Bunda, Begini Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Menghargai Perempuan

07 October 2019, at 15:00
0
0
Bunda, Begini Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Menghargai Perempuan

Catatan Tahunan Komnas Perempuan 2019 menyebutkan bahwa pengaduan kasus kekerasan terhadap perempuan pada tahun 2018 meningkat sebanyak 14 persen dari sebelumnya.

Dalam hal ini, kasus kekerasan yang dimaksud meliputi kekerasan ranah privat (keluarga, kerabat, relasi intim), marital rape (pemerkosaan dalam pernikahan), inces (pemerkosaan oleh orang yang memiliki hubungan darah), dan lain sebagainya.

Maraknya kasus kekerasan serta pelecehan tersebut membuktikan bahwa sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak menghargai perempuan atau orang lain, khususnya untuk anak laki-laki. Lalu, bagaimana ya caranya?

1. Mengajarkan Rasa Hormat, Kebaikan, serta Belas Kasih pada Semua Orang

ibu dan anak laki-laki
pexels.com/@githirinick

Salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mendidik anak laki-laki untuk menghargai perempuan adalah mengajarkan rasa hormat, kebaikan, dan belas kasih kepada semua orang, tanpa memandang gender.

Apabila hal tersebut ditanamkan sejak kecil, maka buah hati akan terbiasa melakukan kebaikan dan menghargai orang lain termasuk pada perempuan.

2. Memberikan Contoh

ayah dan anak laki-laki
pexels.com/@pixabay

Selain memberikan arahan secara verbal, orang tua khususnya ayah dapat memberikan contoh kepada anak laki-laki bagaimana cara menghargai perempuan.

Melalui hal-hal sederhana dan kegiatan sehari-hari seperti menunjukkan rasa cinta kepada istri, memberikan kursi pada perempuan saat naik kendaraan umum, dan berbagai hal yang ayah bisa menanamkan kebaikan tersebut pada si kecil.

3. Membiarkan Anak Laki-laki Bermain dengan Anak Perempuan

anak anak
pexels.com/@pixabay

Pada umumnya, anak laki-laki yang berteman akrab dengan anak perempuan akan lebih mudah untuk menghargai dan berempati. Hal tersebut karena ia akan lebih memahami perbedaan keduanya sekaligus memahami konsep kesetaraan gender.

Keinginan untuk menyakiti perempuan biasanya menjadi lebih rendah dibandingkan dengan anak yang hanya bermain dengan anak laki-laki saja.

Baca Juga: Ajarkan Buah Hati untuk Menghargai Perbedaan dengan Cara Ini

4. Ciptakan Lingkungan yang Aman untuk Anak Berekspresi

anak dan ayah
pexels.com/@hannah-nelson-390257

Cara untuk membuat anak laki-laki menghargai perempuan selanjutnya adalah dengan menciptakan lingkungan yang aman dan membuatnya nyaman untuk mengekspresikan perasaan.

Usahakan untuk nggak melarang anak laki-laki menangis karena hal tersebut adalah ekspresi kesedihan. Sebaliknya, orang tua dapat memberikan respon yang baik dan nggak meremehkan perasaannya.

Hal ini penting dilakukan agar buah hati mampu mengatasi perasaan negatif sehingga lebih sehat secara emosional dan mampu menghargai perempuan.

5. Libatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah Tangga

anak melakukan pekerjaan rumah tangga
noticiasaominuto.com

Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya lebih menghargai perempuan.

Sejak dini, tanamkan konsep bahwa hal-hal seperti mencuci, menyapu, memasak, dan lain sebagainya bukanlah hal yang hanya dilakukan oleh perempuan namun merupakan tanggung jawab bersama.

6. Mengajarkan Anak Tentang Persetujuan

anak dan ibu
pexels.com/@daria

Selain itu, orang tua juga perlu mengajarkan kepada anak laki-laki tentang persetujuan. Pelajaran yang satu ini mungkin akan sulit untuk dipahami oleh buah hati sehingga kamu harus bersabar dan melakukannya berkali-kali.

Ajarkan kepada anak bahwa setiap hal yang akan dilakukan dan melibatkan orang lain, ia harus meminta persetujuan terlebih dahulu.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengajarkan anak laki-laki menghargai perempuan. Yuk mulai diterapkan!

0 Comment