taman edukasi. Lengkap deh!

2. Ada 24 ribu kitiran plastik

bumi kitiran
instagram.com/ahmed25_al.ali

Bumi Kitiran di Kota Batu ini memang luar biasa. Soalnya baling-baling yang 'ditanam' jumlahnya bukan cuma ratusan, tapi puluhan ribu. Atau lebih tepatnya sekitar 24.000 kitiran.

Dilansir dari Malangtimes, Anas selaku pengelola Bumi Kitiran menyebut kalau inspirasi pembuatan wisata unik di Batu ini dari destinasi serupa di Magelang, Jawa Tengah.

Bukan cuma terinspirasi, ternyata sekitar 9.000 kitiran juga didatangkan dari Magelang, lho. Sementara sisanya, yaitu 15.000 unit diproduksi sendiri. Baling-baling tersebut kemudian diletakkan di tongkat bambu setinggi hampir satu meter dan 'ditanam' berjajar rapi.

Baca juga: Hotel di Batu-Malang Harga di Bawah Sejuta, Mewah Abis!

3. Berapa tiket masuk Bumi Kitiran?

wisata di batu
instagram.com/imadio_bagus

Bisa dibilang Bumi Kitiran ini adalah salah satu wisata murah di Kota Batu. Soalnya untuk bisa melihat hamparan 'bunga tulip', kamu cuma perlu membayar tiket masuk sekira Rp10 ribu saja. Jam bukanya pun cukup panjang, yaitu dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Sekarang memang cuma bisa melihat kitiran di objek wisata ini. Tapi pihak pengelelola tertekad untuk terus berbenah. Bahkan rencananya nanti bakal dibuat taman bunga di beberapa titik dan tempat nongkrong, supaya wisatawan bisa lebih lama di Bumi Kitiran.

4. Lokasi Bumi Kitiran

bumi kitiran batu
instagram.com/agungguidebatu

Secara administratif, lokasi Bumi Kitiran ada di Dusun Binangun, Bumiaji, Kota Batu. Untuk menuju ke sini, aksesnya cukup mudah. Dari pusat kota atau Alun-alun Batu, ekstimasi waktu perjalanan cuma butuh waktu sekira 20 menitan.

Memang sih sampai sekarang belum ada petunjuk arah untuk menuju lokasi. Tapi kamu bisa pakai aplikasi map di smartphone.

Begitulah gambaran Bumi Kitiran yang merupakan salah satu wisata baru di Kota Batu. Gimana, tertarik buat berkunjung ke destinasi ala Belanda tersebut? Mumpung tiket masuknya murah, lho.

0 Comment